3 Kiper yang Mencapai 400 Penampilan Bersama Barcelona

Marc-Andre ter Stegen terbaru

Barcelona berhasil memenangi pertandingan kontra RCD Mallorca pada pekan ke-28 LaLiga Spanyol 2023/2024. Mentas di Camp Nou, Sabtu (9/3/2024), Blaugrana meraih tiga poin dengan susah payah. Gol tunggal Lamine Yamal mengantarkan tim menang dengan skor 1-0.

Pemain yang menonjol tentunya adalah Lamine Yamal. Ia tampil impresif sebagai pemain yang belum genap berusia 17 tahun. Satu golnya tersebut memberikan kemenangan penting bagi Barcelona untuk mengejar Real Madrid di puncak klasemen LaLiga.

Namun, pemain lain yang mencatatkan penampilan spesial pada pertandingan tersebut adalah Marc-Andre ter Stegen. Pada pertandingan ini, sang kapten memainkan laga ke-400 bersama Barcelona. Termasuk dirinya, terdapat dua kiper lain yang mampu mencapai jumlah penampilan tersebut bersama Barca. Siapa saja?

1. Victor Valdes mencatatkan 535 penampilan bersama Barcelona

3 Kiper yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaVictor Valdes (fcbarcelona.com)

Victor Valdes menjadi kiper dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona. Pemain jebolan akademi La Masia ini total bermain dalam 535 pertandingan di seluruh kompetisi. Ia aktif bermain bersama Blaugrana mulai 2002–2014. Selama 12 tahun tersebut, ia mencatatkan 239 clean sheets dan kebobolan sebanyak 441 gol.

Selama berkarier di Camp Nou, Valdes menjadi bagian penting sejarah Barcelona. Ia turut andil membawa Blaugrana meraih sextuple pada 2009. Secara keseluruhan, prestasinya mentereng dengan total 21 trofi juara. Ia sudah mempersembahkan 6 titel LaLiga, 6 Supercopa de Espana, 3 Liga Champions, 2 Copa del Rey, 2 UEFA Super Cup, dan 2 Piala Dunia Antarklub.

Pada musim panas 2014, Valdes memutuskan tidak memperpanjang kontraknya bersama Barcelona. Sempat tanpa klub selama 6 bulan, ia lalu bergabung dengan Manchester United pada Januari 2015. Setelah setahun, ia dipinjamkan ke Standar Liege di Belgia. Selepas masa peminjaman, ia membela Middlesbrough selama setahun dan pensiun pada 17 Agustus 2017.

Baca Juga: 5 Pemain Villarreal Terakhir yang Mencetak Hattrick di LaLiga Spanyol

2. Andoni Zubizarreta menempati urutan kedua dengan kontribusi 410 penampilan

3 Kiper yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaAndoni Zubizarreta (fcbarcelona.com)

Jauh sebelum Victor Valdes melakoni debutnya pada 2002, Barcelona mempunyai pemain andalan di bawah mistar gawang bernama Andoni Zubizarreta. Ia merupakan kiper tak tergantikan selama masa kepelatihan Johan Cruijff. Ia berseragam Blaugrana medio 1986–1994. Ia merupakan pemain asal Basque yang direkrut dari Athletic Bilbao. 

Kiper yang akrab disapa Zubi ini memainkan 410 penampilan selama 6 tahun bersama Barcelona. Ia mampu menciptakan 173 clean sheets dengan catatan kebobolan sebanyak 369 kali. Meski pada mulanya kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola yang diusung Johan Cruijff, ia perlahan mampu memainkan peran kiper dengan baik dan selalu menjadi andalan. 

Selama memperkuat Barcelona, Zubi berperan penting membawa tim meraih trofi Liga Champions perdana pada 1991/1992. Ia juga membantu tim meraih 4 kali juara LaLiga beruntun pada 1991–1994. Prestasi lain berupa 2 Copa del Rey dan 1 UEFA Super Cup melengkapi pencapaiannya. Selepas dari klub pada 1994, ia bergabung dengan Valencia di akhir kariernya hingga pensiun pada 1 Juli 1998. Ia sempat kembali ke Barcelona sebagai direktur olahraga pada 2010–2015. Sejak 2022 lalu, ia menjadi penasihat manajemen di Monterrey.

3. Marc-Andre ter Stegen jadi kiper terbaru yang mencapai 400 penampilan

3 Kiper yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaMarc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen menjadi kiper terbaru yang mencapai 400 penampilan bersama Barcelona. Laga kontra RCD Mallorca di LaLiga terasa spesial sebab ia menjaga gawangnya nirbobol. Sejak bergabung dari Borussia Moenchengladbach pada 2014 lalu, ia menjadi kiper andalan di berbagai kompetisi. Ia mencatatkan 168 clean sheets dan kemasukan 388 gol.  

Musim 2023/2024 merupakan tahun kesembilannya berada di Camp Nou. Ter Stegen juga punya tugas baru sebagai kapten tim. Capaian paling prestise terjadi di musim perdananya pada 2014/2015. Ia mengantarkan Barcelona meraih treble winners. Setelah itu, koleksi trofi bertambah, di antaranya 4 LaLiga Spanyol, 4 Copa del Rey, 3 Supercopa de Espana, serta masing-masing 1 gelar juara UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub.

Ter Stegen sendiri masih mempunyai karier panjang bersama Barcelona. Pada musim panas 2023 lalu, kiper berusia 31 tahun ini meneken perpanjangan kontrak. Jika sesuai kontrak, ia akan berada di Camp Nou hingga 2028 mendatang. Jika bisa terus konsisten, maka ia berpotensi melewati jumlah penampilan pendahulunya, yakni Victor Valdes dan Andonio Zubizarreta. Selain itu, ia juga masih berpotensi menambah koleksi trofinya bersama Blaugrana di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Mencapai 150 Laga LaLiga di Barcelona

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya