Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas Indonesia

Dayen Gentenaar merupakan pemain Belanda berdarah Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kiper asal Belanda, Dayen Gentenaar mengungkapkan keinginannya untuk bisa berseragam Timnas Indonesia. Pemain keturunan tersebut mengincar satu posisi sebagai penjaga gawang skuat Garuda untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Nama Gentenaar mulai dikaitkan dengan Timnas Indonesia usai melakukan wawancara dengan pemain Indonesia yang tengah meniti karier di Belanda, Yussa Nugraha. Gentenaar sendiri merupakan anak dari kiper NEC Nijmegen, Dennis Gentenaar yang sempat juga mencicipi karier di Borussia Dortmund pada 2005-2006 dan Ajax Amsterdam pada 2006-2009.

Merasa punya kedekatan dengan negara asal nenek moyangnya, Gentenaar punya ambisi besar bisa berprestasi saat membela Indonesia. Bahkan dia rela mengubah status kewarganegaraannya dan meninggalkan tanah kelahiran menuju kompetisi Indonesia demi bisa dilirik Timnas Indonesia.

Jika melihat sepak terjangnya, Gantenaar memang belum pernah tampil membela klub profesional. Maklum, usianya memang masih cukup belia untuk bisa menembus tim utama salah satu klub yang tampil di kompetisi kasta teratas suatu negara.

Namun jika melihat postur tubuh orang Eropa yang tinggi, potensi Gantenaar menjadi tembok terakhir terbaik masih sangat besar. Tak menutup kemungkinan kemampuannya bisa mengantarkan dirinya menjadi kiper hebat Indonesia dan tampil di kompetisi elite Eropa.

IDN Times berkesempatan untuk ngobrol bareng Gentenaar secara eksklusif terkait cita-cita kariernya ke depan. Berikut petikan wawancara bersama pemain berusia 18 tahun tersebut.

Bagaimana awalnya Anda mengenal sepak bola? Bisa diceritakan alasan Anda menyukai sepak bola?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Saya sudah dekat dengan sepak bola sejak masih belia. Saya dikenalkan dengan sepak bola oleh ayah saya, Dennis Gentenaar. Saya sering diajak ke lapangan dan menonton aksinya di pertandingan. Ketika berusia tiga tahun saya sudah masuk akademi sepak bola Blauw-Wit Amsterdam.

Saya juga merupakan pendukung NEC Nijmegen, karena ayah saya bermain di sana. Kedekatan tersebut membuat saya sangat menyukai sepak bola dan memiliki ambisi besar untuk sukses.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Shin Tae-yong Pimpin TC Virtual Timnas U-19

Bagaimana perjalanan karier Anda hingga sampai sejauh ini menemukan posisi ideal sebagai kiper?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Ketika ayah saya bermain untuk NEC Nijmegen, kami pindah ke Amsterdam saya mulai bermain untuk SV Ouderkerk sebagai striker dan sejak saat itu saya mendukung Ajax Amsterdam.

Pada saat membela SV Ouderkerk posisi striker merupakan yang pertama saya pilih. Namun, hati kecil saya menginginkan hal yang sama seperti ayah saya sebagai seorang penjaga gawang. Saya baru memulai posisi tersebut ketika berusia 11 tahun sampai dengan saat ini.

Pada musim perdana sebagai kiper, saya diminta bermain untuk AFC Amsterdam. Dan, kami selalu memainkan kompetisi di divisi tertinggi dalam sepak bola kelompok umur di Belanda atau satu divisi di bawahnya.

Anda belum pernah bergabung dengan klub senior?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar (kiri). (Instagram/@dayen._).

Saya menjalankan semuanya secara berjenjang, mulai dari kecil, ke usia 17 tahun, dan 18 tahun dan membela AFC Amsterdam hingga musim 2019/2020.

Saya pernah mendapat beberapa magang dengan klub lain, tapi itu tak pernah sampai pada sesuatu. Dan tahun lalu keluarga saya pindah ke Abu Dhabi dan saya bermain di salah satu klub di sana, yakni Al Wahda U-23. Namun, di sana saya tidak mendapatkan kontrak permanen lantaran operator Liga Abu Dhabi melarang klub menggunakan jasa kiper asing.

Kenapa Anda ingin memperkuat Timnas Indonesia?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Yang pertama, saya ingin melanjutkan karier di Indonesia. Saya ingin membela salah satu tim di Liga 1. Hal itu membuat peluang saya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia semakin terbuka, karena pelatih bisa melihat kemampuan saya lebih banyak saat tampil di kompetisi.

Peluang saya bergabung dengan Timnas Indonesia lebih besar jika dibandingkan dengan Timnas Belanda. Tapi yang paling utama saya harus bekerja keras dan menunjukkan apa yang saya bisa, karena tidak mudah untuk masuk ke Timnas Indonesia yang diperkuat banyak pemain bagus.

Jika Anda ingin tampil di klub Liga satu dan Timnas Indonesia, peluang terbesarnya adalah dengan melakukan proses naturalisasi, lalu sudah sejauh apa prosesnya?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Saya sebelumnya sudah berbicara dengan klub Indonesia saat situasi pandemik COVID-19 belum meluas. Komunikasi pun terus dilakukan, tapi kondisi saat ini membuat saya tak mungkin untuk bisa mendapatkan klub.

Mereka baru melakukannya ketika klub-klub sudah melakukan latihan lagi. Yang pasti saya bakal bekerja keras untuk bisa membela satu klub di Liga 1. Baru setelah itu saya fokus bekerja untuk menjadi pemain Timnas Indonesia.

Terkait administrasi naturalisasi, saya tak tahu banyak soal itu. Bagaimana prosesnya dengan pemerintah Indonesia, semua sudah diurus oleh agen saya.

Baca Juga: AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera Dikumpulkan

Dari mana Anda memiliki garis keturunan Indonesia? Apakah Anda sendiri pernah datang ke sini?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Ayah saya merupakan orang Indonesia karena kakek saya asli orang Bandung. Sehingga, saya punya kedekatan dan darah Indonesia dari mereka.

Saya sendiri belum pernah datang ke Indonesia. Beberapa waktu lalu saya sempat punya rencana datang ke sana, tapi wabah corona membuat saya tak jadi datang. Saya berharap tahun ini antara Juli sampai Agustus bisa ke negara tempat kakek saya lahir.

Sejauh ini apakah Anda mengikuti perkembang sepak bola Indonesia? Lalu apakah Anda tahu pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Ya, saya menonton beberapa pertandingan Liga 1 musim ini dan saya menonton banyak pertandingan dari musim lalu, bahkan sampai mengikuti ringkasan setiap pekan.

Klub favorit saya adalah Bali United, pertandingan sepak bola Indonesia pertama yang saya tonton adalah mereka. Saya sangat takjub dengan pendukung Bali United dan dukungan yang diberikan setiap pertandingan, karena itu luar biasa.

Mereka juga memiliki pemain-pemain bagus dari Belanda, sebut saja Melvin Platje sampai pemain yang sudah melakukan naturalisasi Stefano Lilipaly yang cukup dikenal di Belanda.

Saya tidak tahu banyak tentang pelatih baru jadi saya masih harus melihatnya. Jika bicara tentang Timnas Indonesia, saya rasa semuanya terus berkembang. Saya menilai sejauh ini Timnas Indonesia sangat bagus dan mereka punya peluang besar untuk menjadi lebih dan lebih besar di Asia.

Bagaimana melihat peluang Anda bisa bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021?

Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas IndonesiaDayen Gentenaar. (Instagram/@dayen._).

Saya mendengar bahwa PSSI mencari pemain keturunan untuk diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20. Ya, bila ada undangan trial di Timnas Indonesia, saya akan datang langsung. Saya punya keinginan untuk membela Timnas Indonesia.

Yang pasti saya bakal bekerja keras untuk mendapatkan klub dan jadi pemain utama di Liga 1. Baru setelah itu saya fokus bekerja untuk menjadi pemain Timnas Indonesia.

 

Baca Juga: Bhayangkara FC Surplus Legiun Asing, Lee Yoo-Joon Segera Naturalisasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya