5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPL

Persaingan ketat hingga akhir musim!

Memasuki pengujung musim 2023/2024, persaingan ketat terjadi di kasta kedua liga Inggris alias EFL Championship. Beberapa klub berpotensi kuat untuk bisa naik kasta ke English Premier League.  

Hingga pekan ke-40, sederet klub bersaing di papan atas memperebutkan tiket promosi ke Premier League musim depan. Kompetitifnya para klub ini membuat potensi untuk bersaing berebut tiga jatah menjadi ketat. Beberapa klub unggulan saat ini masih bersaing untuk bisa menyalip perolehan poin di papan klasemen sementara. 

Lima klub Championship teratas ini paling berpotensi promosi ke Premier League 2024/2025. Bagaimana peluang mereka?

1. Ipswich Town memuncaki klasemen sementara Championship hingga pekan ke-40

5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPLIpswich Town (twitter.com/IpswichTown)

Ipswich Town tampil menggebrak di Championship 2023/2024. Tim besutan Kieran McKenna menunjukkan penampilan sensasional pada musim perdananya setelah promosi dari League One alias kasta ketiga Liga Inggris. Klub berjuluk The Blues ini langsung bisa bersaing di papan atas untuk memperebutkan titel juara sekaligus jatah promosi ke Premier League. 

Sejak awal musim, Ipswich mampu tampil konsisten. Saat ini, Ipswich memimpin klasemen sementara Championship. Dari 40 laga yang sudah dijalani, mereka mengumpulkan 87 poin hasil dari 26 kemenangan, 9 imbang, dan 5 kekalahan. The Blues menjadi tim tersubur dengan 84 gol dan kemasukan sebanyak 51 kali. Mereka berpeluang besar untuk bisa promosi otomatis ke Premier League jika mampu meraih kemenangan pada enam laga tersisa.

Baca Juga: 5 Lawatan Terakhir Man United ke Markas Chelsea di EPL

2. Leeds United berusaha ingin langsung kembali lagi ke Premier League

5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPLLeeds United (instagram.com/leedsunited)

Leeds United berambisi kembali tampil di Premier League setelah mengalami degradasi pada 2022/2023 lalu. Keinginan itu ditunjukkan dengan konsisten dan terus bersaing di papan atas. Tim besutan Daniel Farke ini tidak banyak mengalami perubahan skuad dari musim lalu. Namun, The Peacocks menambah pemain di sejumlah posisi untuk kedalaman skuad.

Saat ini, Leeds menempel ketat Ipswich Town di peringkat kedua. Torehan 86 poin berhasil diperoleh dari 40 laga dengan rincian 26 kemenangan, 8 imbang, dan 6 kekalahan. Rekam jejak Daniel Farke membuat potensi Leeds untuk promosi ke Premier League terbuka lebar. Ia pernah membawa Norwich City naik kasta sebanyak dua kali dengan menjuarai Championship. Dengan jarak poin yang ketat, mereka berpeluang bisa mengambil alih puncak klasemen. 

3. Leicester City konsisten bersaing di papan atas Championship

5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPLLeicester City (twitter.com/LCFC)

Tidak hanya Ipswich Town dan Leeds United yang bersaing menjuarai Championship 2023/2024. Leicester City juga ikut meramaikan persaingan dengan saat ini menempati peringkat ketiga di papan klasemen. The Foxes juga menempel kedua pesaingnya dengan perolehan 85 poin hasil dari 27 kemenangan, 4 imbang, dan 8 kekalahan. 

Leicester City memiliki keuntungan dengan baru memainkan 39 laga. Tim asuhan Enzo Maresca masih menyimpan satu laga dan bisa menyalip kedua pesaingnya jika mampu menang. Peluang ini terbuka mengingat konsistensi yang mereka tunjukkan. Jika ingin promosi langsung ke Premier League, maka kans tersebut harus dimaksimalkan oleh Jamie Vardy cs. 

4. Southampton mengalami penurunan performa jelang akhir musim

5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPLSouthampton (twitter.com/SouthamptonFC)

Southampton mengawali Championship 2023/2024 dengan kompetitif. Hal ini dibuktikan dengan rekor yang diciptakan mereka dengan tidak terkalahkan dalam 22 laga. The Saints membuat pencapaian tersebut mulai pekan ke-9 hingga pekan ke-31. Namun, performa mereka mulai mengendur sejak Bristol City mengakhiri catatan tak terkalahkan itu pada Februari 2024. 

Saat ini, Southampton berada di urutan keempat dengan perolehan 74 poin. Hasil tersebut didapatkan dari 38 kali berlaga dengan rincian 22 kemenangan, 8 imbang, dan 8 kekalahan. Meski terpaut poin cukup jauh dari posisi tiga besar, mereka punya keuntungan dengan menyimpan dua laga. Potensi untuk mendekat terbuka lebar jika mampu menambah enam poin. Walau sulit, peluang untuk promosi ke Premier League tetap ada melalui jalur playoff. 

5. West Bromwich Albion masih punya kesempatan promosi ke Premier League

5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPLWest Bromwich Albion (twitter.com/WBA)

West Bromwich Albion masih mempunyai peluang untuk promosi ke Premier League musim mendatang. Saat ini, The Baggies menduduki peringkat kelima di klasemen Championship 2023/2024. Tim besutan Carlos Corberan sudah mengumpulkan 68 poin dari 40 kali bertanding. Hasil tersebut didapatkan dari 19 kemenangan, 10 imbang, dan 11 kekalahan. 

Meski tidak bisa bersaing di posisi dua teratas untuk promosi otomatis ke Premier League, West Bromwich masih berkesempatan terlibat persaingan di babak playoff. Namun, mereka tak sendiri karena masih ada Norwich City, Coventry City, hingga Preston North End yang membuntuti di bawahnya. The Baggies perlu konsisten untuk mengakhiri musim di enam besar. 

Championship kini tinggal menyisakan enam laga lagi menuju akhir musim. Klub-klub di atas harus mempertahankan konsistensinya agar bisa naik kasta. Nantinya, klub yang mampu juara dan klub yang berada di urutan kedua sebagai runner up akan otomatis promosi ke Premier League 2024/2025. Sementara itu, klub-klub yang finis di posisi ketiga hingga keenam bakal memperebutkan satu slot tersisa melalui jalur playoff. 

Baca Juga: 3 Klub yang Pernah Diperkuat Jude Bellingham, Ada Klub Championship!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya