5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United Terfavorit

Jadi buruan usai Southampton terdegradasi

Southampton menjadi tim pertama yang harus terdegradasi dari English Premier League (EPL) 2022/2023. Turunnya klub berjuluk The Saints dari ajang teratas sepak bola Inggris ini menjadi kekecewaan tersendiri. Sejumlah pemain mulai dikabarkan bakal hengkang saat bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pemain bintang yang ada di Southampton. Para pemain tentu akan berpikir dua kali untuk bermain di kasta kedua liga Inggris. Salah satu pemain yang jadi sorotan adalah sang kapten, yaitu James Ward-Prowse. Sang pemain merupakan lulusan akademi Southampton dan menjadi gelandang andalan dalam beberapa musim terakhir.

Dengan degradasinya Southampton, James Ward-Prowse kini menjadi komoditas panas. Kemampuan dan kualitas yang dimiliki olehnya membuat banyak tim berniat merekrutnya. Berikut lima tim yang bisa jadi tujuan potensial James Ward-Prowse.

1. Manchester United

5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United Terfavoritselebrasi para pemain Manchester United (premierleague.com)

Manchester United menjadi tim yang difavoritkan untuk mendatangkan James Ward-Prowse. Pihak The Red Devils tengah mengincar sejumlah gelandang yang bakal dibeli pada bursa transfer musim panas 2023. Hal ini bertujuan untuk menambah kualitas skuad di lini tengah untuk mengarungi musim baru.

Pemain sekelas Ward-Prowse dianggap cocok dengan skema yang dimiliki oleh pelatih Erik ten Hag. Juru taktik asal Belanda tersebut berkeinginan untuk membawa gelandang berpengalaman ke Old Trafford. Keinginan tersebut sebagai bagian dari ambisinya bersama Manchester United demi bisa meraih berbagai gelar bergengsi.

2. Liverpool

5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United TerfavoritLiverpool (premierleague.com)

Liverpool tengah bersiap untuk menghadapi keluarnya pemain secara bersamaan pada bursa transfer musim panas 2023. Terkhususnya di posisi gelandang, setidaknya akan ada empat pemain tengah yang habis kontraknya per Juni nanti. Kehilangan sejumlah pemain tersebut menjadi kesempatan The Reds untuk merombak skuad besar-besaran.

Tim asal Merseyside itu dilaporkan bakal membeli 2 hingga 3 gelandang anyar. James Ward-Prowse bisa menjadi opsi yang menjanjikan. Degradasinya Southampton bisa menjadi pemulus negosiasi dengan jaminan bermain di level kompetisi teratas. Kehadirannya bisa menambah kualitas di kubu asuhan Juergen Klopp.

Baca Juga: Terdegradasi, 5 Pemain Southampton Ini Potensi Laris di Bursa Transfer

3. Tottenham Hotspur

5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United TerfavoritTottenham Hotspur (premierleague.com)

Tottenham Hotspur berniat untuk membeli gelandang anyar usai menjalani musim 2022/2023 dengan inkonsistensi. James Ward-Prowse dianggap sebagai sosok tepat untuk mengisi posisi gelandang di skuad The Lilywhites. Terlebih lagi, sejumlah pemain Timnas Inggris membela Spurs seperti Harry Kane dan Eric Dier. Hal tersebut bisa menjadi keuntungan tim asal London Utara itu untuk mendapatkan jasa Ward-Prowse berkat bujukan rekan senegara.

Keputusan James Ward-Prowse untuk pindah ke Spurs bergantung kepada siapa pelatih tim pada musim baru nanti. Pasalnya, sejak berpisah dengan Antonio Conte, Spurs belum menunjuk pelatih permanen untuk mengarungi musim baru. Hal ini bisa menjadi kesulitan tersendiri untuk mendapatkan tanda tangan Ward-Prowse.

4. Newcastle United

5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United TerfavoritNewcastle United (premierleague.com)

Newcastle United menjadi salah satu kekuatan baru pada musim 2022/2023. The Magpies menjelma sebagai tim yang bersaing di papan atas Premier League memperebutkan zona Eropa. Dengan kompetisi yang menyisakan beberapa pertandingan lagi, Newcastle United ingin berbenah untuk musim baru.

Klub dengan warna khas hitam putih ini akan menjalani kompetisi Eropa di musim depan. James Word-Prowse akan menjadi tambahan sempurna bagi kreativitas lini tengah Newcastle. Pengalamannya di level tinggi sepak bola bisa menambah daya gedor serangan tim untuk bermain dengan kompetitif di berbagai ajang.

5. West Ham United

5 Klub Berpotensi Gaet James Ward-Prowse, Manchester United TerfavoritWest Ham United (premierleague.com)

West Ham menjadi tim terakhir yang menyatakan minat untuk memboyong James Ward-Prowse. Tim asuhan David Moyes ini memang belum pasti bertahan di Premier League, tetapi masih berpeluang besar untuk tidak terdegradasi. The Hammers bisa menjadi tim penampung Ward-Prowse jika memilih pergi dari Southampton.

West Ham kemungkinan besar bakal kehilangan Declan Rice pada musim panas 2023 nanti. Sang kapten menjadi buruan sejumlah tim besar Premier League. Arsenal, Manchester United, hingga Manchester City mulai mendekatinya. Kehadiran Ward-Prowse bisa menjadi pengganti yang cocok bagi lini tengah West Ham yang ditinggal Declan Rice.

Dari kelima tim di atas, salah satu hal yang harus dipastikan adalah keinginan James Ward-Prowse sendiri. Hal tersebut disebabkan oleh kesetiaan sang kapten terhadap Southampton yang sudah dibelanya sejak usia muda. Tim-tim yang berniat membelinya harus bersusah payah memberikan tawaran untuk berebut tanda tangannya dari Southampton. Berada di tim manakah James Ward-Prowse nanti? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya