Timnas U-23 Dihajar Malaysia, Shin Tae Yong Salahkan Penalti

Shin sebut tak seharunya Malaysia dapat penalti

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia menelan pil pahit saat memulai aksi perdananya di Grup B Piala AFF U-23 2023. Bersua musuh bebuyutannya Malaysia di Rayong Provincial Stadium, Thailand pada Jumat, 18 Agustus 2023, skuad Garuda Muda menyerang dengan skor tipis 1-2. 

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, kecewa lantaran timnya dinilai tak layak kalah dari skuad Harimau Malaya. Terlebih, lawan mendapay hadiah penalti menyebabkan timnya kebobolan.

“Soal penalti, itu sebenarnya bukan pelanggaran. Itu tak seharusnya jadi penalti. Itu yang mengubah permainan,” kata Shin Tae Yong usai laga.

1. Shin menilai Timnas U-23 kehilangan momentum

Timnas U-23 Dihajar Malaysia, Shin Tae Yong Salahkan PenaltiShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin menilai, pertandingan sepak bola biasanya ditentukan oleh momentum. Hal itu yang dirasakan saat anak asuhnya bentrok dengan Malaysia. Padahal, sebelum penalti itu Timnas U-23 bermain baik.

Mereka bahkan unggul lebih dulu pada menit 29. Ramadan Sananta mampu mencatatkan namanya di papan skor. Dia begitu dingin mengeksekusi umpan terobosan matang dari Frenky Missa.

Unggul sampai turun minum, Timnas U-23 akhirnya kebobolan. Gol pertama terjadi dari penalti yang dianggap Shin kontroversial. Lalu, tim lawan kembali mencetak gol melalui orang yang sama, yakni Fergus Tierney.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Skuad Timnas U-23 Tak Sesuai Harapan

2. Skuad Timnas U-23 di Piala AFF U-23 masih minim pengalaman

Timnas U-23 Dihajar Malaysia, Shin Tae Yong Salahkan PenaltiAksi pemain Timnas U-23 saat bentrok dengan Malaysia di laga Grup B Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Timnas U-23 memang diperkuat beberapa pemain yang masih minim jam terbang. Maklum, beberapa bintang andalan tak diizinkan klub membela skuad Garuda di Piala AFF U-23. 

Alhasil, para pemain terlhat tak tenang usai kebobolan. Padahal, kans untuk meraih poin dalam laga ini cukup besar usai unggul lebih dulu. 

“Pemain yang saya bawa beberapa di antaranya masih muda dan minim pengalaman. Semoga laga  ini jadi pelajaran berharga untuk tim ke depan,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3. Shin pastikan Timnas U-23 tampil maksimal di sisa laga

Timnas U-23 Dihajar Malaysia, Shin Tae Yong Salahkan PenaltiShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Kekalahan ini membuat kans Timnas U-23 lolos ke babak gugur cukup berat. Walau bisa menang saat laga terakhir nanti, masih sulit bagi tim besutan Shin Tae Yong untuk melaju ke semifinal. Mereka hanya bisa berharap menjadi runner-up terbaik. 

Malaysia di atas kertas bisa menang juga saat bersua Timor Leste nanti, lawan yang bakal dihadapi Indonesia di laga terakhir Grup B. 

“Kami akan tetap berusaha melakukan yang terbaik. Walau turnamen ini kami anggap sebagai uji coba, tapi kami berjanji memberikan perjuangan terbaik hingga turnamen usai,” bebernya.

Baca Juga: Laga Perdana Piala AFF U-23, Timnas Indonesia Kalah Ditekuk Malaysia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya