Revolusi Jerman, Joachim Loew Pensiunkan Tiga Pemain Bayern Munich

Ketiganya merupakan penggawa senior timnas Jerman

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari juara dunia 2014, Jerman. Tim nasional Jerman yang hancur lebur selama tahun 2018 memutuskan akan melakukan revolusi besar-besaran. Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah keputusan Joachim Loew, pelatih Jerman, untuk memensiunkan tiga pemain Bayern Munich dari timnas.

1. Trio Bayern dipensiunkan oleh Loew

Revolusi Jerman, Joachim Loew Pensiunkan Tiga Pemain Bayern MunichTwitter/@DFB_Team_EN

Tercatat, tiga pemain yang merupakan penggawa Bayern Munich dipensiunkan oleh Loew dari timnas. Ketiganya adalah bagian integral dari skuat Der Panzer yang sukses memenangi Piala Dunia 2014 di Brasil. Mereka adalah Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Thomas Mueller.

"Adalah sebuah keputusan besar ketika kami membuat perubahan di timnas. 2019 adalah tahun baru untuk awal yang baru pula bagi timnas Jerman. Kami ingin melanjutkan perubahan yang kami mulai sejak akhir tahun 2018. Maka dari itu, Jerome Boaten, Mats Hummels, dan Thomas Mueller tidak akan lagi jadi bagian dari skuat timnas," ujar Loew dikutip dari Bild.

Baca Juga: Susul Ozil, Mario Gomez Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman

2. Loew akan menjelaskan kepada tiga pemain tersebut terkait keputusan ini

Revolusi Jerman, Joachim Loew Pensiunkan Tiga Pemain Bayern MunichTwitter/@dw_sports

Terkait keputusan mengejutkannya ini, pelatih yang terkenal dengan gaya flamboyannya ini mengatakan bahwa ia akan berbicara dengan ketiga bintang Bayern tersebut. Menurut Loew sendiri, ketiga masih tetap pemain kelas dunia walau tak bermain lagi bagi negaranya.

"Penting bagi saya untuk menjelaskannya langsung kepada ketiga pemain tersebut dan kepada pelatih Bayern Munich tentang semua ini. Bagi saya, mereka bertiga tetap pemain kelas dunia dan akan terus berprestasi bersama klubnya. Mereka adalah pemain besar yang sudah memberi sumbangsih banyak bagi negara. Di tim nasional, sayangnya, kami harus terus melihat ke masa depan. Kami ingin memberi tim ini wajah yang baru dan saya yakin ini adalah langkah yang tepat," tegas Loew.

Terakhir, Loew pun mengirim pesan kepada pemain-pemain muda Jerman. "Kami mengirimkan sinyal yang sangat jelas. Para pemain muda Jerman harus menangkap sinyal ini sebagai kesempatan untuk berkembang. Mereka yang akan memikul tanggung jawab untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan seniornya," lanjut Loew.

3. Keputusan Loew didukung oleh Oliver Bierhoff

Revolusi Jerman, Joachim Loew Pensiunkan Tiga Pemain Bayern MunichTwitter/@SquawkaNews

Keputusan mengejutkan Loew ini sendiri tampaknya merupakan kesepakatan yang sudah bulat di manajemen timnas. Buktinya, Direktur Olahraga timnas Jerman, Oliver Bierhoff, mengatakan bahwa ia mendukung penuh keputusan Loew terkait ketiga pemain tersebut.

"Tugas kami adalah menentukan apa yang baik bagi timnas dan menemukan jalan kembali menjadi nomor satu di dunia. Sekarang, kami ingin secara konsisten melakukan perubahan di dalam skuat. Thomas (Mueller), Mats (Hummels), dan Jerome (Boateng) sudah meraih banyak hal hebat bersama Jerman dan akan melanjutkan hal itu bersama klubnya. Saya sangat dekat dengan mereka dan bersyukur kami pernah bersama di tim nasional," ujar Bierhoff dikutip dari Bild.

Baca Juga: Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Curhatnya di Twitter

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya