Wanda Metropolitano, Venue Cantik untuk Final Liga Champions 2018/2019

Wanda Metropolitano akan jadi venue final Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Final kompetisi terakbar Benua Biru, Liga Champions Eropa, sejatinya akan digelar pada Sabtu, 2 Juni 2019. Di kompetisi edisi kali ini, Liga Champions akan menghelat laga finalnya di kandang baru Atletico Madrid, Wanda Metropolitano.

Penasaran dengan stadion megah yang cantik ini? Berikut kami beberkan beberapa fakta menarik terkait stadion baru ini.

1. Hasil renovasi dari stadion lama bernama Estadio de la Comunidad de Madrid

Wanda Metropolitano, Venue Cantik untuk Final Liga Champions 2018/2019Twitter/@Metropolitano

Sebelum menjadi stadion baru nan megah dan cantik ini, Wanda Metropolitano adalah stadion tua bernama Estadio de la Comunidad de Madrid. Oleh warga setempat, stadion ini sendiri juga disebut Estadio de La Peineta. Dibangun selama tiga tahun sejak 1990-1993, stadion ini resmi dipakai 6 September 1994.

Namun, karena tak lagi berfungsi, stadion ini kemudian ditutup pada 2004, sebelum napas baru diembuskan oleh Atletico Madrid pada medio 2017. Kala itu, Atletico bersiap hijrah dari Vicente Calderon yang memang sudah terlalu lama dipakai. Sebagai gantinya, Wanda Metropolitano resmi dibuka kembali pada 16 September 2017.

Hak nama stadion sendiri didapatkan oleh sebuah perusahaan real estate dari China bernama Wanda Group. Untuk hak komersial, nama itu kemudian diakui oleh UEFA dan kini resmi diberi nama Estadio Wanda Metropolitano.

Baca Juga: Barcelona dan Atletico Madrid Ikut Ramaikan Perburuan Bek Leicester

2. Naik-turun nasib Wanda Metropolitano

Wanda Metropolitano, Venue Cantik untuk Final Liga Champions 2018/2019Twitter/@Metropolitano

Jauh sebelum jadi stadion megah, wujud lama Wanda Metropolitano sebenarnya tak sepenuhnya baik. Pada 2004, stadion ditutup karena upaya Kota Madrid melakukan bidding untuk persiapan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2016. Namun, karena Madrid gagal terpilih, stadion ini akhirnya terabaikan.

Barulah pada September 2013, Atletico Madrid resmi mengumumkan bahwa mereka berencana merenovasi stadion lama tersebut untuk dijadikan kandang baru. Oleh karena itu, hak kepemilikan stadion akhirnya diberikan kepada klub asuhan Diego Simeone tersebut.

Sisanya, seperti yang sudah kita ketahui, adalah sejarah, karena Wanda Metropolitano kini jadi stadion cantik nan megah kebanggaan publik Madrid dan Spanyol.

3. September adalah bulan spesial bagi Wanda Metropolitano

Wanda Metropolitano, Venue Cantik untuk Final Liga Champions 2018/2019Twitter/@Metropolitano

September, seperti sudah dijelaskan di atas, adalah bulan yang spesial bagi Wanda Metropolitano. Sewaktu masih bernama Estadio Madrid, pembukaan pertama stadion ini ada di tanggal 6 September 1994. Kemudian, ketika stadion ini sempat mati suri sebelum akhirnya dibeli Atletico, hal itu diumumkan oleh pihak klub pada 11 September 2013.

Terakhir, Wanda Metropolitano resmi 'lahir' dan digunakan pada 16 September 2017.

Baca Juga: Jelang Derby, Berikut 5 Nama yang Pernah Bela Atletico dan Real

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya