5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Tak sehebat pemain lain yang berlaga di LaLiga dan EPL

Sporting Lisbon telah sukses mencatatkan nama-nama besar di dunia sepak bola lewat tim akademinya. Cristiano Ronaldo menjadi salah satunya. Meski belum pensiun, pemain yang sekarang membela Manchester United ini telah dianggap legenda berkat prestasinya.

Tak hanya Ronaldo, banyak nama lain juga lahir dari tim akademi yang bermarkas di ibu kota Portugal ini. Dibandingkan dengan liga lain, seperti Premier League dan LaLiga, pemain produk akademi Sporting Lisbon justru terthitung sedikit di Bundesliga.

Sejauh ini baru ada lima produk akademi Sporting Lisbon yang pernah berlaga di kasta tertinggi sepak bola Jerman. Siapa saja mereka dan bagaimana performanya? Berikut ini ulasannya.

1. Bruma

5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di BundesligaBruma (aa.com.tr)

Hingga tahun 2022, Armindo Tue Na Bangna atau yang biasa disebut dengan nama Bruma masih menjadi produk akademi Lisbon dengan jumlah laga terbanyak di Bundesliga. Bruma menghabiskan 4 tahun di tim akademi Sporting sebelum promosi ke tim utama pada 2013.

Pada musim panas 2017, karier Bruma di Bundesliga dimulai. Pemain yang berposisi sebagai winger ini pindah dari Galatasaray menuju RB Leipzig. Meski menjadi pemegang rekor laga terbanyak, faktanya Bruma hanya mampu mnecatatkan 42 laga untuk Die Roten Bullen di ajang Bundesliga.

2. Matheus Pereira

5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di BundesligaMatheus Pereira (premierleague.com)

Walaupun berasal dari Brasil, Matheus Pereira justru lebih lama menimba ilmu sepak bola di Portugal. Gelandang yang sekarang membela Al-Hilal ini menghabiskan 6 tahun (2009—2015) di tim akademi Sporting Lisbon.

Ketika bermain di tim utama Sporting Lisbon, Pereira pernah dipinjamkan ke FC Nurnberg selama semusim pada 2018/2019. Dalam kurun waktu tersebut, Pereira hanya mampu mencatatkan 3 gol dan 2 assist dari 19 laga di ajang Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Inggris

3. Tiago Tomas

5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di BundesligaTiago Tomas (bundesliga.com)

Tiago Tomas masih terhitung sebagai pendatang baru di ajang Bundesliga. Tomas kini menjalani masa peminjaman di VfB Stuttgart dari Sporting Lisbon. Masa peminjaman ini akan terhitung selama 1,5 musim hingga ia menentukan nasibnya pada akhir musim 2022/2023.

Sejauh ini, Tomas telah mencatatkan 4 gol dari 16 laga di Bundesliga untuk Stuttgart. Jauh sebelum itu, Tomas pernah menjadi bagian dari tim akademi Sporting Lisbon dari 2014 hingga ia akhirnya promosi ke tim utama pada 2020.

4. Guilherme Ramos

5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di BundesligaGuilherme Ramos (arminia.de)

Guilherme Ramos merupakan bek tengah asal Portugal yang 7 tahun berada di tim akademi Sporting Lisbon. Ia menimba ilmu di tim tersebut dari 2012 hingga akhirnya pindah ke tim Feirense pada 2019.

Sejak musim 2021/2022, Ramos telah bergabung dengan Ariminia Biefeld. Pada musim tersebut, Ramos hanya mencatatkan 13 laga di kasta tertinggi Bundesliga. Saat ini, Ramos dan Ariminia Bielefeld telah terdegradasi ke 2.Bundesliga.

5. Abel Xavier

5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di BundesligaAbel Xavier (liverpoolfc.com)

Produk akademi Sporting Lisbon tertua sekaligus pemain pertama yang merumput di Bundesliga adalah Abel Xavier. Bek sayap yang terkenal karena gaya rambutnya yang nyentrik ini hanya 6 bulan bermain di Bundesliga pada paruh kedua musim 2003/2004.

Kala itu, ia bergabung dengan Hannover 96 dari Liverpool. Dengan waktu yang singkat, Xavier jelas tak memiliki banyak waktu untuk unjuk gigi. Faktanya, ia hanya mampu mencatatkan 5 pertandingan.

 

Sporting Lisbon memang klub besar yang sukses lahirkan pemain-pemain hebat nan melegenda. Namun, tak ada nama dalam daftar ini yang sukses mencatatkan prestasi mentereng di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya