Kinerja 4 Bek Tengah PSV Eindhoven pada Paruh Musim 2023/2024

Andre Ramalho jadi andalan

PSV Eindhoven sukses menjalani paruh musim 2023/2024 dengan impresif. Klub berjuluk De Boeren ini menunjukkan kedigdayaaannya di Eredivisie Belanda. Mereka memuncaki klasemen tanpa mengalami kekalahan. Tim besutan Peter Bosz berhasil mengumpulkan 51 poin dari hasil sapu bersih 17 laga dengan kemenangan. 

Konsistensi yang diperlihatkan PSV Eindhoven ini salah satunya berkat kedalaman skuad yang ada. Tiap lini memiliki kualitas pemain yang mumpuni. Salah satu posisi penting di dalam tim adalah sektor pertahanan. Para pemain di pos ini mempunyai kontribusi vital untuk mencegah gawang agar tidak dijebol oleh tim lawan.

Terkhusus bek tengah, PSV Eindhoven mempunyai empat opsi pemain pada 2023/2024. Siapa saja dan seperti apa kinerja mereka hingga paruh musim ini? Simak rangkuman performa mereka melalui ulasannya berikut ini!

1. Andre Ramalho menjadi bek andalan tak tergantikan

Kinerja 4 Bek Tengah PSV Eindhoven pada Paruh Musim 2023/2024Andre Ramalho (instagram.com/ramalho92)

Andre Ramalho merupakan pemain tak tergantikan di lini belakang PSV Eindhoven. Ia menjadi pemain yang paling sering diturunkan Pelatih Peter Bosz. Sosoknya sebagai pemain berpengalaman membuatnya menjadi pemimpin yang cakap di lini pertahanan. 

Hingga paruh musim 2023/2024, bek berpaspor Brasil ini tercatat telah memainkan 29 pertandingan di semua ajang. Dari jumlah penampilan tersebut, Ramalho turut menyumbang 2 gol dan menghasilkan 1 assist untuk PSV. Berkat permainannya yang spartan di lini pertahanan, ia membantu tim tampil kokoh.

2. Olivier Boscagli berperan kokoh di lini pertahanan

Kinerja 4 Bek Tengah PSV Eindhoven pada Paruh Musim 2023/2024Olivier Boscagli (instagram.com/boscagli_28)

Oliver Boscagli menjadi tandem Andre Ramalho untuk mengawal lini pertahanan PSV Eindhoven. Pemain asal Prancis ini mempunyai peran yang sama pentingnya dengan sang rekan duet di pos bek tengah. Ia cakap dalam membaca permainan dan memutus serangan lawan menjadikannya sebagai sosok yang tangguh di lini belakang. 

Sejauh ini, pemain berusia 26 tahun ini sudah dipercaya turun dalam 27 pertandingan di berbagai kompetisi. Boscagli juga sudah mengoleksi 1 gol dan 1 assist untuk PSV. Berkat kualitasnya, lini pertahanan PSV bisa tangguh dan sulit untuk ditembus oleh tim-tim lawan.

Baca Juga: 6 Opsi Gelandang PSV Eindhoven pada 2023/2024, Persaingan Ketat!

3. Armando Obispo belum berkontribusi maksimal akibat cedera lutut pada awal musim

Kinerja 4 Bek Tengah PSV Eindhoven pada Paruh Musim 2023/2024Armando Obispo (instagram.com/armandoobispo_)

Armando Obispo belum bisa menunjukkan kontribusi maksimal bersama PSV Eindhoven pada 2023/2024. Ia baru bermain satu kali musim ini. Hal itu diakibatkan ia baru pulih dari cedera lutut panjang yang dideritanya. 

Cedera lutut tersebut dialaminya pada Maret 2023 lalu dan baru sembuh pada November 2023. Obispo menjalani pemulihan selama kurang lebih selama 8 bulan. Ia tercatat melewatkan 32 pertandingan bersama PSV. Namun, kini ia sudah pulih dan siap berkontribusi lagi membantu pertahanan tim.

4. Armel Bella-Kotchap mengalami cedera bahu yang membuatnya absen panjang

Kinerja 4 Bek Tengah PSV Eindhoven pada Paruh Musim 2023/2024Armel Bella-Kotchap (instagram.com/armel.bella82)

Armel Bella-Kotchap merupakan pemain pinjaman yang menghabiskan waktu bersama PSV Eindhoven selama 2023/2024. Ia dipinjam dari Southampton untuk menambah kedalaman skuad di lini pertahanan. Sosoknya sebagai bek muda potensial membantu De Boeren untuk tampil kompetitif di berbagai ajang. 

Pemain berpaspor Jerman ini mampu tampil apik di awal musim bersama PSV. Bella-Kotchap telah bermain sebanyak lima kali di semua kompetisi. Sayangnya, kiprahnya terhenti setelah mengalami cedera bahu pada Oktober 2023 lalu. Cedera tersebut membuatnya harus dioperas. Ia bakal absen dalam waktu cukup lama hingga waktu yang belum diketahui.

Keempat bek di atas mempunyai peran penting di dalam skuad. Meski tak semuanya bisa tampil menjadi andalan dan beberapa mengalami cedera, hal itu sudah cukup untuk membawa tim kompetitif. Dengan dibantu para pemain lain di tiap lininya, maka PSV Eindhoven berpotensi untuk menjuarai Eredivisie Belanda pada 2023/2024.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain PSV Eindhoven yang Membela Klub EPL 2023/2024 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya