Jelang Arsenal vs Chelsea di Premier League, Duel Sarat Gengsi!

Keduanya bertemu pada laga tunda pekan ke-29

Laga tunda pekan ke-29 English Premier League 2023/2024 akan bergulir. Salah satu suguhan menarik adalah pertemuan antara Arsenal kontra Chelsea. Kedua tim bakal saling bentrok di Emirates Stadium pada, Rabu (24/4/2024) pukul 02.00 WIB. 

Duel bertajuk Derbi London ini diprediksi menyajikan pertarungan yang sengit. Pasalnya, kedua tim sama-sama punya ambisi berbeda. Arsenal berusaha menang untuk tetap menjaga asa juara. Sementara Chelsea tentunya ingin mendekat ke zona Eropa di papan klasemen.

Jelang pertemuan kedua tim, mari mengintip deretan fakta menarik sebelum laga Arsenal dan Chelsea berikut!

1. Riwayat pertemuan menunjukkan Arsenal ungguli Chelsea

Jelang Arsenal vs Chelsea di Premier League, Duel Sarat Gengsi!Arsenal melawan Chelsea di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Lima pertemuan terakhir di kompetisi Premier League Arsenal lebih unggul dengan meraih tiga kemenangan. Sementara itu, Chelsea hanya bisa mencatatkan satu kemenangan. Sisanya, kedua tim bermain sama kuat dengan hasil imbang. 

Hasil imbang tersebut terjadi pada pertemuan perdana musim ini. Arsenal dan Chelsea berbagi satu poin ketika berlaga pada pekan kesembilan. Skor 2-2 menghiasi laga yang digelar di Stamford Bridge ini. Gol-gol Chelsea dihasilkan oleh Cole Palmer dan Mykhailo Mudryk. Adapun Arsenal, mereka menciptakan gol melalui Declan Rice dan Leandro Trossard. 

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Juara Liga setelah Hengkang dari Arsenal

2. Arsenal berambisi menang demi menjaga kans juara

Jelang Arsenal vs Chelsea di Premier League, Duel Sarat Gengsi!Arsenal (premierleague.com)

Bermain di kandang sendiri menjadi keuntungan bagi Arsenal. Pasalnya, tiga poin menjadi harga mati demi tetap berada di puncak klasemen. Saat ini, tim Meriam London mengumpulkan 74 poin, hasil dari 33 laga dengan rincian 23 kemenangan, 5 imbang, dan 5 kekalahan. 

Arsenal hanya unggul produktivitas gol dari Liverpool yang memiliki poin sama. Sementara itu, Manchester City yang berada di peringkat ketiga mengoleksi 73 poin. Namun, tim besutan Pep Guardiola masih memiliki tabungan satu laga. Mereka masih berpotensi bisa menyalip. 

Laga lawan Chelsea bisa dimaksimalkan dengan meraih kemenangan. Arsenal tentu diunggulkan jika dilihat dari performa. Maka dari itu, pertemuan melawan tim London Biru ini bisa menjadi momentum bagi skuad asuhan Mikel Arteta mempertahankan puncak klasemen. Namun, mereka tetap harus waspada sebab pada pertemuan perdana hanya bermain imbang. The Blues bisa menjadi batu sandungan bagi The Gunnres jika tidak tampil maksimal.

3. Mauricio Pochettino tak pernah menang ketika berjumpa Arsenal di Premier League

Jelang Arsenal vs Chelsea di Premier League, Duel Sarat Gengsi!Mauricio Pochettino (chelseafc.com)

Chelsea terlihat inferior jika dibandingkan dengan Arsenal musim ini. Sang lawan tengah berjuang untuk memperebutkan titel juara Premier League. Sementara itu, The Blues terseok-seok dengan harus susah payah mengejar poin demi menembus zona Eropa musim depan.

Hal ini juga diperparah dengan rekor sang pelatih ketika berhadapan dengan Arsenal di Premier League. Mauricio Pochettino tak pernah menang dalam tujuh pertemuan melawan tim Meriam London di Emirates Stadium. Ia hanya mencatatkan 3 kali imbang dan menderita 4 kekalahan saat melatih Southampton dan Tottenham Hotspur. 

4. Sejumlah pemain akan absen di laga ini

Jelang Arsenal vs Chelsea di Premier League, Duel Sarat Gengsi!Cole Palmer (chelseafc.com)

Arsenal tidak akan diperkuat oleh Takehiro Tomiyasu yang mendapatkan cedera pada laga sebelumnya kontra Wolverhampton Wanderers. Sementara itu, Jurrien Timbers yang sudah sembuh dari cedera anterior cruciate ligament (ACL) masih belum prima untuk dimainkan. Selain kedua pemain ini, seluruh skuad siap diturunkan, termasuk Bukayo Saka yang sempat diragukan tampil.

Di sisi sebaliknya, badai cedera masih melanda skuad Chelsea. Mereka masih akan tanpa Christopher Nkunku, Levi Colwill, Reece James, hingga Robert Sanchez. Dua pemain lain masih akan dilihat jelang pertandingan, di antaranya Malo Gusto dan Ben Chilwell. Sementara sang pemain andalan, Cole Palmer, juga diragukan tampil setelah dikabarkan menderita sakit. 

Khusus untuk Palmer, absennya sang pemain akan menjadi kehilangan besar bagi Chelsea. Pasalnya, ia merupakan pemain terproduktif musim ini bagi skuad The Blues. Ia sudah membukukan 20 gol dan 9 assist dari 28 pertandingan Premier League. 

Baik Arsenal maupun Chelsea berambisi menang di laga ini. Meski beda tujuan, kedua tim sama-sama mengincar tiga poin. Duel ini diprediksi bakal berjalan sengit demi meraih kemenangan. Menurutmu, siapa yang akan memenangi derbi London ini?

Baca Juga: 5 Lawatan Terakhir Chelsea ke Markas Arsenal di Premier League

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya