Jelang Bayern Munich vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final UCL 2023/2024

Duel penentuan lolos ke semifinal!

Duel penentuan bakal tersaji pada leg kedua perempat final Liga Champions Eropa 2023/2024. Bayern Munich akan menjamu Arsenal di Allianz Arena, Kamis (18/4/2024), pukul 02.00 WIB. Pertemuan ini diprediksi berjalan sengit dengan ambisi sama melaju ke semifinal. 

Pada pertemuan di leg pertama, Bayern Munich dan Arsenal bermain imbang dengan skor 2-2. Laga ini tentu menguntungkan Die Roten sebab kali ini keduanya bertemu di Allianz Arena. Namun, The Gunners tidak akan dengan mudah dikalahkan meski berstatus tim tamu. Pertemuan ini diyakini bakal berlangsung dengan intensitas tinggi.

Bagaimana persiapan keduanya jelang pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024? Simak pratinjau Bayern Munich versus Arsenal melalui ulasan berikut!

1. Kedua tim sama-sama berusaha untuk bangkit

Jelang Bayern Munich vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final UCL 2023/2024Arsenal (uefa.com)

Pertemuan ini menjadi momentum kebangkitan bagi kedua tim. Baik Bayern Munich maupun Arsenal sedang mengalami penurunan performa. Hal ini membuat kemenangan bakal menjadi hal yang diperebutkan dengan sengit oleh keduanya. 

Bayern Munich baru meraih kemenangan kontra Koeln di Bundesliga. Laga ini merupakan kemenangan pertama setelah tiga laga. Duel melawan Arsenal akan menjadi kesempatan bangkti bagi Thomas Mueller dkk. Terlebih lagi, Bayern Munich tidak terkalahkan dalam 14 laga terakhir di kandang. Catatan ini menjadi modal penting untuk bisa meraih kemenangan. 

Sementara itu, Arsenal mengalami kekalahan dari Aston Villa di Premier League. Hasil buruk tersebut merupakan yang pertama kalinya selama 2024. Kekalahan ini juga membuat posisi mereka tergusur dari puncak klasemen. Laga melawan Bayern Munich bakal menjadi titik balik bagi tim besutan Mikel Arteta untuk bangkit.

Baca Juga: 3 Pemain yang Cetak Gol di UCL saat Hari Ulang Tahun

2. Ambisi terakhir Bayern Munich dapatkan satu-satunya gelar pada 2023/2024

Jelang Bayern Munich vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final UCL 2023/2024Para pemain Bayern Munich merayakan gol ke gawang Arsenal pada leg pertama perempat final Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Bayern Munich telah kehilangan gelar juara Bundesliga setelah kalah bersaing dari Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Maka dari itu, Liga Champions menjadi kesempatan terakhir bagi skuad asuhan Thomas Tuchel untuk meraih trofi. Terlebih lagi, Die Roten bermain di markas sendiri. Hal ini akan menjadi keuntungan untuk bisa memenangi laga. 

Harry Kane bakal menjadi tumpuan Bayern Munich untuk melawan Arsenal. Dari 20 kali pertemuan, ia sudah mencetak 15 gol. Hal itu termasuk satu gol pada pertemuan di leg pertama lalu. Ditambah lagi, pemain internasional Inggris ini juga tengah tampil gemilang. Ia total telah membuat 39 gol dan 12 assist dari 39 pertandingan di seluruh kompetisi.

3. Arsenal hanya mampu menang sekali dari 6 laga tandang ke markas Bayern Munich

Jelang Bayern Munich vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final UCL 2023/2024Arsenal (uefa.com)

Arsenal bertandang ke markas Bayern Munich dengan optimisme penuh. Namun, catatan buruk tetap menghantui mereka ketika bermain di Allianz Arena pada ajang Liga Champions. Dari 6 kali bertamu, The Gunners hanya menang sekali. Sementara sisanya, mereka menderita 4 kekalahan dan 1 hasil imbang. 

Satu-satunya kemenangan yang berhasil dibuat di kandang Bayern Munich terjadi pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2012/2013. Saat itu, Arsenal menang dengan skor 2-0 berkat gol dari Olivier Giroud dan Laurent Koscielny. Meski menang, Arsenal gagal lolos setelah skor agregat 3-3. Bayern Munich melaju ke perempat final berkat gol tandang. 

4. Sejumlah pemain akan absen di laga ini

Jelang Bayern Munich vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final UCL 2023/2024Serge Gnabry (uefa.com)

Bayern Munich akan tanpa sejumlah pemain andalannya. Alphonso Davies harus absen akibat akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Serge Gnabry, Kingsley Coman, Sacha Boey, Tarek Buchmann, dan Bouna Saar menepi menjalani pemulihan cedera. Namun, Manuel Neuer dan Leroy Sane yang diistirahatkan bakal kembali tersedia pada laga ini. 

Sementara itu, Arsenal datang ke Jerman dengan tanpa kendala berarti. Mereka hanya akan tanpa Jurrien Timber yang memang sudah cedera sejak awal musim. Selebihnya, para pemain siap diturunkan, termasuk Bukayo Saka yang sempat diragukan tampil. 

Pertandingan ini berpotensi berjalan ketat sebab keduanya sama-sama berambisi untuk melaju ke semifinal. Bayern Munich tentunya diunggulkan berkat pengalaman dan keunggulan bermain di kandang sendiri. Namun, Arsenal juga bakal menyulitkan sehingga jual beli serangan diprediksi akan terjadi. Menurutmu, siapa yang bakal lolos ke empat besar?

Baca Juga: 4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya