4 Klub dengan Koleksi Gelar Juara Piala Super Italia Terbanyak

Inter Milan baru saja menjuarai Piala Super Italia 2024

Inter Milan berhasil keluar sebagai juara Piala Super Italia 2024 usai menumbangkan perlawanan sengit Napoli. Pada partai yang dihelat di Al-Awwal Stadium, Arab Saudi, Selasa (23/1/2024), I Nerazzurri menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Lautaro Martinez pada injury time babak kedua memastikan gelar juara bagi tim besutan Simone Inzaghi. 

Gelar juara Piala Super Italia 2024 ini merupakan yang ketiga kalinya secara beruntun direngkuh oleh Inter Milan. Dominasi yang ditunjukkan I Nerazzurri ini membuat koleksi di lemari trofi mereka akhirnya bertambah. Edisi kali ini merupakan gelar kedelepan yang mereka raih.

Berkat raihan Piala Super Italia 2024, Inter Milan masuk ke jajaran klub dengan peraih gelar juara terbanyak. Lantas, siapa lagi klub yang paling banyak mengoleksi gelar juara ajang ini?

1. Juventus menjadi yang terbanyak dengan sembilan kali menangi Piala Super Italia

4 Klub dengan Koleksi Gelar Juara Piala Super Italia TerbanyakJuventus (twitter.com/juventusfc)

Juventus merupakan pemilik gelar juara terbanyak Piala Super Italia. I Bianconeri sudah mempunyai sembilan trofi. Jumlah raihan juara ini diperoleh dengan rincian memainkan 17 laga, di mana 8 di antaranya Si Nyonya Tua harus puas hanya sebagai runner-up.

Terakhir kali Juventus menjuarai Piala Super Italia terjadi pada edisi 2021. I Bianconeri menjadi juara saat dilatih Andrea Pirlo. Saat itu, mereka mampu mengalahkan Napoli dengan skor 2-0. Gol-gol Juventus dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata. 

Baca Juga: 4 Pelatih dengan Gelar Juara Piala Super Italia Terbanyak

2. Inter Milan baru saja menjuarai Piala Super Italia yang kedelapan

4 Klub dengan Koleksi Gelar Juara Piala Super Italia TerbanyakInter Milan (inter.it)

Inter Milan menambah koleksi gelar juara Piala Super Italia menjadi delapan. Mereka berhasil menumbangkan Napoli dengan skor 1-0. Satu-satunya gol pada laga ini dicetak oleh Lautaro Martinez di pengujung laga pada menit ke-90+1.

Koleksi 8 Piala Super Italia tersebut diperoleh Inter Milan dari 12 kali berlaga. Gelar juara yang diperoleh pada 2024 ini merupakan hattrick alias ketiga kalinya dalam 3 tahun terakhir. Sebelumnya, I Nerazzuri sudah menjuarainya pada edisi 2022 dan 2023. 

Khusus bagi Simone Inzaghi, gelar juara ini merupakan yang kelima sepanjang karier kepelatihannya. Sebelum mengantarkan Inter Milan meraih 3 trofi, ia sudah terlebih dahulu meraih juara bersama Lazio sebanyak 2 kali. Hal ini membuatnya menjadi pelatih dengan koleksi gelar terbanyak Piala Super Italia sejumlah lima trofi. 

3. AC Milan mempunyai koleksi tujuh Piala Super Italia

4 Klub dengan Koleksi Gelar Juara Piala Super Italia TerbanyakAC Milan (acmilan.com)

AC Milan menduduki urutan ketiga sebagai klub dengan koleksi gelar juara Piala Super Italia terbanyak. I Rossoneri memiliki tujuh trofi sepanjang keikutsertannya di turnamen ini. Si Merah-Hitam mendapatkan jumlah trofi tersebut dari 12 kali bermain. 

Piala Super Italia 2016 merupakan edisi terakhir yang dimenangi AC Milan dengan pelatih Vincenzo Montella. Saat itu, mereka menghadapi Juventus dengan susah payah. Skor 1-1 menghiasai waktu normal dan babak perpanjangan waktu sehingga pemenang ditentukan melalui adu penalti. I Rossoneri berhasil membekuk I Bianconeri dengan skor akhir 4-3. 

4. Lazio sudah menjuarai Piala Super Italia sebanyak lima kali

4 Klub dengan Koleksi Gelar Juara Piala Super Italia TerbanyakLazio (twitter.com/OfficialSSLazio)

Lazio menjadi klub keempat yang mempunyai Piala Super Italia terbanyak. I Bianconcelesti memiliki koleksi berjumlah lima Piala Super Italia. Tim Elang Ibu Kota berlaga sebanyak delapan kali untuk mendapatkan jumlah trofi tersebut. 

Edisi 2019 menjadi terakhir kali Lazio menjuarai Piala Super Italia. Mereka keluar sebagai pemenang usai membekuk perlawanan Juventus dengan skor 3-1. Gol-gol kemenangan tersebut dihasilkan oleh Luis Alberto, Senad Lulic, dan Danilo Cataldi. Sementara itu, satu-satunya gol balasan dicetak Paulo Dybala. 

Klub-klub di atas mempunyai catatan mentereng di ajang Piala Super Italia. Inter Milan sebagai juara terbaru berpotensi menyamai rekor trofi yang dimiliki Juventus. Dominasi yang ditunjukkan I Nerazzurri dalam beberapa musim terakhir membuat kesempatan tersebut terbuka lebar. 

Baca Juga: 4 Pencetak Gol Inter Milan dalam 3 Laga Final Piala Super Italia

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya