Trio Eropa Tampil Gemilang, PSM Bantai Lao Toyota di AFC Cup 2019

Pemain Eropa PSM sama-sama cetak gol di laga ini

Bogor, IDN Times - Laga kedua Grup H AFC Cup 2019 dijalani PSM Makassar dengan sangat mantap. Menjamu wakil dari Laos, Lao Toyota, Wiljan Pluim dan kolega sukses berpesta gol dengan skor akhir 7-3. Di laga ini sendiri, trio pemain Eropa dari Juku Eja sukses menjadi aktor protagonis.

Turun dengan kekuatan penuh usai berlaga di Piala Presiden 2019, PSM langsung tampil menekan sejak menit awal. Beberapa kali, peluang didapatkan oleh Eero Markkanen dan Pluim, sebelum akhirnya Juku Eja membuka keunggulan pada menit ke-12. Memanfaatkan asis Bayu Gatra, sang kapten, Pluim, melepaskan sepakan keras yang membobol gawang Syafa Aphideth, kiper Lao Toyota.

Namun, tak lama berselang, tim tamu balas menyengat. Memanfaatkan kesalahan komunikasi antara Beny Wahyudi dan Aaron Evans, kapten Lao, Kazuo Homma, sukses mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-14. Terus menekan, PSM kembali unggul ketika Zulham Zamrun mencetak gol di menit ke-21. Memanfaatkan asis Markkanen, eks pemain Persib itu lepaskan sepakan keras dengan kaki kirinya.

Di babak pertama, PSM sendiri membuang banyak peluang bagus, di mana beberapa di antaranya berpeluang menjadi gol. Dua peluang Markkanen misalnya, dua kali membentur mistar dan tiang gawang. Di pengujung babak pertama, PSM juga membuang kesempatan menjauhkan skor ketika penalti Marc Klok bisa dimentahkan kiper Lao Toyota.

Di babak kedua, Juku Eja menggila. Pluim menambah catatan golnya di laga setelah sepakan kaki kirinya menembus jala gawang Lao di menit ke-59. Tak lama berselang, Markkanen akhirnya membuka keran gol di laga ini. Juru gedor timnas Finlandia ini cetak gol di menit ke-61 setelah sundulannya memanfaatkan asis Taufik Hidayat menjebol gawang Lao.

Markkanen sukses catatkan brace ketika di menit ke-70, ia bawa PSM unggul 5-1 setelah ia mampu lepas dari perangkap offside dan mencetak gol kelima PSM memanfaatkan asis Bayu Gatra. Enam menit berselang, tim tamu sempat memperkecil ketertinggalan melalui sepakan jarak jauh Rafael Rodrigues.

Tak tinggal diam, PSM langsung membalas. Ferdinand Sinaga yang baru masuk di babak kedua, bawa PSM unggul 6-2 setelah solo run yang dilakukannya berbuah gol di menit ke-80. Klok bawa PSM mantap menjauh dengan skor 7-2 setelah sepakan kerasnya dari luar kotak penalti kembali membobol gawang Lao Toyota untuk kali ketujuh.

Di pengujung laga, Homma sempat mencetak gol keduanya untuk bawa Lao perkecil skor di angka 7-3, namun semua sia-sia belaka karena PSM sukses tampil perkasa di laga ini.

Baca Juga: Gagal di Piala Presiden 2019, PSM akan Full Power Saat Jamu Lao Toyota

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya