5 Final Liga Champions Terakhir yang Dihelat di Wembley Stadium

Stadion penuh sejarah

Intinya Sih...

  • Wembley Stadium menjadi tuan rumah final Liga Champions Eropa 2023/2024 antara Borussia Dortmund dan Real Madrid.
  • Stadion ini sudah delapan kali menjadi tempat final Liga Champions, termasuk pertandingan legendaris seperti kemenangan Ajax Amsterdam pada 1971 dan Liverpool pada 1977/1978.
  • Wembley juga menyaksikan kemenangan Barcelona pada 1992 dan 2011, serta Bayern Munich pada 2013 di partai final Liga Champions.

Liga Champions Eropa 2023/2024 telah mencapai puncaknya. Partai final perebutan trofi Si Kuping Besar akan mempertemukan Borussia Dortmund dan Real Madrid. Duel ini bakal dihelat di Wembley Stadium, London, pada 2 Juni 2024 mendatang. 

Wembley Stadium merupakan salah satu arena tanding populer di kompetisi Eropa. Di Liga Champions sendiri, stadion kebanggaan Inggris ini bukan kali pertama menggelar final. Musim ini adalah yang kedelapan kalinya partai final digelar di sini. 

Sebelum menyaksikan aksi Real Madrid melawan Borussia Dortmund, mari menoleh lima final Liga Champions terakhir yang dihelat di Wembley Stadium.

1. Ajax Amsterdam raih trofi pertama Liga Champions usai bekuk Panathinaikos pada 1971

https://www.youtube.com/embed/YZE1BG9SxRM

Masa keemasan Ajax Amsterdam di Eropa dimulai di Wembley. Klub asal Belanda ini menjalani final Liga Champions dengan menghadapi Panathinaikos pada 1971. Di bawah kendali pelatih Rinus Michels, cikal bakal gaya bermain total football diperkenalkan kepada dunia.

Panathinaikos dibuat tidak berdaya dengan sistem permainan ini. Ajax yang saat itu dimotori Johan Cruiff sebagai poros berhasil tampil gemilang. Kemenangan 2-0 via gol dari Dick van Dijk dan Arie Haan membawa Ajax meraih trofi perdana Liga Champions. Berkat gaya bermain total football ini juga, Ajax mendominasi Eropa dengan juara tiga kali beruntun pada 1971–1973. 

Baca Juga: 3 Pemain Tertua yang Mencetak Gol di Semifinal UCL

2. Liverpool menangi Liga Champions back to back dengan mengalahkan Club Brugge pada 1978

5 Final Liga Champions Terakhir yang Dihelat di Wembley StadiumLiverpool menjuarai Liga Champions 1977/1978. (uefa.com)

Liverpool mentas di final Liga Champions pada 1977/1978. Club Brugge menjadi lawan sengit yang dihadapi. Sayangnya, klub asal Belgia itu tidak bisa mengalahkan sang juara bertahan. Terlebih lagi, Wembley menjadi salah satu stadion favorit bagi Liverpool. Stadion ini bahkan dijuluki Anfield South yang dianggap sebagai rumah kedua mereka berkat rekam jejak prestasi.

Laga final ini berjalan ketat bagi kedua tim. Baik Liverpool maupun Club Brugge sama-sama jual beli serangan. Namun, Liverpool berhasil memastikan kemenangan berkat gol tunggal Kenny Dalglish. Hasil 1-0 sudah cukup membuat The Reds mempertahankan trofi sekaligus memenangkan gelar kedua Liga Champions secara back-to-back. 

3. Barcelona raih gelar juara Liga Champions perdana usai kalahkan Sampdoria pada final 1992

5 Final Liga Champions Terakhir yang Dihelat di Wembley StadiumBarcelona menjuarai Liga Champions 1991/1992. (fcbarcelona.com)

Wembley sempat lama tidak menggelar final Liga Champions. Setelah terakhir kali pada 1978, partai puncak kembali dihelat di sini pada 1992. Duel perebutan trofi Si Kuping Besar kali ini menyuguhkan pertarungan antara Barcelona dan Sampdoria. 

Laga di final ini berlangsung ketat bagi kedua tim hingga 120 menit. Pada waktu normal, Barcelona dan Sampdoria bermain tanpa gol. Satu-satunya gol yang tercipta di laga ini adalah dari Ronald Koeman pada menit ke-112. Kemenangan dengan skor 1-0 berhasil mengantarkan Barcelona meraih gelar juara Liga Champions perdana sepanjang sejarah klub.

4. Pada final Liga Champions 2011, Barcelona tumbangkan wakil dari Inggris, Manchester United

5 Final Liga Champions Terakhir yang Dihelat di Wembley StadiumBarcelona menjuarai Liga Champions 2010/2011. (uefa.com)

Memasuki era sepak bola modern, Wembley mulai digunakan lagi sebagai lokasi final.  Setelah absen 19 tahun, final Liga Champions kembali dihelat di sana pada 2011. Barcelona dan Manchester United menjadi dua tim yang bertarung. Sebagai perwakilan Inggris, Manchester United tentu tidak asing dengan Wembley. Sayangnya, tim yang saat itu dilatih Sir Alex Ferguson tidak bisa meredam permainan cepat Barcelona asuhan Pep Guardiola.

Dominasi sudah ditunjukkan Barcelona dari awal laga melalui permainan cepat. Gol Pedro Rodriguez membuka keunggulan tim. Man United sempat menyamakan kedudukan melalui Wayne Rooney. Namun, masing-masing satu gol dari Lionel Messi dan David Villa memungkasi laga dengan skor 3-1. Raksasa asal Spanyol ini berhasil mengulangi pencapaian tahun 1992 dengan juara Liga Champions di Wembley sekaligus menyegel trofi keempat mereka. 

5. Bayern Munich juara Liga Champions kelima kalinya usai kalahkan Borussia Dortmund pada 2013

5 Final Liga Champions Terakhir yang Dihelat di Wembley StadiumBayern Munich menjuarai Liga Champions 2012/2013. (twitter.com/ChampionsLeague)

Berselang 2 tahun, Wembley kembali menggelar laga final antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Duel bertajuk Der Klassiker ini tersaji di partai puncak. Dua wakil Jerman ini bertarung dengan sengit di final Liga Champions 2013.

Sepanjang babak pertama, laga berjalan alot bagi kedua tim. Baru memasuki babak kedua, Bayern membuka skor melalui Mario Mandzukic pada menit ke-60. Hanya berselang 8 menit, Dortmund menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Ilkay Guendogan. Arjen Robben menjadi penentu kemenangan Bayern berkat golnya pada menit ke-89. Kemenangan 2-1 membawa Bayern menjuarai Liga Champions untuk yang kelima kalinya.

Wembley akan kembali menjadi saksi bersejarah pada final Liga Champions 2023/2024. Akankah Borussia Dortmund melawan ketidakmungkinan dengan menjadi juara? Atau, Real Madrid yang bakal mengukuhkan diri sebagai sang raja dengan meraih Si Kuping Besar untuk yang ke-15 kalinya? Menarik dinantikan!

Baca Juga: 5 Pemain Vital yang Bawa Real Madrid Juara LaLiga Spanyol 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya