Comscore Tracker

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga Champions

Hanya Lionel Messi yang bukan berasal dari Brasil

UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions merupakan kompetisi antar klub paling bergengsi di benua Eropa. Tak hanya pemain asal Eropa, pemain non-Eropa juga ikut bertanding dalam kompetisi ini.

Hebatnya lagi, beberapa pemain dari Amerika Latin sukses menjadi top scorer di UCL. Sejak kompetisi ini berganti format pada 1992, terdapat lima pesepak bola Amerika Latin yang pernah menjadi top skor Liga Champions. Siapa saja?

1. Rivaldo

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsRivaldo (fcbarcelona.com)

Setahun setelah sukses meraih gelar Ballon d’Or, Rivaldo akhirnya menyabet gelar top scorer UCL tahun 2000. Pada musim tersebut, Rivaldo yang menjalani musim ketiganya bersama Barcelona sukses mencetak 10 gol dari 14 laga di ajang UCL.

Namun sayang, torehan gol tersebut hanya membawa Barcelona hingga babak semi final karena kalah dari Valencia. Pada musim tersebut, Rivaldo menjadi top scorer UCL bersama dua orang lainnya.

2. Mario Jardel

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsMario Jardel (twitter.com/superbfootypics)

Mario Jardel merupakan salah satu penyerang tajam asal Brasil yang tak pernah membela klub raksasa di liga top Eropa. FC Porto menjadi klub terbaik yang pernah ia bela selama kariernya sebagai pesepak bola.

Bersamaan dengan Rivaldo dan Raul Gonzalez, Mario Jardel juga sukses mencetak 10 gol pada UCL tahun 2000. Catatan tersebut ia catatkan hingga membawa FC Porto lolos ke babak delapan besar, sebelum akhirnya kalah dari Bayern Munich.

Baca Juga: Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Champions

3. Ricardo Kaka

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsRicardo Kaka (twitter.com/acmilan)

Satu-satunya gelandang asal Amerika Latin yang sukses meraih gelar top scorer UCL adalah Ricardo Kaka. Pemain berkebangsaan Brasil ini sukses mendapatkan gelar top scorer setelah sukses mencetak 10 gol dari 13 laga pada gelaran UCL 2007.

Torehan tersebut juga ikut mengantarkan AC Milan menjadi juara UCL pada tahun yang sama. Dan perlu diakui jika tahun 2007 merupakan tahun terbaik Kaka. Pada tahun tersebut, Kaka sukses meraih gelar Ballon d’Or.

4. Neymar

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsNeymar (fcbarcelona.com)

Neymar menjadi satu-satunya pemain yang sukses mendapatkan gelar top scorer UCL di tengah-tengah persaingan panas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Gelar tersebut sukses Neymar dapatkan pada UCL 2015.

Dari 12 laga yang ia mainkan, Neymar sukses mencetak 10 gol yang juga membawa Barcelona menjadi juara UCL 2015. Kala itu, Neymar tak sendirian menjadi top scorer. Pasalnya, ia berada di tengah himpitan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang juga mencetak 10 gol.

5. Lionel Messi

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsLionel Messi (fcbarcelona.com)

Satu-satunya pemain non-Brasil dalam daftar ini adalah Lionel Messi. Kapten Timnas Argentina ini memiliki rekor yang cukup baik di UCL. Faktanya, ia telah mencetak 126 gol yang membuat Messi menjadi top scorer UCL kedua sepanjang masa setelah Cristiano Ronaldo.

Tak hanya sekali, Lionel Messi sukses meraih gelar top scorer sebanyak enam kali. Ia mendapatkannya pada tahun 2009 (9 gol), 2010 (8 gol), 2011 (12 gol), 2012 (14 gol), 2015 (10 gol) dan 2019 (12 gol).

 

Dari sekian negara yang ada di Amerika Selatan atau Amerika Latin, pemain asal Brasil menjadi yang paling banyak menjadi top skor Liga Champions. Hal ini tak mengherankan, sebab Brasil telah dikenal sebagai negara penghasil pesepak bola berbakat.

Baca Juga: Deretan Top Skor Liga Champions 5 Musim Terakhir, Selalu Berbeda 

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya