Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)

Hanya sisakan satu tiket lolos dari 4 grup tersisa

Jakarta, IDN TimesMatchday ke-6 untuk Grup E, F, G, dan H Liga Champions 2018/2019 akan dihelat dini hari (13/12) nanti. Yang membedakan persaingan di empat grup ini dibanding empat grup sebelumnya adalah hanya satu tiket tersisa yang bisa diperebutkan.

Grup E, G, H sendiri sudah menemukan dua wakil yang akan lolos ke babak 16 besar. Yang tersisa tinggal satu tiket lolos tersisa dari Grup F yang diisi Manchester City, Olympique Lyonnais, Shakhtar Donetsk, dan TSG Hoffenheim.

1. Ajax vs Bayern akan menentukan juara Grup E

Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)Twitter / Kasper Dolberg

Di pertemuan pertama, skuat muda Ajax berhasil menahan imbang Bayern Munich di kandang. Skor 1-1 sedikit menguntungkan Ajax karena diraih di laga tandang dan berpeluang memberi sedikit keuntungan secara head-to-head. Dini hari nanti, Ajax ganti menjamu Bayern dan dengan 11 poin, hanya berjarak 2 angka saja dari Bayern yang koleksi 13 poin, peluang Ajax untuk lolos sebagai juara grup masih terbuka lebar.

Baca Juga: Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions 

2. Shakhtar vs Lyon penentu wakil Grup F

Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)www.uefa.com

Manchester City sudah pastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai wakil Grup F, tapi satu slot tersisa masih akan diperebutkan antara Shakhtar Donetsk dan Lyon. Di pertemuan pertama, Lyon ditahan imbang 2-2 di kandang sendiri oleh Shakhtar. Kini bertandang ke markas Shakhtar, Bruno Genesio dan anak asuhnya punya misi cukup berat untuk bisa setidaknya tidak kalah.

3. City masih bisa lengser dari puncak klasemen

Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)twitter.com/Laporte

Kendati akan bermain di kandang menjamu Hoffenheim, The Citizens masih sangat mungkin tergusur dari puncak klasemen. Selisih 3 poin dengan Lyon bisa sirna jika Les Gones menang atas Shakhtar dan City takluk dari Hoffenheim. Itu disebabkan oleh status head-to-head Lyon yang unggul dari City. Tapi, hasil imbang atas Hoffenheim sudah cukup untuk amankan status juara Grup F bagi Pep Guardiola dan anak asuhnya.

4. Real Madrid dan AS Roma jalani laga tak krusial

Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)managingmadrid.com

Roma akan bertandang ke markas Viktoria Plzen, sementara Madrid menjamu wakil Rusia, CSKA Moskow. Laga ini sudah tak menentukan karena keduanya sudah pastikan diri lolos sebagai wakil dari Grup G. Roma juga sudah tidak memungkinkan untuk geser Madrid sebagai juara grup karena kalah head-to-head. Laga Real Madrid vs CSKA Moskow akan disiarkan live oleh RCTI pada pukul 00.55 WIB.

5. Juventus dan Manchester United berebut status juara grup

Jadwal Liga Champions Dini Hari Nanti (Kamis, 13 Desember 2018)gossipier.com

Kedua tim hanya terpisah 2 poin saja di klasemen. Juventus memimpin Grup H dengan koleksi 12 poin, sementara United mengejar di bawahnya dengan koleksi 10 poin. Dengan satu pertandingan tersisa bagi keduanya, besar kemungkinan ada perubahan posisi jika Juventus terpeleset di markas Young Boys, sementara United menang di kandang Valencia. Laga Valencia vs Manchester United akan disiarkan live di RCTI pukul 03.00 WIB.

Baca Juga: Liga Champions: Liverpool dan Tottenham Lolos ke Babak 16 Besar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya