Jelang Arsenal vs Bayern Munich Leg 1 Perempat Final UCL 2023/2024

Duel ketat sarat gengsi!

UEFA Champions League alias Liga Champions Eropa 2023/2024 bakal kembali bergulir. Kompetisi teratas Benua Biru ini akan memainkan leg pertama perempat final tengah pekan ini. Salah satu laga yang menarik perhatian adalah pertemuan Arsenal dan Bayern Munich. Keduanya akan bentrok di Emirates Stadium, Rabu (10/4/2024), pukul 02.00 WIB. 

Bagi Arsenal, mentasnya mereka di perempat final merupakan kali pertama sejak terakhir pada 2010 silam. Meski Bayern Munich merupakan lawan sulit, musim ini mereka punya potensi untuk menang. Apalagi, tim tamu sedang dalam performa inkonsisten dan terlempar dari persaingan gelar juara Bundesliga Jerman. 

Lantas, seperti apa persiapan kedua tim untuk menyambut laga akbar ini. Simak pratinjau laga Arsenal kontra Bayern Munich jelang leg 1 perempat final UCL 2023/2024 lewat ulasan berikut!

1. Arsenal punya rekor buruk kala jumpa Bayern Munich

Jelang Arsenal vs Bayern Munich Leg 1 Perempat Final UCL 2023/2024Arsenal melawan Bayern Munich di Liga Champions 2016/2017. (uefa.com)

Kali terakhir Arsenal mentas di fase gugur Liga Champions terjadi pada musim 2016/2017. Tragisnya, mereka tersingkir dari Bayern Munich yang tampil menggila. Dalam laga yang berlangsung dua leg, tim Meriam London dihancurkan dengan agregat 2-10. 

Pertemuan kali ini bakal menjadi yang ke-13 bagi kedua tim. Bayern Munich mendominasi dengan memenangi 7 laga, sedangkan Arsenal hanya mampu 3 kali. Sisanya, dua laga berakhir imbang. Terakhir kali Arsenal mampu menang terjadi pada fase grup Liga Champions 2015/2016.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terakhir yang Menjadi Kapten Timnas Inggris

2. Harry Kane jadi momok menakutkan bagi Arsenal

Jelang Arsenal vs Bayern Munich Leg 1 Perempat Final UCL 2023/2024Harry Kane (uefa.com)

Arsenal merupakan salah satu klub favorit bagi Harry Kane. Sepanjang kariernya bersama Tottenham Hotspur, ia sudah mencetak gol sebanyak 14 kali dari 19 kali menghadapi Arsenal. Jumlah gol tersebut menjadi yang terbanyak ketiga setelah Everton (16) dan Leicester City (20). 

Kane bisa menjadi momok yang menakutkan bagi Arsenal. Terlebih lagi, striker berusia 30 tahun ini tengah panas bersama Bayern Munich. Dari 37 pertandingan di berbagai kompetisi, ia tampil moncer lewat kontribusi 38 gol dan 12 assist. Ia bisa menjadi senjata mematikan bagi Bayern Munich untuk menumbangkan Arsenal pada laga ini. 

3. Konsistensi Arsenal di Premier League bisa jadi kunci meredam Bayern Munich

Jelang Arsenal vs Bayern Munich Leg 1 Perempat Final UCL 2023/2024Arsenal (premierleague.com)

Kendati mempunyai rekor jeblok kala berjumpa Bayern Munich, Arsenal tak perlu khawatir kali ini. The Gunners tengah digdaya di Premier League sejak tahun 2024 bergulir. Tim Meriam London tak terkalahkan dari 11 laga dengan catatan 10 kali menang dan 1 kali imbang.

Tak hanya itu, lini serang tim juga sangat produktif dan diimbangi dengan solidnya pertahanan tim. Dari jumlah laga tersebut, pasukan Mikel Arteta menghasilkan 38 gol dan hanya kebobolan 4 gol. Konsistensi ini menjadi modal yang baik untuk menjamu Bayern Munich. Terlebih lagi, dukungan dari publik Emirates Stadium bakal membantu Kai Haverz cs. untuk tampil maksimal. Kesempatan mereka untuk memenangi laga leg pertama ini terbuka lebar. 

4. Sejumlah pemain bakal absen di laga ini

Jelang Arsenal vs Bayern Munich Leg 1 Perempat Final UCL 2023/2024Sacha Boey (twitter.com/FCBayern)

Arsenal tidak mengalami kendala berarti pada laga ini terkait ketersediaan pemain. Mereka hanya tanpa Jurrien Timber yang memang sudah cedera sejak awal musim. Selain itu, semua pemain siap diturunkan, termasuk Bukayo Saka yang sempat diragukan tampil. 

Sementara itu, Bayern Munich akan tanpa diperkuat beberapa pemain akibat cedera. Mereka adalah Sacha Boey, Bouna Sarr, dan Tarek Buchmann. Nama-nama yang sebelumnya absen bakal kembali lagi, seperti Manuel Neuer, Noussair Mazaraoui, hingga Alexsander Pavlovic.  

Pertemuan kali ini diprediksi bakal berlangsung intens bagi kedua tim. Meski secara head to head Bayern Munich lebih diunggulkan, Arsenal musim ini mempunyai skuad yang matang dan telah terbukti kompetitif serta konsisten. Siapa menurutmu yang bakal memenangi leg pertama perempat final UCL 2023/2024 ini?

Baca Juga: 3 Pemain Bayern Munich yang Gagal Juara Bundesliga meski Jadi Top Skor

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya