Comscore Tracker

Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media Lah

Indra Sjafri sudah berikan klarifikasi melalui situsweb PSSI

Jakarta, IDN Times - Plt Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, memastikan bakal memberikan kesempatan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk melakukan klarifikasi terkait apa yang dikatakannya kepada media Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Iya, nanti Shin Tae-yong dapat fasilitas yang sama (seperti Indra Sjafri untuk melakukan klarifikasi). Kami akan menunggu dia datang terlebih dahulu, jangan hanya dari telepon, media, itu gak baguslah," kata Yunus Nusi.

Sebagaimana diketahui, Indra Sjafri sebelumnya melakukan klarifikasi terkait apa yang dituduhkan Shin Tae-yong kepadanya. Bahkan, hal itu dipublikasi langsung dari laman resmi federasi sepak bola kasta tertinggi Indonesia.

1. Klarifikasi dari Shin Tae-yong sangat penting untuk mengetahui duduk masalah

Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media LahPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Yunus menilai, kesempatan klarifikasi yang sudah diberikan seperti itu sangat penting agar tak terjadi kesalahpahaman, mengingat pernyataan Shin Tae-yong tak keluar langsung dari mulutnya, melainkan melalui media domestik Korsel.

"Awalnya kami tak meminta klarifikasi (Shin Tae-yong), namun media memborbardir. Jadi kami memberikan klarifikasi, masa kami diam saja," ujar pria yang sempat aktif di Kosgoro tersebut.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kritik PSSI di Media, Indra Sjafri: Bohong Semua Itu!

2. PSSI tunggu Shin Tae-yong datang ke Indonesia

Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media LahPelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Oleh sebab itu, PSSI masih menunggu mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu datang kembali ke Tanah Air. Mereka bakal langsung meminta statement dari Shin Tae-yong terkait kritikan yang sudah muncul dalam pemberitaan media akhir-akhir ini.

Sebab, harus ada yang diluruskan dari permasalahan yang muncul itu.

3. Shin Tae-yong tak diizinkan bawa Timnas U-19 TC di Korsel

Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media LahPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebelumnya, Shin Tae-yong blak-blakan kepada media Korsel terkait posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong sebelumnya meminta PSSI untuk memboyong Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan di Korsel. Dia sudah menyusun sebuah program dan meminta pendapat federasi terkait hal itu.

Terlebih, di Indonesia masih cukup sulit menggelar TC lantaran kasus virus corona di Tanah Air masih sangat tinggi sehingga dianggap berisiko.

Namun sayang, keinginan pelatih berusia 51 tahun itu tak dikabulkan oleh PSSI. Sebaliknya, Shin Tae-yong diminta untuk datang kembali ke Indonesia untuk segera memimpin Timnas U-19 melakukan persiapan untuk dua ajang besar.

4. Kebijakan PSSI membuat Shin Tae-yong kecewa

Tunggu Klarifikasi Shin Tae-yong, PSSI: Jangan Lewat Media LahPelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Shin Tae-yong pun langsung memberikan kritikan cukup pedas kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal itu langsung ditanggapi oleh federasi sepak bola tertinggi Tanah Air yang menyebut jika pernyataan itu belum tentu keluar dari mulut pelatih berusia 51 tahun tersebut.

"Di Indonesia muncul seribu kasus baru virus corona setiap hari, tapi PSSI meminta saya kembali memimpin latihan. Sikap PSSI berubah, padahal awalnya menjanjikan dukungan penuh kepada saya," kata Shin Tae-yong kepada News Join.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong merasa kecewa karena sikap PSSI yang berubah-ubah sehingga selalu ada pergantian kebijakan dan pengurus baru.

Baca Juga: Kisruh Shin Tae-yong vs PSSI, Ini Sikap Menpora

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya