3 Kuda Hitam yang Kalahkan Unggulan di Matchday Kedua UCL 2023/2024

Newcastle United beri kejutan

Matchday kedua fase grup UEFA Champions League (UCL) 2023/2024 banyak menghadirkan kejutan. Sejumlah tim kuda hitam berhasil memperoleh kemenangan. Hebatnya, beberapa di antaranya mendapatkan tiga poin setelah menumbangkan tim unggulan. 

Siapa saja mereka? Berikut tiga tim kuda hitam yang sukses meraih kemenangan usai membekuk tim unggulan di matchday kedua UCL 2023/2024.

1. RC Lens menumbangkan Arsenal berkat dukungan suporter yang tanpa henti

3 Kuda Hitam yang Kalahkan Unggulan di Matchday Kedua UCL 2023/2024Selebrasi para pemain RC Lens usai mencetak gol ke gawang Arsenal. (twitter.com/RCLens)

Pertandingan sengit tersaji ketika RC Lens menerima lawatan Arsenal pada partai kedua Grup B. Mentas di Stade Bollaert-Delelis, tim tuan rumah bermain dengan tertekan. Para suporter mendadak terdiam ketika The Gunners mencetak gol pada menit 14 melalui Gabriel Jesus.

Setelah tertinggal, RC Lens mencoba keluar dari tekanan Arsenal. Berkat dukungan suporter, Les Sang et Or berhasil menyamakan skor lewat gol yang dicetak Adrien Thomasson pada menit 25. Skor 1-1 kemudian bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua, laga berjalan ketat dengan saling jual beli serangan. Arsenal yang tetap mendominasi laga kesulitan menembus solidnya pertahanan tim tuan rumah. RC Lens justru mampu membuat gol pada menit 69 melalui Elye Wahi. Skor 2-1 berhasil dipertahankan hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini merupakan yang pertama bagi RC Lens pada fase grup UCL 2023/2024. Tambahan tiga poin membuat harapan tim untuk lolos ke fase gugur terbuka lebar. Catatan ini juga membuat Les Sang et Or menciptakan statistik apik. Mereka hanya kalah sekali dari 17 pertandingan kandang di semua level kompetisi Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Debutan UCL 2023/2024 yang Langsung Cetak Gol

2. Galatasaray mempermalukan Manchester United di Old Trafford

3 Kuda Hitam yang Kalahkan Unggulan di Matchday Kedua UCL 2023/2024Selebrasi para pemain Galatasaray usai mengalahkan Manchester United. (twitter.com/Galatasaray)

Duel sarat gengsi mempertemukan Manchester United dengan Galatasaray pada pertandingan kedua fase Grup A. Bermain di Old Trafford, klub asal Turki ini sukses mempermalukan tim tuan rumah. Cimbom Aslan mampu mengalahkan The Red Devils lewat skor 3-2. 

Pertarungan kedua tim sejatinya berjalan dengan sengit. Baik Manchester United maupun Galatasaray mampu bermain dengan baik. The Red Devils membuka gol terlebih dahulu melalui Rasmus Hojlund pada menit 17. Tak berselang lama, tim tamu membalas lewat Wilfired Zaha sekitar 6 menit kemudian. Babak pertama ditutup dengan skor sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, Rasmus Hojlund kembali membuat gol untuk Manchester United pada menit 67. Namun, Galatasaray mampu membalas lewat dua gol langsung melalui Muhammed Kerem Aktuerkoglu dan Mauro Icardi. Skor 3-2 kemudian bertahan hingga laga berakhir. 

Bagi Manchester United, hasil ini membuat mereka terpuruk di dasar klasemen setelah dua kali kalah beruntun. Hal tersebut membuat peluang mereka lolos dari fase grup mengecil. Sementara, Galatasaray merangsek ke peringkat dua dengan perolehan empat poin, di bawah Bayern Munich yang memuncaki klasemen Grup A.

3. Newcastle United membantai Paris Saint-Germain tanpa ampun

3 Kuda Hitam yang Kalahkan Unggulan di Matchday Kedua UCL 2023/2024Selebrasi para pemain Newcastle United usai mengalahkan Paris Saint-Germain. (twitter.com/NUFC)

Pertandingan paling mengejutkan terjadi saat Newcastle United menerima kunjungan Paris Saint-Germain. Duel sesama penghuni Grup F ini berlangsung di St James' Park. Jika dilihat dari komposisi dan kualitas pemain, maka Les Parisiens tentu diunggulkan pada laga ini. Namun, The Magpies tampil sensasional dengan menumbangkan sang tamu lewat skor telak 4-1.

Newcastle United, yang baru mentas kembali di UCL setelah absen selama 20 tahun, bermain tanpa beban. Hal itu yang membuat The Magpies bisa tampil lepas di atas lapangan. Pada babak pertama, mereka sudah unggul 2-0 lewat gol dari Miguel Almiron dan Dan Burn. 

Babak kedua berjalan 5 menit, Newcastle United memperlebar jarak setelah Sean Longstaff mencetak gol ketiga. PSG sempat memperkecil kedudukan melalui gol Lucas Hernandez. Alih-alih berusaha menyamakan skor, Kylian Mbappe cs justru kebobolan pada pengujung laga lewat Fabian Schar. Gol ini sekaligus memastikan The Magpies menang 4-1 atas Les Parisiens.

UEFA Champions League selalu menyajikan keseruan pada tiap musimnya. Meski ajang pada 2023/2024 ini baru menyelesaikan matchday kedua, sudah banyak hal yang tidak terprediksi seperti laga-laga di atas. Akankah ada kejutan lagi yang tercipta? Patut dinantikan!

Baca Juga: 5 Klub yang Belum Meraih Poin hingga Matchday Kedua UCL 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya