Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024

Beberapa di antaranya jadi andalan

Atletico Madrid tampil konsisten di berbagai ajang pada 2023/2024. Los Rojiblancos masih bersaing di papan atas LaLiga Spanyol. Sementara itu, mereka juga bakal berpartisipasi pada babak 16 besar Liga Champions Eropa. 

Tim besutan Diego Simeone ini mempunyai kekompakan satu sama lain sehingga bisa kompetitif. Salah satu faktor di balik konsistensi yang ditunjukkan ini berkat kedalaman skuad yang mumpuni, khususnya di pos lini tengah. Atletico Madrid mempunyai banyak stok gelandang yang mampu berkontribusi dengan baik pada tiap laganya.

Atletico Madrid tercatat memiliki enam gelandang. Siapa saja dan seperti apa performa mereka hingga paruh musim 2023/2024? Simak ulasannya berikut ini!

1. Rodrigo De Paul berperan sebagai jenderal lapangan tengah Atletico Madrid

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Rodrigo De Paul (instagram.com/rodridepaul)

Rodrigo De Paul merupakan sosok vital di Atletico Madrid. Didatangkan pada musim panas 2021 lalu dari Udinese, sosok berusia 29 tahun ini memberikan nyawa baru di permainan tim. Ia berhasil menjalankan peran dengan baik sebagai jenderal lapangan tengah.

Gelandang berpaspor Argentina ini sudah melakoni 22 pertandingan hingga paruh musim 2023/2024. Berkat permainannya yang spartan, ia bisa menjaga skema permainan tim tetap berjalan. De Paul juga membantu produktivitas gol tim dengan menghasilkan lima assist.

2. Saul Niguez menjaga stabilitas permainan sebagai gelandang tengah

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Saul Niguez (twitter.com/saulniguez)

Saul Niguez adalah salah satu pemain senior yang ada di Atletico Madrid. Ia merupakan jebolan akademi yang berhasil menembus tim utama sejak 2012 lalu. Debutnya juga terjadi pada usia yang masih muda, yakni 17 tahun.

Seiring waktu, Saul menunjukkan kemampuannya sebagai gelandang berkualitas. Meski sempat dipinjamkan ke Chelsea pada 2021/2022, ia kembali ke Atletico Madrid dan menyegel tempat utama lagi. Sejauh ini, ia menjadi pemain yang paling sering dimainkan dengan jumlah 27 penampilan. Ia juga berhasil membuat 1 gol dan menciptakan 5 assist.

3. Koke mengomandoi permainan dari lini tengah sebagai kapten tim

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Koke (twitter.com/Koke6)

Selain Saul Niguez, ada nama Koke yang juga menjadi sosok senior di Atletico Madrid. Ia bahkan sudah berseragam Los Rojiblancos sejak akademi saat usianya masih 6 tahun. Hingga saat ini, ia masih loyal bersama tim ibu kota dan mengemban tugas sebagai kapten tim.

Perannya sebagai kapten tim ini membuatnya mengomandai jalannya permainan di atas lapangan. Sejauh ini, ia sudah berkontribusi dalam 23 pertandingan di berbagai ajang. Berkat kualitasnya yang matang, ia membantu Atletico Madrid tampil kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Atletico Madrid dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023/2024

4. Thomas Lemar harus mengakhiri musim 2023/2024 lebih cepat akibat cedera

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Thomas Lemar (instagram.com/thom_lemar27)

Thomas Lemar tak bisa berkontribusi lagi bersama Atletico Madrid pada 2023/2024. Pemain 29 tahun ini mengalami robek tendon Achiles pada kaki kanannya. Cedera tersebut terjadi saat melawan Valencia pada 17 September 2023. 

Akibat cedera tersebut, Lemar harus naik ke meja operasi. Ia terpaksa harus mengakhiri musim lebih cepat untuk menjalani pemulihan. Pemain asal Prancis ini baru mencatatkan tiga kali penampilan bersama Atletico Madrid.

5. Pablo Barrios merupakan gelandang muda potensial

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Pablo Barrios (instagram.com/pablobarrios7)

Pablo Barrios adalah jebolan akademi Atletico Madrid yang promosi pada Januari 2023 lalu. Ia merupakan salah satu gelandang potensial. Penampilannya terlihat menonjol sehingga naik ke tim utama saat usianya 19 tahun. 

Statusnya sebagai pemain muda membuat Barrios kerap berada di bangku cadangan. Hingga paruh musim 2023/2024, ia baru bermain sebanyak 12 kali. Namun, ia bisa mengembangkan kemampuannya. Terlebih lagi, ia berada dalam skuad yang penuh dengan pengalaman. Hal itu dapat membuat kualitasnya bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

6. Marcos Llorente menjadi gelandang serbabisa Atletico Madrid

Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024Marcos Llorente (twitter.com/Atleti)

Marcos Llorente dikenal sebagai sosok pemain serbabisa di Atletico Madrid. Berposisi asli gelandang tengah, ia juga bisa mengisi peran sebagai gelandang serang dan gelandang sayap kanan. Hal ini menjadi salah satu kelebihannya sehingga terus diandalkan. 

Pemain berusia 28 tahun ini reguler bermain pada 2023/2024. Llorente sudah tampil dalam 26 pertandingan di berbagai ajang. Ia juga berhasil menunjukkan produktivitasnya melalui torehan 3 gol dan 5 assist bagi Atletico Madrid. 

Para pemain di atas merupakan bagian penting permainan tim. Peran mereka di lini tengah menjadi penghubung antara lini pertahanan dan penyerangan. Meski tak semuanya bisa maksimal, kedalaman skuad di pos gelandang mampu membuat Atletico Madrid kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Jebolan Akademi Atletico Madrid di Skuad 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya