Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FA

Coventry City melaju ke semifinal usai bekuk Wolves

Piala FA menghadirkan kejutan pada 2023/2024. Babak perempat final antara Wolverhampton Wanderers kontra Coventry City mendadak menjadi sorotan. Laga yang digelar di Molineux Stadium ini berlangsung pada Sabtu (16/3/2024). Pertarungan dramatis tersaji pada partai ini.

Secara kualitas, Wolves lebih diunggulkan sebab mentas di kasta teratas liga Inggris, Premier League. Jika dibandingkan dengan Coventry City yang bermain EFL Championship alias kasta kedua liga Inggris, tentu laga ini diprediksi bakal bisa dimenangkan Wolves. Terlebih lagi, mereka bermain di markasnya sendiri.

Namun, prediksi hanyalah tinggal prediksi. Coventry City mengalahkan Wolves untuk menyegel satu tempat mentas di Wembley pada semifinal Piala FA 2023/2024. Klub berjuluk The Sky Blues itu sukses menaklukkan tim tuan rumah melalui laga dramatis yang berkesudahan 3-2. Kemenangan ini seakan melanjutkan tradisi magis yang terjadi di kompetisi Piala FA.

1. Magis Piala FA yang terus berlanjut

Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FAtrofi Piala FA (thefa.com)

Piala FA selalu menghadirkan kejutan di tiap musimnya. Maklum saja, sebanyak lebih dari 700 klub berkompetisi di ajang ini. Tak jarang klub-klub dari kasta bawah mampu melaju jauh demi gengsi untuk terus kompetitif di turnamen sepak bola tertua di dunia ini. Di sisi lain, bertemu dengan klub yang berada di kasta atas, terutama Premier League, akan menjadi ajang untuk menambah pengalaman para pemain sebab kualitas mereka lebih baik.

Ada kalanya Piala FA tidak berjalan sesuai prediksi ketika klub dari kasta bawah bertemu dengan kasta atas. Terdapat frasa tersohor di kompetisi ini dengan sebutan The Magic of the FA Cup. Frasa tersebut kerap menggaung ketika klub dari kasta bawah mampu mengalahkan klub kasta atas.

Setiap musimnya, setidaknya ada satu laga yang berjalan demikian. Hal ini seperti sebuah tradisi tidak tertulis di mana magis tersebut akan berada pada satu laga yang biasanya terjadi pada fase 32 besar hingga semifinal. Pada musim kompetisi 2023/2024, Coventry City tampil meneruskan tradisi itu dengan mengalahkan Wolverhampton Wanderers.

2. Coventry City taklukkan Wolverhampton Wanderers secara dramatis

Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FASelebrasi striker Coventry City, Haji Wright, usai mencetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers pada perempat final Piala FA 2023/2024. (ccfc.co.uk)

Perempat final Piala FA 2023/2024 mempertemukan Wolverhampton Wanderers dan Coventry City. Di atas kertas, Wolves lebih diunggulkan sebab status mereka yang mentas di Premier League. Terlebih lagi, pertandingan ini berlangsung di kandang mereka sendiri. Sementara itu, tim tamu merupakan penghuni papan tengah Championship alias kasta kedua liga Inggris.

Namun, laga berlangsung ketat bagi kedua tim. Coventry justru lebih sering melancarkan serangan ke gawang Wolves. The Sky Blues bahkan mampu mencetak gol terlebih dahulu melalui Ellis Simms pada menit ke-53. Setelah kebobolan, Wolves lebih banyak ditekan Coventry. Namun, momentum berhasil didapatkan dengan berbalik unggul hanya dalam waktu 5 menit. Gol-gol tersebut dihasilkan melalui Rayan Ait-Nouri (83') dan Hugo Bueno (88').

Drama kemudian terjadi saat masa injury time. Waktu tambahan selama 9 menit diberikan di laga ini. Coventry yang terus menekan berhasil menyamakan skor menjadi 2-2. Simms mencetak gol keduanya pada menit ke-90+7. Belum berhenti euforia gol tersebut, hanya berselang 3 menit, Coventry membungkam publik Wolves berkat gol Haji Wright pada menit ke-90+10. Klub asuhan Mark Robins ini sukses melaju ke semifinal Piala FA secara dramatis.

3. Manchester United akan menjadi lawan tangguh Coventry City di semifinal

Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FACoventry City (ccfc.co.uk)

Kelolosan Coventry City ke semifinal Piala FA 2023/2024 merupakan yang kedua kalinya sepanjang keikutsertaannya dalam turnamen. The Sky Blues pertama kali mencatatkan pencapaian tersebut pada 1986/1987. Saat itu, mereka melaju ke empat besar setelah mengalahkan Sheffield Wednesday dengan skor 3-1.

Pada semifinal, Coventry menaklukkan Leeds United melalui laga yang berlangsung 120 menit. The Sky Blues menang atas The Peacocks dengan skor ketat 3-2. Pada musim ini juga, mereka mencatatkan sejarah dengan menjuarai Piala FA pertama kalinya sepanjang sejarah klub. Coventry berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur pada partai final dengan skor 3-2.

Coventry berpeluang menyamai pencapaian pada musim tersebut jika mampu lolos ke final. Namun, jalan mereka tidak akan mudah di semifinal. Mereka akan bertemu pemilik 12 trofi Piala FA, Manchester United. Namun, kejutan bisa saja terjadi sebab tim besutan Erik ten Hag juga bersusah payah mengalahkan Liverpool di perempat final. Potensi pertarungan sengit bisa terjadi. Akankah The Magic of FA Cup terus berlanjut bersama Coventry City? Menarik ditunggu.

Baca Juga: Coventry City Kembali ke Semifinal Piala FA Setelah 37 Tahun

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya