Comscore Tracker

UEFA Buat Kebijakan Baru, Liga Champions Ditunda dan Ada Agenda Batal

Pembatalan akibat wabah virus corona

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memutuskan menunda semua agenda dan kompetisi, termasuk Liga Champions dan Liga Europa 2019/2020 sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal itu disepakati usai rapat tele konferensi bersama 55 asosiasi pada Rabu (1/4) malam.

"Semua pertandingan tim nasional untuk pria dan wanita yang akan dimainkan pada Juni 2020, ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk pertandingan play-off untuk UEFA Euro 2020 dan pertandingan kualifikasi untuk UEFA Wanita Euro 2021," tulis pernyataan UEFA.

"Semua pertandingan kompetisi UEFA lainnya, termasuk pertandingan persahabatan internasional yang masuk kalender, tetap ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut," lanjut pernyataan tersebut.

1. Penangguhan jadwal Liga Champions dan Liga Europa musim ini, berpengaruh pada agenda UEFA

UEFA Buat Kebijakan Baru, Liga Champions Ditunda dan Ada Agenda BatalUEFA.com

Sejatinya, dua kompetisi paling elite antar-klub di Benua Biru berakhir pada Mei 2020. Namun, melihat situasi Eropa yang semakin parah lantaran jadi episentrum virus corona atau COVID-19 tersebut, besar kemungkinan Liga Champions dan Liga Europa 2019/2020 tak akan selesai tepat waktu.

Hal tersebut tentu membuat program UEFA pada 2020 ini jadi berantakan. Walhasil, mereka juga harus menunda waktu untuk hal-hal teknis klub dalam kompetisi serupa yang akan digelar pada edisi setelahnya.

"Tenggat waktu terkait dengan semua kompetisi klub UEFA 2020/21 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut, khususnya mengenai proses penerimaan dan pendaftaran pemain. UEFA akan menetapkan tenggat waktu baru pada waktunya nanti," ujar UEFA.

UEFA Buat Kebijakan Baru, Liga Champions Ditunda dan Ada Agenda Batal(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: [BREAKING] UEFA Segera Umumkan Liga Champions dan Liga Europa Ditangguhkan? 

2. UEFA memberi kelonggaran kepada klub terkait lisensi dan financial fair play

UEFA Buat Kebijakan Baru, Liga Champions Ditunda dan Ada Agenda Batalwww.skysports.com

Terkait perizinan dan keuangan klub, Komite Eksekutif UEFA memastikan dalam situasi yang tak menentu, harus ada campur tangan khusus untuk memfasilitasi pekerjaan setiap anggota asosiasi, termasuk memberikan beberapa kelonggaran kepada klub itu sendiri mengenai perizinan dan financial fair play.

"Ini mendukung proposal untuk memberikan anggota asosiasi lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proses lisensi klub, sampai proses penerimaan untuk kompetisi klub UEFA musim depan telah didefinisikan ulang. Hal itu adalah respons UEFA, karena ketidakpastian yang dihasilkan oleh peristiwa luar biasa yang diakibatkan pandemik," sebut keterangan itu.

Selain itu, Komite Eksekutif juga memutuskan menangguhkan ketentuan lisensi klub terkait dengan persiapan dan penilaian informasi keuangan klub di masa yang akan datang. Keputusan ini berlaku khusus untuk partisipan dalam semua kompetisi klub UEFA 2020/2021.

3. Agenda dan kompetisi UEFA yang harus ditunda akibat virus corona

UEFA Buat Kebijakan Baru, Liga Champions Ditunda dan Ada Agenda BatalTwitter/EURO2020

Untuk mengetahui lebih jelas terkait penundaan jadwal, berikut daftar agenda dan kompetisi UEFA yang ditangguhkan.

Beberapa kompetisi tim nasional kelompok umur yang dibatalkan UEFA:

(i) Turnamen final Kejuaraan U-17 UEFA Eropa yang dijadwalkan Mei 2020 dibatalkan;
(ii) turnamen final Kejuaraan U-19 Kejuaraan Wanita Eropa UEFA yang dijadwalkan Juli 2020 dibatalkan;
(iii) turnamen final Kejuaraan U-17 Kejuaraan Wanita Eropa UEFA yang dijadwalkan untuk Mei 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut (karena ini merupakan kompetisi kualifikasi untuk Piala Dunia Wanita U-17 FIFA);
(iv) turnamen final Kejuaraan U-19 UEFA Eropa dijadwalkan untuk Juli 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut (karena ini merupakan kompetisi kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 FIFA)

Selain itu, Final Liga Champions Futsal UEFA yang dijadwalkan berlangsung pada April 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Final Liga Champions & Liga Europa Batal Digelar 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya