Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024

Bisa menentukan gelar juara

Duel sengit akan tersaji pada pekan ke-28 English Premier League 2023/2024. Manchester City mesti mengunjungi markas Liverpool. Bentrokan kedua tim digelar di Anfield, Minggu (10/3/2024) pukul 22.45 WIB. 

Pertarungan ini bisa menentukan jalannya perebutan titel juara Premier League musim ini. Liverpool ada di peringkat kedua dengan perolehan 63 poin setelah Arsenal (64) menyalip tadi malam. Sementara itu, Manchester City membuntuti di peringkat ketiga dengan koleksi 62 poin.

Pada pertemuan perdana musim ini, kedua tim berbagi poin dengan hasil akhir imbang 1-1. Laga kali ini pun menjadi pertarungan sengit bagi Liverpool dan Manchester City. Tim yang keluar sebagai pemenang berpotensi untuk menjaga kans menjadi juara pada akhir musim.

1. Liverpool dan Manchester City sama-sama berada dalam tren positif

Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024Manchester City (premierleague.com)

Liverpool tengah dalam tren positif kemenangan. Sejak kalah dari Arsenal pada awal Februari 2024, The Reds memenangi tujuh laga di seluruh kompetisi, termasuk menjadi juara Piala Liga Inggris 2023/2024. Hasil ini menjadi modal berharga untuk menjamu Manchester City.

Sementara itu, Manchester City lebih digdaya lagi. The Citizens belum tersentuh kekalahan dalam 20 laga terakhir di semua ajang. Erling Haaland cs memenangi 18 laga dengan 2 lainnya berakhir imbang. Catatan impresif ini menjadi bekal penting mengunjungi markas Liverpool.

2. Magis Anfield akan membantu Liverpool menghadapi Manchester City

Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024Liverpool (premierleague.com)

Bertindak sebagai tuan rumah, Liverpool sudah barang tentu diuntungkan. Magis Anfield bisa membantu mereka mengalahkan Manchester City di laga kali ini. Terkenal sebagai salah satu stadion paling bising, dukungan dari para suporter akan memberikan semangat lebih bagi para pemain demi meraih kemenangan.

Terlebih lagi, Manchester City mempunyai catatan buruk bersama Pep Guardiola ketika bermain di Anfield. Dari 7 kali berlaga, The Citizens hanya mampu meraih 1 kemenangan. Sisanya, mereka menderita 4 kekalahan dan 2 hasil imbang. Liverpool bisa meneruskan performa apik mereka dengan mengalahkan tim Manchester Biru melalui bantuan Anfield.

Baca Juga: 5 Manajer yang Bisa Dibidik Liverpool untuk Gantikan Juergen Klopp

3. Pertarungan terakhir Juergen Klopp dan Pep Guardiola di Premier League

Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024Juergen Klopp dan Pep Guardiola (premierleague.com)

Laga Liverpool kontra Manchester City kali ini spesial. Pertarungan ini bakal menjadi duel adu taktik terakhir antara Juergen Klopp dan Pep Guardiola di Premier League. Maka dari itu, pertemuan ini akan menjadi sorotan dan diprediksi berjalan dengan intensitas tinggi. 

Sejak bertarung mulai pada 2016/2017, keduanya sudah bertemu sebanyak 15 kali di Premier League. Pertemuan ke-16 ini menjadi yang terakhir bagi keduanya di kompetisi teratas sepak bola Inggris. Duel ini menjadi pertunjukan pemungkas yang menghibur dan sengit.

Dari 15 kali pertemuan, Guardiola berhasil membawa Manchester City memenangkan 5 laga. Sementara itu, Klopp membawa Liverpool meraih empat kemenangan. Enam laga lainnya berakhir dengan hasil imbang. 

4. Sejumlah pemain terpaksa absen di laga penting

Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024Trent Alexander-Arnold (premierleague.com)

Liverpool menjalani laga ini dengan kondisi skuad yang pincang. Badai cedera masih menghantui The Reds musim ini. Banyak pemain kunci yang absen, seperti Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Curtis Jones, hingga Diogo Jota. Sementara itu, Ibrahima Konate diragukan tampil. Namun, Mohamed Salah sudah kembali dan menjadi tambahan signifikan.

Sementara itu, Manchester City datang ke Anfield dengan skuad yang lebih baik. The Citizens hanya kehilangan Jack Grealish dan Matheus Nunes. Jeremy Doku masih diragukan tampil, tetapi berpotensi ikut di dalam skuad. Selebihnya, para pemain inti mereka banyak diistirahatkan saat Liga Champions Eropa tengah pekan lalu sehingga bakal fit menghadapi Liverpool.

Pertarungan kali ini bakal krusial bagi keberlangsungan persaingan gelar juara Premier League 2023/2024. Siapa pun yang menang di laga ini akan menjadi pemuncak klasemen. Liverpool maupun Manchester City sama-sama mempunyai kans menang. Siapakah yang akan meraih tiga poin pada laga ini?

Baca Juga: 5 Lawatan Terakhir Manchester City ke Markas Liverpool per Maret 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya