5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade Terakhir

Siapa saja?

Real Madrid sukses melangkah ke final setelah menyingkirkan Bayern Munich di semifinal UEFA Champions League (UCL) 2023/2024. Los Blancos lolos ke partai puncak dengan kemenangan agregat 4-3. Keberhasilan ini semakin mengukuhkan mereka sebagai King of UCL.

Dalam sedekade terakhir, Real Madrid mendominasi Liga Champions. Tim ibu kota Spanyol ini sudah lima kali meraih trofi Si Kuping Besar. Saat ini Los Blancos menjadi pemilik gelar juara terbanyak dengan jumlah 14. Musim ini, mereka akan berusaha mendapatkan trofi ke-15.

Kendati digdaya dalam sedekade terakhir, Real Madrid juga pernah gagal. Terdapat empat klub yang mampu menyingkirkan mereka di fase gugur. Siapa saja?

1. Real Madrid takluk dari Juventus di semifinal UCL 2014/2015

5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade TerakhirReal Madrid tersingkir dari Juventus di semifinal Liga Champions 2014/2015. (uefa.com)

Juventus menjadi batu sandungan Real Madrid di Liga Champions 2014/2015. Berstatus sebagai juara bertahan, Los Blancos takluk di semifinal dari wakil Italia ini. Tim yang saat itu dilatih Carlo Ancelotti tersingkir setelah kalah agregat 2-3.

Pada leg pertama yang digelar di Allianz Stadium, Juventus berhasil menang 2-1 atas Real Madrid. Gol dari Alvaro Morata dan Carlos Tevez hanya mampu dibalas Cristiano Ronaldo. Sementara itu, Real Madrid gagal memanfaatkan keuntungan bermain di Santiago Bernabeu usai hanya bermain imbang 1-1 pada leg kedua. Gol Ronaldo sempat membuka asa, tapi tendangan penalti Alvaro Morata memastikan Juventus melaju ke partai final.

2. Ajax Amsterdam singkirkan Real Madrid di babak 16 besar UCL 2018/2019

5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade TerakhirReal Madrid tersingkir dari Ajax Amsterdam di 16 besar Liga Champions 2018/2019. (twitter.com/ChampionsLeague))

Real Madrid menjadi tim terbaik setelah menjuarai Liga Champions 3 edisi beruntun pada 2016–2018. Namun, langkah mereka secara mengejutkan terhenti di babak 16 besar pada 2018/2019. Ajax Amsterdam menjadi penghalang sang juara bertahan melaju lebih jauh.

Pada leg pertama, Real Madrid sejatinya menang 2-1 saat bertandang ke markas Ajax di Johan Cruijff ArenA. Masing-masing gol dari Karim Benzema dan Marco Asensio hanya bisa dibalas Hakim Ziyech. Namun, petaka menghampiri mereka justru ketika bermain di Santiago Bernabeu. Ajax yang saat itu dilatih Erik ten Hag menghajar tuan rumah dengan skor 4-1. Alhasil, Real Madrid tersingkir memalukan dengan kekalahan agregat 3-5.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL, Haaland Masuk Daftar

3. Real Madrid kembali tersingkir di babak 16 besar UCL 2019/2020 usai kalah dari Manchester City

5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade TerakhirReal Madrid tersingkir dari Manchester City di 16 besar Liga Champions 2019/2020. (uefa.com)

Real Madrid kembali harus tersingkir lebih awal di Liga Champions. Pada musim 2020/2021, mereka didepak oleh Manchester City di babak 16 besar. Dalam 2 musim beruntun, Los Blancos gagal ke perempat final akibat inkonsistensi permainan yang kala itu dilatih Zinedine Zidane.

Kekalahan sudah diderita Real Madrid saat bermain di leg pertama. Berlaga di markas sendiri, Manchester City justru menang dengan skor 2-1. Mencetak gol terlebih dahulu melalui Isco, tim tuan rumah kena comeback berkat gol Gabriel Jesus dan penalti Kevin De Bruyne. Pada laga leg kedua, kekalahan dengan skor serupa juga diderita tim ibu kota Spanyol. Los Blancos akhirnya tersingkir usai kalah agregat 2-4 dari tim Manchester Biru.

4. Chelsea mendepak Real Madrid di semifinal UCL 2020/2021

5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade TerakhirReal Madrid tersingkir dari Chelsea di semifinal Liga Champions 2020/2021. (uefa.com)

Pada Liga Champions 2020/2021, Real Madrid berhasil melaju jauh hingga ke semifinal. Sayangnya, Chelsea menjadi batu sandungan mereka. Los Blancos tersingkir dari The Blues yang tampil sensasional bersama Thomas Tuchel.

Real Madrid sejatinya memiliki keuntungan dengan bermain di Santiago Bernabeu pada leg pertama. Namun, mereka hanya bisa bermain imbang 1-1. Sementara pada leg kedua, Chelsea berhasil menang di Stamford Bridge dengan skor 2-0. Gol dari Timo Werner dan Mason Mount mengantarkan tim asal London ini ke partai final dengan kemenangan agregat 3-1.

5. Manchester City menjadi momok yang singkirkan Real Madrid di semifinal UCL 2022/2023

5 Klub yang Kalahkan Real Madrid di Fase Gugur UCL Sedekade TerakhirReal Madrid tersingkir dari Manchester City di semifinal Liga Champions 2022/2023. (uefa.com)

Real Madrid berstatus sebagai juara bertahan di Liga Champions 2022/2023. Pasukan Carlo Ancelotti mampu melangkah ke semifinal. Namun, Manchester City menjadi momok yang meredam Los Blancos. Mereka terdepak setelah kalah agregat dengan skor 1-5.

Pada leg pertama yang dihelat di Santiago Bernabeu, duel berakhir imbang 1-1. Gol Vinicius Junior mampu dibalas Kevin De Bruyne. Namun, Real Madrid tak berkutik kala melawat ke Etihad Stadium pada leg kedua. Manchester City menghajar sang juara bertahan dengan skor 4-0 via brace Bernardo Silva serta masing-masing satu gol Manuel Akanji dan Julian Alvarez.

Kegagalan-kegagalan di atas tidak membuat Real Madrid kehilangan statusnya sebagai tim kuat. Kini, skuad asuhan Carlo Ancelotti siap kembali mengukir sejarah dengan meraih trofi Liga Champions ke-15. Borussia Dortmund akan menjadi lawan yang harus dikalahkan di partai final nanti. Mampukah Real Madrid meraih juara lagi pada musim 2023/2024?

Baca Juga: 4 Legenda Real Madrid yang Mengoleksi 150 Penampilan dalam Sejarah UCL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya