Statistik Tak Berpihak, Real Madrid Mungkin Kalah Lagi dari Barcelona

El Clasico jilid keempat akan berjalan berat bagi Madrid

Jakarta, IDN Times - Drama panas di sepakbola Spanyol bertajuk El Clasico akan kembali digeber pada Minggu (3/3) dini hari nanti. Sama seperti laga leg kedua di semifinal Copa del Rey tiga hari lalu, tuan rumah Real Madrid akan kembali menjamu rival klasiknya, Barcelona, dalam El Clasico jilid empat musim ini pada lanjutan LaLiga pekan ke-26.

Datang ke laga sepanas ini, peluang Madrid untuk menang memang tak didukung oleh statistik mereka di beberapa pekan terakhir. Selain itu, di musim ini, ternyata Los Blancos punya rekam jejak yang inferior tiap kali bertemu dengan Blaugrana baik di LaLiga mau pun di kompetisi domestik.

1. Barcelona tak terkalahkan musim ini kala bertemu Madrid

Statistik Tak Berpihak, Real Madrid Mungkin Kalah Lagi dari BarcelonaTwitter/@FCBarcelona

Barcelona memang tampil dominan musim ini atas Real Madrid. Tiga kali kedua tim bersua musim ini (2 kali di Copa del Rey dan 1 kali di LaLiga), Barcelona tak tersentuh kekalahan. Rekor gol mereka pun menakjubkan dalam tiga laga tersebut yakni sukses mencetak 9 gol dan hanya kebobolan 2 gol saja! Di pertemuan pertama musim ini di liga, Lionel Messi dan kolega menang 5-1 di Camp Nou.

Baca Juga: Luis Suarez Gemilang, Barcelona Permalukan Real Madrid di Kandangnya

2. Real Madrid terkena dua kartu merah di dua laga terakhir liga

Statistik Tak Berpihak, Real Madrid Mungkin Kalah Lagi dari BarcelonaTwitter/@bestgug

Entah apa yang salah dengan kedisiplinan skuat asuhan Santiago Solari ini, namun mereka sedang bermasalah terkait hal ini. Dari dua laga terakhir LaLiga, Real Madrid memperoleh dua kali kartu merah. Yang pertama, kapten tim, Sergio Ramos, dapat kartu merah ketika Madrid kalah atas Girona di Santiago Bernabeu. Setelahnya, giliran Nacho yang mendapat kartu merah saat Madrid susah payah menang atas Levante.

3. Barcelona ada di atas angin

Statistik Tak Berpihak, Real Madrid Mungkin Kalah Lagi dari BarcelonaFox Sports AU

Di laga ini nanti, Barcelona memang dalam posisi di atas angin. Selain baru saja menang 0-3 di Santiago Bernabeu tengah pekan lalu, Barcelona juga punya keunggulan karena tidak akan bermain di Liga Champions pada tengah pekan depan. Sementara bagi Madrid, mereka akan langsung menjamu Ajax Amsterdam pada babak 16 besar Liga Champions pada Rabu (6/3), tiga hari usai El Clasico.

4. Tapi, Madrid bisa membahayakan Barcelona

Statistik Tak Berpihak, Real Madrid Mungkin Kalah Lagi dari BarcelonaTwitter/@realmadriden

Walau jadwal dan deretan statistik membuat mereka terlihat inferior atas Barcelona, Real Madrid masih menyimpan bahaya yang patut diwaspadai oleh tim tamu. Di laga tengah pekan lalu misalnya, Madrid sebenarnya cukup mampu meredam pergerakan Lionel Messi, walau akhirnya Luis Suarez yang menghukum mereka di babak kedua.

Selain itu, kecepatan dan kelincahan sisi sayap Madrid yang dihuni Vinicius Junior, Lucas Vasquez atau Gareth Bale, akan sangat merepotkan Barcelona nantinya. Walau tak akan diperkuat Nacho, Solari juga masih punya Raphael Varane yang akan berduet dengan Ramos, serta memainkan kembali bek kiri muda, Sergio Reguilon, untuk isi posisi Marcelo.

Baca Juga: Real Madrid vs Barcelona: El Clasico Jilid Tiga Penentu Treble

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya