5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih Mendominasi

Atalanta sukses menjuarai Liga Europa 2023/2024!

Intinya Sih...

  • Atalanta sukses juara Liga Europa 2023/2024 setelah mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0.
  • Sevilla memenangi Liga Europa sebanyak 6 kali, sementara Villarreal dan Eintracht Frankfurt meraih gelar juara masing-masing satu kali.
  • Pada final Liga Europa, adu penalti menjadi penentu kemenangan bagi Villarreal dan Sevilla.

Kompetisi Liga Europa 2023/2024 telah berakhir. Atalanta sukses keluar sebagai juara usai menaklukkan Bayer Leverkusen di partai final dengan skor 3-0. Bertanding di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024), hattrick Ademola Lookman membuat tim asal Italia ini meraih trofi Eropa pertama mereka. 

Dalam lima edisi terakhir, empat klub berbeda berhasil memenangi Liga Europa. Meski dianggap hanya kompetisi kasta kedua di bawah Liga Champions, raihan juara tetap saja membanggankan bagi pemenang. Termasuk Atalanta, berikut lima tim terakhir yang berhasil memenangkan Liga Europa.

1. Sevilla kalahkan Inter Milan untuk merengkuh trofi keenam Liga Europa pada 2019/2020

5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih MendominasiSevilla menjuarai Liga Europa 2019/2020. (uefa.com)

Sevilla bertemu Inter Milan di partai final Liga Europa 2019/2020. Berduel di RheinEnergieStadion, Jerman, pertandingan kedua tim berlangsung dengan ketat dan sengit. Sevilla sukses memenangkan trofi keenam dengan skor akhir 3-2. 

Inter Milan unggul dahulu via penalti Romelu Lukaku pada menit ke-5. Namun, Sevilla menyamakan kedudukan melalui Luke de Jong. Pada menit ke-33, De Jong mencetak gol keduanya. Hanya berselang 2 menit, Diego Godin membuat skor sama kuat. Sevilla lalu unggul berkat gol bunuh diri Lukaku pada menit ke-74. Hingga laga usai, tidak ada gol lagi tercipta.

Baca Juga: 3 Manajer Spanyol yang Bawa Klub Non-LaLiga ke Final UEL

2. Villarreal merengkuh titel juara pertama Liga Europa pada 2020/2021

5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih MendominasiVillarreal menjuarai Liga Europa 2020/2021. (uefa.com)

Final Liga Europa 2020/2021 mempertemukan Villarreal dan Manchester United. Duel ini dihelat di Gdanks Stadium, Polandia. Tensi pertandingan kala itu berjalan sengit. Bermain imbang 1-1 pada waktu normal, Villarreal berhasil juara usai menang adu penalti dengan skor 11-10. 

Gerard Moreno membawa Villarreal unggul pada menit ke-29. Manchester United baru membalas melalui Edinson Cavani pada menit ke-55. Laga berjalan alot pada waktu normal, begitu juga dengan babak extra time. Adu penalti pun dilangsungkan untuk menentukan juara. Semua pemain Villarreal berhasil melakukan tugasnya. Kemenangan ini bikin Villarreal menjuarai Liga Europa pertama dalam sejarah klub. 

3. Eintracht Frankfurt mendapatkan trofi kedua Liga Europa setelah menjadi kampiun pada 2021/2022

5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih MendominasiEintracht Frankfurt menjuarai Liga Europa 2021/2022. (uefa.com)

Eintracht Frankfurt dan Rangers berduel pada partai final Liga Europa 2021/2022. Pertandingan ini dihelat di Estadio Ramon Sanchez-Pizjuan, Spanyol. Frankfurt sukses keluar sebagai juara usai menang dengan skor 5-4 via adu penalti.

Laga ini berjalan alot bagi kedua tim. Rangers baru membuka skor melalui Joe Aribo pada menit ke-57. Frankfurt menyamakan kedudukan lewat Rafael Santos Maury pada menit ke-69. Skor 1-1 ini bertahan hingga waktu normal. Pada babak extra time, skor juga tidak berubah sehingga dilanjutkan lewat adu penalti. Semua eksekutor Frankfurt sukses melakukan tugasnya. Frankfurt juara usai Kevin Trapp menjadi pahlawan dengan menggagalkan penendang Rangers. 

4. Sevilla mengukuhkan diri sebagai raja Liga Europa usai juara ketujuh kalinya pada 2022/2023

5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih MendominasiSevilla menjuarai Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Sevilla lagi-lagi menjadi tim tangguh di Liga Europa. Mentas di final musim 2022/2023, mereka keluar sebagai pemenang usai mengalahkan AS Roma di Puskas Arena, Hungaria. Bermain imbang 1-1 pada waktu normal, mereka jadi juara setelah menang adu penalti dengan skor 4-1. Keberhasilan ini sekaligus membawa mereka menjadi raja Liga Europa berkat koleksi tujuh trofi.

Pada laga final, AS Roma berhasil membuat gol dahulu lewat Paulo Dybala pada menit ke-35. Sevilla baru menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-55. Skor tidak berubah ketika waktu normal dan situasi serupa terjadi di extra time. 

Penentuan juara dilakukan melalui adu penalti. Kiper Sevilla, Yassine Bounou, menjadi sosok kunci keberhasilan tim. Ia menggagalkan dua eksekutor AS Roma dan membawa Sevilla menang. 

5. Atalanta memenangi gelar juara pertama Liga Europa pada 2023/2024

5 Klub Juara Terakhir Liga Europa, Klub Spanyol Masih MendominasiAtalanta menjuarai Liga Europa 2023/2024. (uefa.com)

Atalanta menjadi juara terbaru Liga Europa musim 2023/2024. Keberhasilan ini diperoleh usai mengalahkan Bayer Leverkusen. Pada partai final yang dihelat di Dublin Arena, Irlandia, skuad asuhan Gian Piero Gasperini menang dengan skor 3-0 via hattrick Ademola Lookman.

Bayer Leverkusen yang diunggulkan di final ini dibuat tidak berdaya. Atalanta bahkan sudah mencetak gol pada menit ke-12. Lookman lalu menggandakan skor 14 menit kemudian. Gol ketiganya tercipta menit ke-76 sekaligus memastikan Atalanta merengkuh trofi Liga Europa. 

Bagi Atalanta, trofi Liga Europa merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah klub. Hebatnya, keberhasilan juara ini didapatkan pada partisipasi final pertama mereka. Raihan trofi ini menjadi pelepas dahaga setelah 61 tahun tanpa trofi mentereng. Kejuaraan terakhir yang dimenangi Atalanta sendiri adalah Coppa Italia pada1963 silam. Dengan ini, La Dea berhak mentas di Liga Champions 2024/2025 mendatang.

Baca Juga: Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga Champions

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya