Comscore Tracker

Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Curhatnya di Twitter

Warganet memang kejam

Jakarta, IDN Times- Gelandang serang tim nasional Jerman Mesut Ozil menyatakan pensiun setelah Der Panzer gagal tampil memalukan pada Piala Dunia 2018. Keputusan tersebut menyusul kritik media dan publik Jerman atas penampilan buruknya sepanjang babak penyisihan. 

Selain itu, banyak publik Jerman mempertanyakan loyalitas Ozil kepada negaranya karena darah Turki yang dimilikinya. 

"Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh kebanggaan. Tapi tidak sekarang. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat. Dengan berat hati dan penuh pertimbangan, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman," kata Ozil melalui keterangan tertulis yang disebar melalui akun Twitternya @MesutOzil1088. 

1. Ozil kesal karena penampilan buruknya dikaitkan dengan darah Turkinya

Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Curhatnya di Twittertwitter.com/BBCSport

Untuk diketahui, Ozil memang berkebangsaan Jerman namun memiliki darah Turki dari orang tuanya. Pada Mei 2018, ia sempat bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di London di sela-sela euforia pemilu Turki. Karenanya, eks bintang Real Madrid itu dituding sebagai alat kampanye Erdogan. 

"Banyak orang membicarakan penampilan buruk saya. Hal itu bisa saya terima karena saya memang bukan pemain bola yang sempurna. Tapi saya tidak terima bila media Jerman menyalahkan karena dua keturunan yang ada dalam diri saya," paparnya. 

Baca juga: Mesut Oezil Dikabarkan Bakal Gabung Manchester United, Benarkah?

2. Ozil merasa tidak dihargai oleh federasi sepak bola Jerman

Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Curhatnya di Twittertwitter.com/MirrorFootball

Semua orang mengetahui bahwa Ozil adalah pemain kunci saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. Atas semua yang diberikan kepada negaranya, ia merasa tidak dihargai oleh federasi sepak bola Jerman beserta masyarakatnya. 

"Di mata Reinhard Grindel (Presiden Federasi Sepak Bola Jerman) dan pendukungnya, saya adalah warga negara Jerman ketika kami menang dan saya adalah seorang imigran ketika kami kalah. Saya lahir dan belajar di Jerman, kenapa orang-orang tidak bisa menerima bahwa saya adalah orang Jerman," beber dia. 

3. Komentar warganet di akun Twitternya

Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman, Ini Curhatnya di Twittergoal.com

Keputusannya untuk pensiun satu minggu setelah Piala Dunia berakhir tentu mengejutkan publik. Tidak sedikit publik yang menyayangkan keputusan ini, namun banyak pula yang meminta gelandang Arsenal ini seharusnya pensiun sedari awal. 

Seperti tanggapan dari @Marcelle, "they (Germany) don't deserve you,". Dukungan kepada pemain berusia 29 tahun ini juga datang dari "Taking a picture with the President of Turkey doesn't mean he supports him. He is not a politician so he doesn't get to chose who to take photos with. As a matter of fact, if he had refused to take the photo with the President, that's when anyone can say he is being political."

Berbanding terbaik dengan cuitan di atas. Seperti @MHartlef yang meragukan loyalitas Ozil kepada Jerman selama ini. Dia menulis, "Sorry, I don't see it this way. For me he never really played well in the national team. And I never understood why Low was so obsesed about him. We have better players. Sane, Brandt, just to name a few."

Kalau menurut kamu, apakah keputusan Oezil untuk pensiun adalah pilihan yang tepat?

Baca juga: Ayah Ozil: Lebih Baik Mesut Mundur dari Timnas

Topic:

  • Sugeng Wahyudi
  • Yogie Fadila

Just For You