Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024

Duel pembuktian kedua tim

English Premier League 2023/2024 kembali bergulir dengan memasuki pekan ke-32. Jadwal padat jelang akhir musim membuat sejumlah tim bakal bermain lebih sering. Salah satu duel menarik yang ditunggu adalah pertemuan Manchester United dan Liverpool. Pertarungan kedua tim bakal dihelat di Old Trafford pada Minggu (7/4/2024) pukul 21.30 WIB.

Pertemuan bertajuk North West Derby ini memasuki edisi ke-214 di seluruh kompetisi. Dalam beberapa musim ke belakang, duel antara Manchester United dan Liverpool selalu menyuguhkan pertarungan menarik. Terlepas dari performa tim yang berbeda, laga ini masih menjadi salah satu yang paling dinantikan sepak bola dunia. 

Lalu, seperti apa persiapan Manchester United dan Liverpool pada pekan ke-32 Premier League 2023/2024? Mari melihat pratinjau keduanya melalui informasi berikut ini!

1. Liverpool dan Manchester United sedang dalam performa berbeda

Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024Liverpool (premierleague.com)

Liverpool datang ke Old Trafford dengan modal bagus berupa konsistensi permainan. Pada lima laga terakhir di Premier League, tim asuhan Juergen Klopp tak terkalahkan. The Reds mencatatkan 4 kemenangan dan 1 imbang. Performa ini membuat mereka masih bersaing dalam perebutan titel juara. Saat ini, mereka berada di puncak klasemen dengan 70 poin.

Sementara itu, inkonsistensi masih menghinggapi skuad Manchester United. Meski berstatus tim tuan rumah, hal ini bukan menjadi jaminan. Pasalnya, dalam lima laga terakhir di Premier League, tim besutan Erik ten Hag hanya menang sekali. Sisanya, mereka menderita 3 kekalahan dan 1 imbang. Menghadapi Liverpool akan menjadi laga yang berat bagi Setan Merah. 

2. Manchester United mempunyai rekor buruk sebagai pertahanan paling rapuh pada 2024

Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024Manchester United (premierleague.com)

Sejak 2024 bergulir, Manchester United tak kunjung menemukan konsistensi. Setan Merah mengalami kesulitan dalam perebutan empat besar di Premier League. Secara statistik dalam 10 laga terakhir, mereka terbilang cukup oke dengan catatan 5 kemenangan, 2 imbang, dan 3 kekalahan. Namun, catatan buruk menghantui lini pertahanan tim. 

Opta melansir, Manchester United telah menghadapi total 225 kali tendangan dari tim lawan. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di lima liga top Eropa pada 2024. Dari sekian ancaman tersebut, mereka sudah kebobolan sebanyak 17 kali. Dari segi expected goals (xG) atau peluang tembakan menjadi gol, statistik mencatat hingga angka 21,6. 

Hal ini tentunya menjadi kelemahan utama bagi Manchester United. Terlebih lagi, Liverpool merupakan salah satu tim terproduktif di Premier League. Mohamed Salah dan kolega sudah membobol gawang lawan sebanyak 70 kali, hanya kalah dari Arsenal yang membuat 72 gol.

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Cetak Hattrick Melawan Manchester United di EPL

3. North West Derby terakhir bagi Juergen Klopp bersama Liverpool

Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024Juergen Klopp (premierleague.com)

North West Derby edisi ke-214 ini merupakan pertarungan terakhir bagi Juergen Klopp bersama Liverpool. Sebelumnya, manajer asal Jerman ini sudah berhadapan dengan Manchester United sebanyak 20 kali sejak menangani tim pada 2015. Dari jumlah laga tersebut, ia membawa The Reds 7 kali menang, 8 kali imbang, dan 5 kali kalah.

Musim 2023/2024 bakal menjadi musim terakhir Klopp di Liverpool. Duel melawan Manchester United sebagai rival tim pun menjadi suguhan menarik. Ditambah lagi, saat ini Liverpool tengah bersaing memperebutkan titel juara Premier League. Kemenangan menjadi hal wajib demi bisa berada di puncak klasemen.

4. Beberapa pemain mesti absen di laga ini

Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024Lisandro Martinez (premierleague.com)

Manchester United dihantam badai cedera pada laga ini. Khusus di lini pertahanan, mereka kehilangan Raphael Varane dan Jonny Evans yang menderita cedera pada laga kontra Chelsea. Selain itu, Lisandro Martinez dan Victor Lindelof juga masih absen untuk pemulihan. Manchester United pun mesti mempercayakan duet Harry Maguire dan Willy Kwambala. 

Sementara itu, Liverpool masih tanpa Diogo Jota, Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Stefan Bajcetic, Thiago, Joel Matip, dan Ben Doak. Namun, mereka mendapatkan amunisi baru sekembalinya Curtis Jones dari cedera. Ditambah lagi, Wataru Endo juga siap diturunkan setelah diistirahatkan pada laga kontra Sheffield United.

Pertemuan ini diprediksi berjalan sengit bagi kedua tim. Liverpool yang musim ini disingkirkan Manchester United pada perempat final Piala FA di Old Trafford tak mau kembali kalah. Mereka datang untuk mendapatkan kemenangan demi menjaga kans menjuarai Premier League. Siapakah yang bakal memenangkan North West Derby kali ini?

Baca Juga: Darwin Nunez Mulai Tarik Gas Bersama Liverpool

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya