5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023

Didominasi klub-klub promosi

Bursa transfer musim panas 2023 telah resmi ditutup. Semua klub mendatangkan pemain demi bisa bersaing pada musim kompetisi 2023/2024. Terlebih lagi di English Premier League (EPL). Ajang ini akan mendapatkan banyak sorotan. 

Banyak klub yang mendatangkan pemain untuk menambah kedalaman skuad. Tak hanya 1 atau 2 pemain, beberapa klub merekrut lebih dari 10 nama untuk meningkatkan kualitas. Aktifnya para klub ini bertujuan untuk bisa bersaing secara kompetitif

Siapa saja klub teraktif tersebut? Berikut sederet klub EPL yang paling aktif merekrut pemain pada musim panas 2023.

1. Burnley mendatangkan banyak pemain agar kompetitif usai promosi ke Premier League

5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023Burnley (premierleague.com)

Burnley menjadi klub EPL teraktif pada bursa transfer musim panas 2023. The Clarets mendatangkan 15 pemain ke Turf Moor. Banyaknya para pemain yang direkrut tersebut terjadi sebagai upaya tim agar bisa kompetitif.

Sebagai klub yang baru promosi ke EPL, Burnley menginginkan skuadnya memiliki kedalaman yang bagus. Hal tersebut bertujuan supaya bisa bersaing. Selain itu, statusnya sebagai kampiun Championship 2022/2023 lalu menjadi gengsi tersendiri. 

Sayangnya, Burnley belum bisa berbuat banyak di EPL meski mendatangkan banyak pemain. The Clarets kini terperosok di dasar klasemen setelah tiga kali bertanding. Klub asuhan Vincent Kompany ini belum pernah meraih kemenangan. Evaluasi harus dilakukan agar tim tidak makin terpuruk pada laga-laga selanjutnya.

2. Nottingham Forest memperkuat tim dengan mendatangkan pemain berpengalaman

5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023Nottingham Forest (premierleague.com)

Nottingham Forest kembali melakukan pembelian jor-joran pada bursa transfer. Pada musim panas 2023 kali ini, manajemen merekrut 14 pemain baru. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan bursa transfer musim panas 2022 lalu. Saat itu, mereka mendatangkan 22 pemain setelah promosi ke Premier League 2022/2023. 

Klub yang bermarkas di City Ground ini sudah belajar dari kesalahan pada 2022/2023 lalu. Banyaknya pemain yang direkrut tak membuat mereka tampil kompetitif. Mereka malah mengakhiri musim di posisi 16 klasemen akhir Premier League 2022/2023. Kedatangan pemain pada bursa transfer kali ini lebih matang dan sesuai dengan kebutuhan tim.

Para pemain yang datang pada musim panas 2023 diisi kombinasi nama muda dan berpengalaman. Pemain muda potensial seperti Ibrahim Sangare, Anthony Elanga, hingga Callum Hudson-Odoi direkrut. Sementara, para pemain yang punya pengalaman matang juga direkrut. Sebut saja Divock Origi, Matt Turner, Chris Wood, hingga Gonzalo Montiel. Mereka menjadi tambahan kualitas yang signifikan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala Lini

3. Chelsea melakukan perombakan skuad besar-besaran

5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023Chelsea (premierleague.com)

Pergerakan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023 cukup mengejutkan. The Blues banyak mendatangkan pemain setelah menunjuk Mauricio Pochettino sebagai pelatih anyar. Klub asal London ini merekrut 12 pemain yang didominasi nama-nama muda potensial.

Menariknya, banyak pemain senior dan berpengalaman dilepas Chelsea. Nama-nama seperti Christian Pulisic, Kai Havertz, Mason Mount, hingga Cesar Azpilicueta dilego. The Blues melakukan perombakan skuad besar-besaran dengan mempercayai talenta muda di dalam skuad.

Sederet nama potensial seperti Moises Caicedo, Cole Palmer, hingga Nicolas Jackson didatangkan ke Stamford Bridge. Namun, terdapat juga pemain berpengalaman yang direkrut. Contohnya adalah Christopher Nkunku, Axel Disasi, dan Robert Sanchez. Sayangnya, kiprah The Blues terlihat belum meyakinkan pada empat laga awal Premier League 2023/2024. Mereka baru bisa menang 1 kali dan sudah kalah 2 kali serta seri 1 kali.

4. Luton Town belanja banyak pemain pada musim debutnya di Premier League

5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023Luton Town (premierleague.com)

Luton Town melakoni debut di kompetisi Premier League 2023/2024. Demi tak sekadar mampir, mereka aktif pada bursa transfer musim panas 2023. The Hatters mendatangkan 12 pemain untuk meningkatkan kualitas skuad.

Beberapa pemain yang sudah berpengalaman di Premier League direkrut. Seperti Ross Barkley, Marvelous Nakamba, Albert Sambi Lokonga, hingga Tim Krul. Kedatangan mereka diharapkan bisa membawa Luton Town untuk bermain dengan kompetitif.

Sejauh ini, Luton Town masih belum bisa beradaptasi dengan kompetitifnya kasta sepak bola teratas Inggris ini. Dari tiga laga yang sudah dilakoni, The Hatters belum pernah menang. Mereka menderita kekalahan di laga-laga tersebut dan kini berada di posisi 19 klasemen sementara Premier League.

5. Sheffield United sebagai klub promosi membenahi segala lini

5 Klub EPL yang Paling Aktif Merekrut Pemain pada Musim Panas 2023Sheffield United (premierleague.com)

Sheffield United sama halnya seperti klub-klub promosi lainnya pada bursa transfer musim panas 2023. The Blades merekrut sepuluh pemain anyar untuk meningkatkan kualitas permainan. Mereka tak ingin hanya mampir di Premier League 2023/2024.

Para pemain yang direkrut Sheffield United beberapa di antaranya punya pengalaman bermain di Premier League. Nama-nama seperti Tom Davies, Cameron Archer, dan Luke Thomas menjadi tambahan apik bagi kedalaman skuad. 

Sejauh ini, kedatangan para pemain tersebut berdampak baik bagi Sheffield United. Meski belum meraih kemenangan dalam empat laga awal, The Blades cukup kompetitif. Mereka memperoleh hasil imbang 1 kali dan kalah 3 kali.

Klub-klub di atas banyak mendatangkan pemain sebab ingin bermain kompetitif. Namun, sejauh ini penampilan mereka masih jauh dari kata menjanjikan. Mereka masih mencari bentuk permainan terbaiknya dengan nama-nama baru. Menarik untuk menantikan kiprahnya pada 2023/2024.

Baca Juga: 3 Pemain Akademi Chelsea yang Pergi Permanen pada Musim Panas 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya