Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024

Goncalo Inacio jadi andalan

Sporting CP menunjukkan penampilan yang konsisten pada 2023/2024. Tim besutan Ruben Amorim ini mampu kompetitif di berbagai ajang. Khusus di Primeira Liga Portugal, mereka bersaing ketat dengan Benfica dalam perebutan gelar juara.

Faktor konsistensi Sporting CP tidak terlepas dari meratanya kualitas pemain di tiap lini. Salah satu peran vital di dalam tim adalah lini pertahanan. Khusus di posisi bek tengah, terdapat enam pemain yang bertugas. Bagaimana kontribusi mereka hingga paruh musim 2023/2024?

1. Goncalo Inacio menjadi pemain yang paling diandalkan

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Goncalo Inacio (instagram.com/sportingcp)

Goncalo Inacio merupakan sosok tak tergantikan di lini pertahanan Sporting CP. Pemain berusia 22 tahun ini sudah menjadi andalan sejak promosi dari akademi pada 2020 lalu. Ia berkembang menjdi salah satu bek elite berkat penampilan kokohnya.

Hingga paruh musim 2023/2024, Inacio sudah tampil sebanyak 34 kali. Ia juga menyumbang 4 gol dan 1 assist. Kualitasnya sebagai bek muda membuatnya menjadi incaran klub-klub Eropa pada dua jendela bursa transfer terakhir. Namun, ia memilih bertahan untuk membawa Sporting CP kompetitif dan bersaing memperebutkan gelar juara di berbagai ajang.

2. Sebastien Coates berperan penting sebagai kapten tim yang memberi komando dari lini pertahanan

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Sebastian Coates (instagram.com/sebastiancoates16)

Sebastian Coates mengemban tugas penting sebagai kapten Sporting CP. Sosoknya yang berpengalaman dan vokal membuatnya dipercaya menjalani peran tersebut. Kualitasnya sebagai bek veteran yang berkualitas menjadikannya diandalkan di posisi bek tengah.

Sejauh ini, bek berpaspor Uruguay ini sudah diturunkan dalam 28 pertandingan. Coates cukup produktif dengan total mengemas 5 gol dan 2 assist. Peran pentingnya dalam mengomandai lini pertahanan membuat Sporting CP bisa tampil kokoh berkat keberadaannya.

3. Ousmane Diomande sempat absen untuk membela Timnas Pantai Gading di Piala Afrika 2023

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Ousmane Diomande (instagram.com/ousdiomande)

Ousmane Diomande menjalani musim penuh perdananya bersama Sporting CP pada 2023/2024. Ia datang ke Portugal pada Januari 2023 usai direkrut dari klub Denmark, Midtjylland. Penampilannya sebagai bek berusia 20 tahun terlihat menjanjikan.

Bek bertinggi 190 cm ini mampu tampil apik dalam 22 laga yang sudah dijalaninya. Sempat absen untuk membela Timnas Pantai Gading, ia membuktikan kualitasnya dengan mengantarkan negaranya menjuarai Piala Afrika 2023. Hal ini akan membawa semangat baru baginya untuk berkembang lebih baik lagi dan berkontribusi maksimal bersama Sporting CP.

Baca Juga: 5 Pemain Sporting CP Musim 2023/2024 Berusia di Atas 30 Tahun

4. Eduardo Quaresma baru kembali dari masa peminjaman

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Eduardo Quaresma (instagram.com/eduardo_edu_72)

Eduardo Quaresma baru saja kembali dari masa peminjaman. Pada 2022/2023, ia dipinjamkan ke TSG Hoffehheim untuk menambah pengalaman. Meski tampil kurang maksimal bersama klub Jerman tersebut, Sporting CP memberinya kesempatan pada 2023/2024.

Kesempatan tersebut dibayarkan dengan cukup baik oleh Quaresma. Sejauh ini, ia sudah dimainkan dalam 16 laga di semua ajang. Meski sebagian besar turun dari bangku cadangan, hal ini menjadi kesempatannya untuk berkembang. Terlebih sebagai pemain muda, ia mempunyai potensi yang bisa dikeluarkan agar dapat menjadi bek papan atas.

5. Kiprah Jerry St. Juste terhalang cedera pada awal musim

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Jerry St.Juste (instagram.com/jeremiahstjuste)

Kiprah Jerry St. Juste terhalang cedera yang membuatnya belum banyak bermain. Masalah otot yang dideritanya pada April 2023 baru sembuh pada Oktober 2023. Setelah itu, ia diturunkan dalam delapan laga dengan didominasi dari bangku cadangan.

Sayangnya, Juste menderita cedera ankle dan absen kembali selama 2 bulan. Setelah pulih, hanya berselang seminggu, kakinya mengalami masalah. Pemain asal Belanda ini baru sembuh pada pertengahan Februari 2024. Kini, ia siap berlaga lagi bersama Sporting CP.

6. Luis Neto berperan sebagai sosok penting di dalam dan luar lapangan

Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024Luis Neto (twitter.com/SportingCP)

Luis Neto tidak banyak dimainkan pada 2023/2024. Bek berusia 35 tahun ini lebih sering menghuni bangku cadangan. Meski sudah berada di Sporting CP sejak 2019, ia banyak berguna di luar lapangan. Sosoknya yang berpengalaman membantu para pemain muda berkembang.

Pemain asal Portugal ini baru turun bermain sebanyak 14 kali. Jumlah penampilannya ini banyak datang sebagai pemain pengganti. Meski demikian, kehadirannya menambah kedalaman skuad bagi Sporting CP berkat pengalaman bermainnya.

Para pemain di atas mempunyai peran pentingnya masing-masing. Meski tak semuanya menjadi andalan, kedalaman skuad berguna untuk bisa kompetitif. Musim 2023/2024, para pemain tersebut berpotensi menghadirkan gelar juara untuk Sporting CP yang sedang bersaing di berbagai ajang.

Baca Juga: Performa 6 Penyerang Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya