5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024

Selalu berjalan ketat!

Salah satu laga penentuan akan tersaji dalam lanjutan pekan ke-28 English Premier League (EPL) 2023/2024. Manchester City menantang Liverpool dalam duel perebutan titel juara. Pertarungan ini bakal dihelat di Anfield, Minggu (10/3/2024) pukul 22.45 WIB.

Jika melihat performa belakangan, kedua tim punya kans yang sama untuk menjadi pemenang. Liverpool jelas diuntungkan dengan bermain di kandang. Namun, Manchester City sudah pasti akan menyulitkan pada laga kali ini. Dalam lima lawatan terakhir pasukan Pep Guardiola ke Anfield, laga selalu berjalan sengit dengan intensitas tinggi.

Lalu, seperti apa pertemuan kedua tim ketika di Anfield? Begini lima kunjungan terakhir Manchester City ke markas Liverpool di Premier League.

1. Liverpool dan Manchester City berbagai poin pada 2018/2019

5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2018/2019. (premierleague.com)

Liverpool dan Manchester City bertemu pada pekan kedelapan English Premier League 2018/2019. Pertarungan ini berjalan ketat dengan intensitas yang tinggi. Namun, duel kedua tim ini berakhir dengan antiklimaks. Hasil imbang tanpa gol membuat keduanya berbagi satu poin.

Baik Liverpool maupun Manchester City sama-sama mengalami kebuntuan. Meski keduanya saling melancarkan serangan, solidnya pertahanan masing-masing membuat peluang kerap gagal berbuah gol. The Citizens sejatinya punya peluang memenangi laga saat mendapatkan penalti pada menit ke-86. Sayangnya, Riyad Mahrez yang maju sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugasnya. Tendangannya melambung di atas mistar gawang The Reds.

2. Liverpool bekuk Manchester City dengan mudah pada 2019/2020

5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2019/2020. (premierleague.com)

Kunjungan Manchester City ke markas Liverpool terjadi pada pekan ke-12 Premier League 2019/2020. Kali ini, pertandingan berhasil dimenangkan oleh The Reds. Pasukan Juergen Klopp mengalahkan perlawanan The Citizens dengan cukup mudah melalui skor 3-1. 

Bermain di kandang sendiri, Liverpool langsung tancap gas. Laga baru berjalan 6 menit, lesakan Fabinho dari luar kotak penalti membawa The Reds unggul. Hanya berselang 7 menit, Mohamed Salah menggandakan skor. Tertinggal dua gol, Manchester City berbalik menekan. Alih-alih mencetak gol, mereka kembali kebobolan melalui Sadio Mane pada menit ke-51. Pada akhirnya, The Citizens hanya bisa mencetak gol hiburan melalui Bernardo Silva pada menit ke-78.

Baca Juga: 4 Rekor Unik usai Manchester City Melaju Perempat Final UCL 2023/2024

3. Pada 2020/2021, Liverpool dipermalukan Manchester City di hadapan pendukungnya sendiri

5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Setelah tak berkutik saat melawat ke Anfield pada 2019/2020, Manchester City membalas dendam. Tim besutan Pep Guardiola membuat Liverpool tak berdaya saat berhadapan pada pekan ke-23 Premier League 2020/2021. The Citizens menang telak dengan skor 4-1.

Liverpool dan Manchester City sejatinya bermain dengan saling jual beli serangan. Namun, tim tamu bermain lebih efektif. Gol perdana tercipta melalui Ilkay Guendogan pada menit ke-49. The Reds lalu menyamakan kedudukan berkat gol Mohamed Salah pada menit ke-63. Hanya dalam waktu 10 menit, The Citizens mendapatkan momentum kemenangan. Mereka mampu mencetak tiga gol melalui Guendogan, Raheem Sterling, dan Phil Foden.

4. Manchester City mampu menahan imbang Liverpool pada 2021/2022

5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Pertemuan Manchester City dan Liverpool kembali tersaji pada pekan ketujuh Premier League 2021/2022. Anfield menjadi panggung pertarungan sengit kedua tim. Duel berkelas ini berakhir sama kuat melalui hasil imbang dengan skor 2-2.

Liverpool dan Manchester City beradu taktik dengan saling serang. Gol pemecah kebuntuan baru tercipta melalui Sadio Mane pada menit ke-59. Phil Foden membuat skor menjadi seimbang 10 menit kemudian. Hanya berselang 5 menit, Mohamed Salah kembali membawa The Reds unggul. Namun, gol Kevin De Bruyne pada menit ke-81 memaksa laga berakhir seri.

5. Liverpool memenangi duel kontra Manchester City berkat gol tunggal Mohamed Salah pada 2022/2023

5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Anfield kembali menggelar pertarungan sarat gengsi antara Liverpool dan Manchester City. Laga ini merupakan lanjutan pekan kesebelas Premier League 2022/2023. Pertarungan kedua tim ini berlangsung dengan sengit dan ketat. The Reds berhasil memenangi perlawanan The Citizens dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Mohamed Salah.

Bertindak sebagai tim tamu, Manchester City lebih banyak menguasai permainan. Namun, solidnya lini pertahanan Liverpool membuat gawang mereka sulit ditembus. Momentum kemenangan The Reds didapatkan pada menit ke-76. Melalui skema serangan balik, Mohamed Salah melaju dari tengah lapangan usai menerima umpan dari Alisson. Ia berhasil melewati Joao Cancelo dan menjebloskan bola ke gawang yang dijaga Ederson.

Pertemuan pada paruh kedua musim 2023/2024 sangat krusial bagi kedua tim. Liverpool dan Manchester City sama-sama bertarung untuk memperebutkan trofi Premier League. Saat ini, The Reds masih memimpin di puncak klasemen dengan keunggulan satu poin dari The Citizens yang mengekor di peringkat kedua. Pemenang laga ini berpotensi mengubah peta persaingan pada sisa musim. Menurutmu, siapakah yang akan keluar sebagai pemenang di Anfield?

Baca Juga: 3 Catatan dari Kemenangan Liverpool atas Sparta Praha

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya