3 Hasil Derby della Capitale pada 2023/2024, Siapa Unggul?

AS Roma dan Lazio selalu bermain ketat

Derby della Capitale merupakan duel yang mempertemukan AS Roma dan Lazio. Pertarungan dua tim asal ibu kota Italia menjadi salah satu laga tersengit. Tiap musimnya, pertemuan antara keduanya selalu menghadirkan permainan yang menarik dinikmati. 

Pada 2023/2024, AS Roma dan Lazio bertemu sebanyak tiga kali. Bentrokan kedua tim terjadi di Serie A Italia dan Coppa Italia. Lantas, seperti apa hasil pertarungan keduanya? Simak informasinya berikut ini!

1. AS Roma dan Lazio bermain imbang tanpa gol pada pekan ke-12 Serie A

3 Hasil Derby della Capitale pada 2023/2024, Siapa Unggul?AS Roma melawan Lazio di Serie A 2023/2024. (twitter.com/SerieA)

Pertemuan perdana AS Roma dan Lazio terjadi pada pekan ke-12 Serie A 2023/2024. Sengitnya duel kedua tim membuat laga berakhir menjadi antiklimaks. Kedua tim hanya berbagi satu poin usai hasil imbang tanpa gol. 

Bentrokan kedua tim ini berjalan dengan ketat sejak awal laga. Lazio yang bertindak sebagai tuan rumah mampu membuat 7 peluang, tetapi hanya 2 yang tepat sasaran. Sementara itu, AS Roma tidak lebih baik dengan melancarkan 9 kali peluang dan hanya 1 yang mengancam. Tidak efektifnya kedua tim membuat tidak ada gol yang tercipta di laga ini.

Baca Juga: 8 Pemain AS Roma 2023/2024 yang Pernah Merumput di Premier League

2. Lazio memenangi duel panas kontra AS Roma di perempat final Coppa Italia

3 Hasil Derby della Capitale pada 2023/2024, Siapa Unggul?Lazio kalahkan AS Roma di perempat final Coppa Italia 2023/2024. (twitter.com/OfficialSSLazio)

Derby della Capitale tersaji di kompetisi berbeda. Kali ini, perempat final Coppa Italia 2023/2024 menjadi tempat bertarungnya kedua tim. Lazio berhasil memenangi pertarungan sengit kontra AS Roma dengan skor 1-0 sekaligus memastikan diri lolos ke semifinal.

AS Roma menunjukkan dominasinya pada laga ini. Hal ini ditunjukkan dengan penguasan bola yang mencapai 57 persen. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat I Giallorossi sulit mencetak gol. Dari 9 peluang yang diciptakan, hanya 2 yang mampu tepat sasaran. 

Sementara itu, Lazio berhasil bermain lebih baik. Sama-sama menciptakan 9 peluang, I Biancocelesti bisa mengancam sebanyak 5 kali. Gol kemenangan tim Elang Ibu Kota dihasilkan melalui tendangan penalti. Mattia Zaccagni yang bertugas sebagai eksekutor berhasil mencetak gol pada menit ke-51. Laga ini berlangsung panas hingga tiga kartu merah dikeluarkan pada pengujung laga. Hingga laga selesai, Lazio sukses mempertahankan kemenangan.

3. Gol tunggal Gianluca Mancini membawa AS Roma menumbangkan Lazio pada pekan ke-31

3 Hasil Derby della Capitale pada 2023/2024, Siapa Unggul?As Roma kalahkan Lazio di Serie A 2023/2024. (twitter.com/OfficialASRoma)

Kekalahan AS Roma dari Lazio di perempat final Coppa Italia berhasil terbalaskan. Hal itu terjadi saat keduanya saling bentrok pada lanjutan pekan ke-31 Serie A 2023/2024. I Giallorossi sukses mengalahkan sang rival dengan skor tipis 1-0. 

Pertemuan kali ini berbeda dari dua laga sebelumnya. Pasalnya, kedua tim sama-sama berganti pelatih di pertengahan musim. AS Roma mendepak Jose Mourinho pada Januari 2024 usai serangkaian hasil buruk. Daniele De Rossi kemudian ditunjuk sebagai pengganti. Sementara Lazio, mereka ditinggal Mauruzio Sarri yang memutuskan mundur dari kursi kepelatihan pada Maret 2024 setelah gagal membawa tim bermain kompetitif. 

Laga ini berjalan dengan intensitas tinggi bagi kedua tim. AS Roma yang sedang dalam tren positif mampu memanfaatkan momentum. Meski kalah dominan, mereka berhasil mencuri gol melalui Gianluca Mancini pada menit ke-42. Lazio yang saat itu ditangani oleh Igor Tudor mencoba menekan untuk menyamakan skor. Namun, hingga laga selesai tidak ada gol tercipta. 

Dari tiga pertemuan yang berlangsung musim ini, statistik menunjukkan kedua tim berimbang. AS Roma dan Lazio sama-sama berbagi satu kemenangan. Sisanya, laga berkesudahan dengan seri. Sengitnya pertarungan dua tim ibu kota ini menjadi salah satu laga seru di Italia. Menarik untuk menantikan Derby della Capitale pada musim selanjutnya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Simone Inzaghi saat Melatih Lazio

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya