5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Cristiano Ronaldo paling mentereng

Jebolan akademi Sporting CP tersebar di mana-mana. Salah satunya English Premier League (EPL).

Telah ada puluhan jebolan akademi Sporting CP yang pernah berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris itu. Ini termasuk pemain berkelas bintang seperti Cristiano Ronaldo.

Sporting CP sendiri merupakan 1 dari 3 klub terbesar di Portugal. Prestasi mereka cukup mentereng sehingga pemain-pemainnya dilirik klub-klub lain.

Inilah jebolan akademi Sporting CP terbaik yang pernah bermain di EPL.

1. Luis Boa Morte

5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPLLuis Boa Morte (premierleague.com)

Luis Boa Morte merupakan jebolan akademi Sporting CP dengan jumlah pertandingan terbanyak di Premier League. Ia juga memegang rekor pemain Portugal dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL. Boa Morte telah mengantongi total 296 pertandingan di sana.

Boa Morte, yang kini jadi asisten pelatih Fulham, pernah membela empat klub berbeda di Premier League, yakni Arsenal, Fulham, West Ham United, dan Southampton. Jauh sebelum itu, Boa Morte pernah ditempa di akademi Sporting CP selama 2 tahun (1994—1996).

2. Eric Dier

5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPLEric Dier (premierleague.com)

Meski lahir di Inggris, Eric Dier menghabiskan masa mudanya di akademi Sporting CP. Bek Tottenham Hotspur ini bermain untuk tim muda Sporting CP selama 9 tahun, sebelum promosi ke tim utama pada 2012.

Sejak 2014, Dier menjadi bagian dari Tottenham Hotspur. Ia selalu bisa diandalkan, baik saat bermain sebagai bek tengah maupun gelandang bertahan. Sejauh ini, Eric Dier telah mencatatkan 240 pertandingan dengan sumbangan 11 gol dan 9 assist di EPL.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Inggris

3. Cristiano Ronaldo

5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPLCristiano Ronaldo (premierleague.com)

Tak ada yang meragukan prestasi Cristiano Ronaldo di dunia sepak bola. Ronaldo adalah jebolan akademi Sporting CP terbaik yang pernah bermain di EPL.

Ia bahkan dinobatkan sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa dengan lima gelar Ballon d’Or. Ronaldo juga punya sederet penghargaan bersama tim yang pernah dibelanya.

Cristiano Ronaldo sendiri dididik di tim muda Sporting CP selama 5 tahun (1997—2002). Setelah dari Sporting CP, ia bergabung dengan Manchester United yang saat ini ia bela juga. Dari 7 musim yang telah Ronaldo jalani di EPL, ia mampu mencetak 102 gol dan 39 assist dari 229 pertandingan.

4. Jose Fonte

5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJose Fonte (whufc.com)

Jose Fonte merupakan bek veteran berkebangsaan Portugal yang saat ini berstatus sebagai kapten LOSC Lille. Beberapa tahun sebelum bergabung dengan Lille, Fonte pernah berkarier di Premier League untuk tiga klub berbeda.

Crystal Palace (2007—2010), Southampton (2010—2017), dan West Ham United (2017—2018) merupakan deretan klub yang pernah ia bela. Pemain yang menghabiskan 5 tahun di tim muda Sporting CP ini sukses mencatat 178 pertandingan dengan sumbangan 7 gol dan 4 assist di Liga Inggris.

5. Cedric Soares

5 Jebolan Akademi Sporting CP Terbaik yang Pernah Bermain di EPLCedric Soares (premierleague.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Cedric Soares pernah berada di tim muda Sporting CP selama 12 tahun. Ia juga sempat membela tim senior Sporting CP selama 5 tahun, sebelum pindah ke EPL untuk bergabung dengan Southampton pada 2015.

Soares bermain sangat apik ketika berseragam Southampton. Barulah pada 2020, perjalanannya bersama Arsenal dimulai. Namun, penampilan Cedric Soares di Arsenal tak sebaik kala membela Southampton. Jika ditotalkan, ia mencatat 156 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 13 assist saja sebagai bek kanan.

Ada total 34 pemain jebolan akademi Sporting CP yang pernah berkarier di EPL. Selain kelima nama top di atas, beberapa pemain hebat seperti Luis Nani, Joao Moutinho, Rui Patricio, Ricardo Pereira, dan Abel Xavier juga merupakan jebolan akademi sepak bola klub asal Portugal itu.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya