PSM Kalah dari Persija, Tavares Beri Catatan untuk Wasit

Pelatih PSM Makassar berterimakasih atas kehadiran supporter

Bekasi, IDN Times - PSM Makassar harus mengakui keunggulan Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 2022/23. Sempat memberi perlawanan, mereka kalah dengan skor skor 4-2 dalam duel yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi pada Rabu (25/1/2023). 

Pelatih PSM, Bernardo Tavares, mengatakan jika beberapa gol yang diciptakan Persija seharusnya dapat dianulir wasit. Sebab, terdapat pelanggaran sebelum terjadinya gol tersebut. 

"Gol pertama saya melihatnya offside, sedangkan gol kedua pemain kita ditarik tapi wasit tidak melakukan apa-apa (tidak pelanggaran) dan Gol ketiga harusnya throw-in kepada kita," ujar Bernardo.

beberapa gol yang diciptakan Persija seharusnya dapat dianulir wasit. Sebab, terdapat pelanggaran sebelum terjadinya gol tersebut. 

1. Liga Indonesia perlu VAR

PSM Kalah dari Persija, Tavares Beri Catatan untuk WasitPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Dia juga mengatakan, kompetisi sepak bola Indonesia harus menggunakan Asisten Wasit Video (VAR). Sebab, itu dinilai membantu kinerja wasit saat dilapangan. VAR juga membuat pertandingan lebih adil dan tidak lagi ada keputusan yang keliru. 

"Dengan ada VAR ini membuat keputusan yang tepat. Saya kira untuk peningkatan sepak bola Indonesia di sini sangat membutuhkan VAR," kata Bernardo. 

Baca Juga: Kalah 4-2 dari Persija, Tavarez Tetap Puji Perjuangan Pemain PSM

2. Tambahan waktu dinilai kurang

PSM Kalah dari Persija, Tavares Beri Catatan untuk WasitPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Menurut Bernardo, saat tim Persija sedang unggul poin, pemainnya banyak mengulur waktu di tengah lapangan. Dia juga membandingkan dengan perpanjangan waktu sebanyak tujuh menit saat Persija menjamu Bali United. 

"Kita dapat mencetak gol pertama saat kita sudah tertinggal tiga gol dari Persija, tidak lama kemudian kita juga bisa mencetak gol kembali," katanya. 

"Dan saat kita ingin mencoba (mencetak gol lagi), tapi wasit memberikan tambahan waktu hanya tiga menit," lanjut dia

3. Tetap bangga kepada anak asuhannya

PSM Kalah dari Persija, Tavares Beri Catatan untuk WasitPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 versus PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Meski menelan kekalahan dari Persija dengan skor akhir 4-2, Bernardo tetap mengapresiasi kinerja anak asuhannya. Dia juga berterima kasih dengan hadirnya suporter PSM The Macz Man yang menyaksikan langsung di Stadion Patriot. 

"Saya sangat bangga, motivasi dan usaha pemain kita tetap memanfaatkan peluang yang ada," ujar dia. 

Baca Juga: Persija Bantai PSM, Thomas Doll: Saya Bangga!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya