3 Juara EPL Terakhir yang Ditentukan hingga Pekan Final Kompetisi

Manchester City tunjukkan dominasi

Manchester City sukses merengkuh titel juara English Premier League 2023/2024. Hal ini terwujud usai mereka mengalahkan West Ham United pada pekan terakhir yang digelar di Etihad Stadium, Minggu (19/5/2024). Pasukan Pep Guardiola mencetak sejarah dengan menjadi tim pertama yang mampu menjuarai liga teratas Inggris dalam 4 musim beruntun.

Proses yang dilewati Manchester City untuk meraih trofi Premier League musim ini terbilang berliku. Mengawali musim dengan tidak cukup baik, Erling Haaland cs berhasil konsisten pada pertengahan musim hingga akhir. Hal ini juga yang membuat penentuan juara harus dilakukan hingga pekan terakhir. Musim ini, Arsenal menjadi pesaing terdekat untuk berebut gelar juara.

Menariknya, ini bukan kali pertama perebutan gelar juara Premeir League ditentukan hingga pekan akhir. Sebelumnya, ada beberapa edisi yang juga harus melakoni laga penentuan untuk menjadi juara. Termasuk musim ini, berikut tiga juara EPL terakhir yang ditentukan hingga pekan final kompetisi.

1. Manchester City menjuarai EPL 2018/2019 berkat keunggulan satu poin dari Liverpool

3 Juara EPL Terakhir yang Ditentukan hingga Pekan Final KompetisiManchester City menjuarai Premier League 2018/2019. (premierleague.com)

Pertarungan ketat terjadi pada Premier League 2018/2019. Liverpool dan Manchester City bersaing dalam perebutan titel juara. Kedua tim saling menyalip sepanjang musim untuk menduduki puncak klasemen. Penentuan juara pun dilakukan hingga pekan terakhir kompetisi.

Liverpool berhasil menang saat menjamu Wolverhampton Wanderers. Namun, kemenangan itu sia-sia sebab Manchester City juga meraih hasil serupa. Mereka mengalahkan Brighton & Hove Albion pada pekan terakhir. Hal ini sekaligus memastikan pasukan Pep Guardiola juara.

Manchester City juara usai mengumpulkan 98 poin hasil dari 32 kemenangan, 2 imbang, dan 4 kekalahan. Mereka mengungguli Liverpool hanya dengan satu poin. Tim besutan Juergen Klopp mengalami kesialan dengan tak bisa juara. Padahal, mereka memperoleh 87 poin hasil dari 30 kemenangan, 7 imbang, dan 1 kekalahan. Namun, hal itu tidak cukup membuat mereka menjuarai Premier League pada musim tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain yang Telah Meraih 6 Trofi EPL bersama Manchester City

2. Manchester City mengalahkan Liverpool dengan meraih juara secara dramatis pada 2021/2022

3 Juara EPL Terakhir yang Ditentukan hingga Pekan Final KompetisiManchester City menjuarai Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Liverpool dan Manchester City kembali terlibat dalam persaingan juara Premier League 2021/2022. Keduanya menyajikan pertarungan ketat di sepanjang musim. Saling menyalip untuk menduduki puncak klasemen pun kerap terjadi di antara kedua tim.

Sayangnya, Liverpool lagi-lagi gagal mengalahkan Manchester City. Musim 2018/2019 kembali terulang pada 2021/2022. Manchester City juara usai mengumpulkan 93 poin hasil dari 29 kemenangan, 6 imbang, dan 3 kekalahan. Sementara itu, Liverpool harus mengalami kegagalan setelah hanya mendapatkan 92 poin dari total 28 kemenangan, 8 imbang, dan 2 kekalahan.

Liverpool sempat punya asa ketika melangsungkan laga pekan terakhir. Mereka berhasil menang atas Wolverhampton Wanderers dengan skor 3-1. Di laga lain, Manchester City sempat tertinggal 0-2 dari Aston Villa. Namun, mereka mampu comeback dengan mencetak 3 gol hanya dalam waktu 5 menit. Brace Ilkay Guendogan (76' dan 81') dan satu gol Rodri (78') membawa Manchester City menang sekaligus meraih gelar juara Premier League 2021/2022.

3. Manchester City mencetak sejarah usai ungguli Arsenal dalam perebutan gelar juara EPL 2023/2024

3 Juara EPL Terakhir yang Ditentukan hingga Pekan Final KompetisiManchester City menjuarai Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Manchester City mencetak sejarah usai menjuarai Premier League 2023/2024. Pep Guardiola sukses memimpin tim menjuarai liga teratas Inggris dalam 4 musim beruntun. Hasil ini diperoleh setelah mengalahkan West Ham United dengan skor 3-1 pada laga pekan terakhir. 

Pada perjalanannya, musim ini melibatkan tiga klub yang bersaing juara. Mereka adalah Arsenal, Liverpool, dan Manchester City. Namun, pada paruh kedua musim, Liverpool terlempar dari persaingan usai serentetan hasil buruk. Perebutan trofi juara tinggal menyisakan Arsenal dan Manchester City. Namun, Arsenal tak bisa juara meski performa mereka sepanjang 2024 merupakan yang terbaik di kompetisi. 

Kepastian juara Manchester City pun harus ditentukan di laga terakhir. Meski Arsenal menang saat melawan Everton, hasil itu tidak bisa menyalip mereka. Pep Guardiola kembali membawa tim juara dengan perolehan 91 poin hasil dari 28 kemanangan, 7 imbang, dan 3 kekalahan. Sementara itu, Arsenal harus kembali gigit juara setelah 2 musim beruntun disalip Manchester City. Musim ini, mereka hanya bisa mengumpuilkan 89 poin, hasil dari 28 kemenangan, 5 imbang, dan 5 kekalahan.

Menariknya, dari tiga edisi di atas, Manchester City selalu keluar sebagai pemenang. Hal ini menunjukkan mentalitas yang dimiliki sudah berada di level top. Meski harus memastikan gelar juara hingga pekan terakhir, The Citizens membuktikan, kualitas pemain dan kerja sama yang baik berhasil mendatangkan trofi Premier League ke Etihad Stadium.

Baca Juga: 4 Kapten Manchester City yang Pernah Mengangkat Trofi EPL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya