Ditahan Imbang Borneo FC, Persija Fokus Hadapi Pemuncak Klasemen

Riko Simanjuntak relakan Persija hanya dapat satu poin

Bekasi, IDN Times - Persija Jakarta hanya mendapatkan satu poin saat menjamu tamunya, Borneo FC, dengan skor akhir 1-1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (9/8/2023) malam. 

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, menyebut pertandingan melawan tim berjuluk Pesut Etam ini tidak mudah bagi anak asuhannya, terutama pada menit awal. 

"Pertandingan yang sulit bagi kita semua, bahwa Borneo sangat kuat, kita juga kuat, kelihatan dari 25-30 menit pertama, karena kita mau membangun permainan untuk mencari ruang," kata Doll kepada wartawan, usai pertandingan.

Baca Juga: Liga 1: Persija Ditahan Borneo, Madura United Dilumat RANS

1. Menyayangkan keputusan wasit

Ditahan Imbang Borneo FC, Persija Fokus Hadapi Pemuncak KlasemenPotret Thomas Doll di pinggir lapangan. (dok. Persija)

Doll juga menyayangkan keputusan wasit yang tidak memberikan Persija tendangan penalti, saat Riko Simanjuntak ditarik pada babak pertama. 

"Babak pertama sebenarnya kita layak untuk menang, karena kita memiliki banyak peluang, tapi ada sedikit protes kepada wasit karena jelas tadi Riko ditarik bajunya," ungkapnya. 

Menurut Doll, pada babak kedua juga seharusnya Persija kembali mendapatkan penalti, saat Riko adu fisik dengan kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata. 

2. Persiapan melawan Madura United

Ditahan Imbang Borneo FC, Persija Fokus Hadapi Pemuncak KlasemenPotret pemain Persija saat pemanasan jelang kick-off. (dok. Persija)

Namun, lanjut Doll, keputusan wasit tersebut tidak membuat mental anak asuhannya menurun. Bahkan, pertandingan tersebut akan menjadi bekal Macan Kemayoran menghadapi pemuncak klasemen. 

"Saya bilang ke pemain saya, kita jangan menundukkan kepala karena mental kita sudah terlihat dan mentaliti sangat bagus. Kita juga bermain cukup baik, kita banyak peluang, dan ini bagus untuk bekal melawan Madura di minggu ini," ujarnya. 

Baca Juga: Rekap Liga 1: Arema Terjerembab, Madura United ke Puncak

3. Selisih poin buat Persija

Ditahan Imbang Borneo FC, Persija Fokus Hadapi Pemuncak KlasemenRiko Simanjuntak. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara, pemain bernomor punggung 25, Riko Simanjuntak, pun harus merelakan timnya hanya mendapatkan satu poin. Dia juga menyebut, dirinya dan teman setimnya akan merebut poin tiga di Glora Bangkalan, Jawa Timur. 

"Kita syukurin, walaupun ini tidak kita inginkan tetapi kita punya minggu yang pendek, kita masih di jalur (papan atas), mengingat kita di posisi tiga, dan yang pertama juga gak jauh poinnya. Kita tetap fokus melangkah ke depan, kita ada match melawan Madura United," katanya. 

4. Skor 1-1

Ditahan Imbang Borneo FC, Persija Fokus Hadapi Pemuncak KlasemenDuel Borneo FC vs Persija dalam lanjutan Liga 1 2022/23, Rabu (8/3/2023). (Dok. Persija).

Sebelumya, berduel di Stadion Patriot Candrabhaga, Macan Kemayoran memang kurang tajam. Tim asuhan Thomas Doll terlihat begitu berbahaya ketika membangun serangan, tetapi mereka loyo di depan gawang.

Persija juga tertinggal lebih dulu setelah Stefano Lilipaly membobol gawang Andritany Ardhiyasa saat duel baru berusia 14 menit.

Beruntung, tim Ibu Kota tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Itu pun berawal dari blunder yang dimanfaatkan Ondrej Kudela, sehingga Rizky Ridho mampu mencatatkan namanya di papan skor menit 37.

Macan Kemayoran mendapat peluang emas setelah Borneo kembali melakukan blunder pada masa injury time. Nadeo Argawinata menangkap operan dari Fajar Fathur Rahman.

Kesalahan itu membuat Persija mendapat tendangan bebas di dalam kotak penalti. Sial, tembakan Marko Simic hanya menghasilkan sepak pojok. Skor 1-1 berakhir hingga laga tuntas. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya