Comscore Tracker

Keren! Timnas Pelajar Indonesia Masuk 4 Besar Dunia di IBER Cup 2019

Indonesia jadi satu-satunya tim Asia yang lolos ke semifinal

Jakarta, IDN Times - Timnas Pelajar Indonesia U-15 mampu mengharumkan nama bangsa saat tampil dalam turnamen IBER Cup 2019 di Dramatico, Estoril, Portugal pada 1 - 6 Juli 2019 kemarin. Skuat Garuda Muda berhasil menembus empat besar dalam turnamen yang diikuti akademi-akademi kenamaan dunia tersebut.

Keperkasaan Timnas Pelajar Indonesia U-15 dalam turnamen ini berhasil dihentikan oleh akademi asal Spanyol, Promesas Del Norte, di babak semifinal dengan skor 2-1. Padahal, sebelumnya mereka sempat unggul terlebih dahulu sebelum wakil dari Spanyol itu mampu membalas dua gol dan membuat langkah Timnas Pelajar Indonesia U-15 berhenti.

1. Indonesia jadi satu-satunya tim Asia yang lolos ke semifinal

Keren! Timnas Pelajar Indonesia Masuk 4 Besar Dunia di IBER Cup 2019Dok. Istimewa

Prestasi yang diraih hingga mampu menembus fase semifinal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Timnas Pelajar U-15 didikan Kemenpora. Sepanjang turnamen IBER Cup 2019 berlangsung, kiprah mereka memang sangat luar biasa. Donny Januard Yoku dan kolega tercatat jadi satu-satunya tim dari Asia yang mampu menembus babak semifinal.

Dominasi Timnas Pelajar U-15 memang sudah terlihat sejak babak penyisihan grup. Di laga perdana, mereka berhasil mencukur tim dari Prancis dengan skor 10-0. Lalu, dua kemenangan lain didapat dari dua klub Portugal masing-masing dengan skor 6-0 dan 3-1. Mereka hanya gagal meraih poin penuh dalam laga terakhir.

2. Garuda Muda jadi juara grup di babak penyisihan

Keren! Timnas Pelajar Indonesia Masuk 4 Besar Dunia di IBER Cup 2019Dok. Istimewa

Baca Juga: Panggil 33 Pemain di TC Akhir, Fakhri Uji Fisik Pemain Timnas U-18

Hasil itu membuat Timnas Pelajar U-15 berhasil mengumpulkan 10 poin dan membuat mereka bertengger di posisi satu klasemen grup. Hasil itu juga mengantarkan mereka lolos ke babak play-off gold dengan sistem laga yang mempertemukan juara dan runner-up masing-masing grup.

Tampil fase gugur, Timnas Pelajar U-15 mendapatkan perlawanan sengit dari lawan-lawannya. Yang pertama saat mereka tampil di babak 16 besar, tim besutan Aples G. Tecuari ini berhasil meraih kemenangan lewat drama adu penalti.

3. Timnas Pelajar Indonesia U-15 mampu memang adu penalti dua kali di babak gugur

Keren! Timnas Pelajar Indonesia Masuk 4 Besar Dunia di IBER Cup 2019Dok. Istimewa

Usai lolos dari delapan besar, Timnas Pelajar Indonesia U-15 kembali diuji mentalnya karena kembali tampil sampai adu tos-tosan. Beruntung, Aples sudah menyiapkan latihan cukup bagi anak asuhnya sehingga Timnas Pelajar Indonesia U-15 mampu lolos dari lubang jarum.

Sayang, mimpi mereka untuk terbang lebih tinggi di turnamen ini harus kandas di babak semifinal. Namun, hasil ini tetap merupakan prestasi yang cukup istimewa. Apalagi, turnamen ini merupakan turnamen batas usia yang cukup bergengsi. Hal itu membuat mereka bisa disandingkan dengan akademi-akademi sepakbola besar di Benua Biru.

“Tujuan utama partisipasi dari Timnas U-15 ini adalah untuk membekali pengalaman kompetisi internasional bagi anak-anak ini di masa depan” kata manajer Timnas U-15, Ray Gutafson Manurung, dalam rilis yang diterima IDN Times. Ia pun berms I bahwa para pemain ini akan terus ditempa dan dilatih agar dapat memajukan prestasi sepakbola Indonesia di masa depan.

4. Manajer dan Dubes Indonesia untuk Portugal apresiasi perjuangan tim

Keren! Timnas Pelajar Indonesia Masuk 4 Besar Dunia di IBER Cup 2019Dok. Istimewa

Baca Juga: Tampil Perkasa, Timnas Futsal Indonesia Catat Sejarah di AFC Cup U-20

Setali tiga uang, Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Ibnu Wahyutomo, Inuit memberikan apresiasi tinggi atas prestasi yang telah diraih oleh Timnas Pelajar Indonesia U-15. Apalagi, ia sendiri melihat langsung bagaimana perjuangan mereka di lapangan.

"Kami mengharapkan dengan berbekal pengalaman ini, para pemain U-15 dapat terus belajar dan melebarkan sayap," tukas Ibnu.

IBER Cup adalah salah satu kompetisi internasional terbesar di dunia untuk kategori anak-anak. Turnamen ini telah menjadi wadah penyalur bakat pesepakbola muda dari seluruh dunia. Sejak edisi pertama, 80 negara telah berpartisipasi dan diikuti oleh sekitar 40.000
pesepakbola muda dalam sepekan musim kompetisi.

IBER Cup sendiri merupakan rangkaian kompetisi yang diselenggarakan di beberapa negara, antara lain Amerika Serikat Brazil, Spanyol, Denmark, Jepang, dan Portugal.

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya