5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier League

Keduanya akan bertemu pada pekan ke-32

Duel bertajuk North West Derby akan tersaji pada lanjutan pekan ke-32 English Premier League 2023/2024. Liverpool bakal mengunjungi markas Manchester United di Old Trafford. Pertarungan sarat gengsi ini dihelat pada Minggu (7/4/2024) pukul 21:30 WIB. 

Jika melihat penampilan kedua tim akhir-akhir ini, maka terlihat sangat jomplang. Liverpool datang ke Old Trafford dengan modal konsistensi. Sementara itu, Manchester United baru saja menderita kekalahan dari Chelsea. Pada sepanjang musim, tim besutan Erik ten Hag juga kesulitan bersaing di empat besar klasemen dan kerap mengalami naik turun performa.

Kendati demikian, duel sarat gengsi ini seringkali menghadirkan kejutan. Lalu, seperti apa pertemuan kedua tim ketika berlaga di Old Trafford? Begini lima kunjungan terakhir Liverpool ke markas Manchester United per 6 April 2024.

1. Manchester United dan Liverpool bermain imbang tanpa gol pada 2018/2019

5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier LeagueManchester United melawan Liverpool di Premier League 2018/2019. (premierleague.com)

Liverpool menyambangi markas Manchester United pada pekan ke-27 Premier League 2018/2019. Pada pertandingan ini, duel berakhir antiklimaks. Kedua tim berbagai satu poin usai hasil imbang tanpa gol pada laga yang dihelat di Old Trafford ini. 

Bertindak sebagai tim tamu, Liverpool mendominasi jalannya permainan. Pada musim ini, pasukan Juergen Klopp bersaing dalam perebutan titel juara. Solidnya lini pertahanan Manchester United membuat Mohamed Salah dkk frustrasi. Alhasil, laga ini berakhir seri.

2. Pada 2019/2020, Manchester United mampu menahan imbang Liverpool

5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier LeagueManchester United melawan Liverpool di Premier League 2019/2020. (premierleague.com)

Pekan kesembilan Premier League 2019/2020 mempertemukan Manchester United dengan Liverpool. Duel ini dinilai bakal dengan mudah dimenangkan anak-anak asuhan Juergen Klopp. Pasalnya, saat itu mereka mencatatkan delapan kemenangan beruntun pada awal musim. 

Di luar dugaan, Liverpool hampir mengalami kekalahan. Mendominasi jalannya laga sejak awal, Manchester United mengejutkan dengan mencetak gol melalui Marcus Rashford pada menit ke-35. Setelah tertinggal, Liverpool terus melanacarkan serangan. Adam Lallana tampil sebagai penyelemata dengan membuat gol pada menit ke-85 sekaligus memastikan The Reds pulang dari Old Trafford dengan satu poin usai hasil imbang 1-1.

Baca Juga: Jelang Man United vs Liverpool pada Pekan 32 Premier League 2023/2024

3. Pada 2020/2021, Liverpool tumbangkan Manchester United dengan skor 4-2

5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier LeagueManchester United melawan Liverpool di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Manchester United menjamu Liverpool pada pekan ke-35 Premier League 2020/2021. Pada musim ini, skuad Setan Merah asuhan Ole Gunnar Solskjaer tampil lebih baik sebab mampu bersaing memperebutkan gelar juara. Sementara itu, Mohamed Salah cs dihantam badai cedera sehingga mengalami inkonsistensi dan susah payah menembus empat besar. 

Secara mengejutkan, Liverpool justru tampil menggila di Old Trafford. Tim besutan Juergen Klopp mengalahkan sang rival dengan skor 4-2. Gelontoran gol tersebut diciptakan melalui Diogo Jota, Mohamed Salah, dan brace Roberto Firmino. Adapun, Manchester United hanya bisa membuat gol lewat Bruno Fernandes dan Marcus Rashford. 

4. Hattrick Mohamed Salah bawa Liverpool pesta gol di markas Manchester United pada 2021/2022

5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier LeagueManchester United melawan Liverpool di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Setelah musim yang sulit, Liverpool kembali kompetitif di Premier League 2021/2022. Manchester United menjadi lawan tangguh yang dihadapi pada pekan kesembilan. Tim asuhan Juergen Klopp tampil tak terbendung dan mampu berpesta gol di Old Trafford dengan skor 5-0. 

Dominasi yang ditunjukkan Liverpool sudah terlihat ketika Naby Keita mencetak gol saat laga baru berjalan 5 menit. Berselang 8 menit, Diogo Jota membuat gol untuk menggandakan skor. Sorotan di laga ini tertuju kepada Mohamed Salah. Winger asal Mesir ini menjadi bintang lapangan usai sukses mencetak hattrick ke gawang Manchester United. 

5. Manchester United berhasil mengalahkan Liverpool pada 2022/2023

5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier LeagueManchester United melawan Liverpool di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Musim 2022/2023, Manchester United membalas kekalahan dari Liverpool. Bermain pada pekan ketiga, mereka ditangani manajer baru, yakni Erik ten Hag. Sempat diragukan usai mengalami dua kekalahan pada awal musim, mereka bisa mengalahkan sang rival. 

Old Trafford bersorak ketika laga berjalan 16 menit. Lesakan Jadon Sancho berbuah gol usai memperdaya beberapa pemain di dalam kotak penalti Liverpool. Marcus Rashford kemudian memperlebar skor saat babak kedua memasuki menit ke-53. Liverpool tak berdaya dengan hanya membuat satu gol pada pengujung laga melalui Mohamed Salah. 

Jika melihat riwayat pertemuan di atas, maka Liverpool mampu memenangi dua laga ketika bertandang ke Old Trafford. Sisanya, mereka menderita 1 kekalahan dan 2 imbang. Sebelumnya, pada pertemuan perdana di Premier League 2023/2024, keduanya bermain seri tanpa gol.

Namun, Liverpool punya catatan buruk pada musim ini ketika berlaga di Old Trafford pada perempat final Piala FA. Pasukan Juergen Klopp disingkirkan secara menyakitkan melalui skor 4-3 usai bermain selama 120 menit. Jika hal ini tak ingin terulang, maka mereka harus waspada. Duel kali ini diprediksi bakal berlangsung sengit dengan gengsi yang tinggi bagi kedua tim. 

Baca Juga: Erik ten Hag Tidak Ingin Dipecat Manchester United

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya