6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver Glasner

Masih belum konsisten

Crystal Palace mengalami inkonsistensi pada musim 2023/2024. Klub asal London ini kesulitan bersaing di kompetisi English Premier League. Roy Hodgson yang menjalani periode keduanya melatih klub memutuskan mundur pada 19 Februari 2024. Faktor kesehatan menjadi alasan utama manajer berusia 76 tahun tersebut melepas jabatan di kursi kepelatihan. 

Sehari berselang, Crystal Palace segera menunjuk Oliver Glasner sebagai suksesor. Manajer berpaspor Austria ini memiliki rekam jejak yang cukup apik. Sebelumnya, ia melatih Eintracht Frankfurt selama 2 musim dan mampu mempersembahkan trofi Liga Europa pada 2022/2023. Penunjukkannya diharapkan membawa The Eagles bangkit di Premier League. 

Seperti apa kiprah Oliver Glasner dalam enam pertandingan awal bersama Crystal Palace? Simak ulasannya berikut!

1. Debut Oliver Glasner diwarnai dengan kemenangan 3-0 kontra Burnley

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerSelebrasi para pemain Crystal Palace usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pekan ke-26 EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Debut Oliver Glasner sebagai manajer Crystal Palace terjadi pada laga kontra Burnley dalam lanjutan pekan ke-26 Premier League 2023/2024. Laga perdana manajer asal Austria ini berjalan sempurna. The Eagles menang 3-0 atas The Clarets di markas sendiri, Selhurst Park. 

Crystal Palace tampil mendominasi sejak awal laga. Namun, mereka kesulitan membongkar pertahanan Burnley pada babak pertama. Gol pemecah kebuntuan hadir dari Chris Richards pada menit ke-68. Hanya dalam waktu singkat, Jordan Ayew dan Jean-Philippe Mateta memperlebar jarak sekaligus membawa The Eagles menang tiga gol tanpa balas.

Baca Juga: 5 Kunjungan Terakhir Liverpool ke Markas Man United di Premier League

2. Crystal Palace harus menelan kekalahan saat bertandang ke markas Tottenham Hotspur

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerCrystal Palace melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Crsytal Palace berkunjung ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ke-27 Premier League 2023/2024. Duel sesama tim asal London ini berlangsung ketat. Namun, The Lilywhites mampu membuat The Eagles tak berkutik dengan menelan kekalahan 3-1. 

Laga sejatinya berjalan cukup seimbang, di mana kedua tim mengalami kebuntuan dalam mencetak gol pada babak pertama. Selepas jeda, Crystal Palace mengejutkan tim tuan rumah melalui gol Eberechi Eze pada menit ke-59. Tertinggal satu gol, Tottenham Hotspur terus menggempur dan berhasil mencetak tiga gol balasan pada 15 menit akhir laga. Gelontoran gol tersebut dicetak oleh Timo Werner, Cristian Romero, dan Son Heung Min.

3. Crystal Palace berbagi satu poin saat menjamu Luton Town

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerCrystal Palace melawan Luton Town di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Pekan ke-28 Premier League 2023/2024 mempertemukan Crystal Palace kontra Luton Town. Duel ini berlangsung di Selhurst Park dan berakhir sama kuat. The Eagles gagal memanfaatkan status tuan rumah setelah bermain imbang 1-1 dengan The Hatters. 

Permainan kedua tim berjalan berimbang. Namun, Crystal Palace mencetak gol terlebih dahulu melalui Jean-Philippe Mateta pada menit ke-11. Selepas itu, laga berlangsung alot. Luton Town yang terus ditekan berhasil mempertahankan untuk tidak kebobolan lagi. The Hatters justru sukses memaksakan laga berakhir imbang lewat gol Cauley Woodrow pada menit ke-90+6.

4. Crystal Palace kembali bermain imbang melawan Nottingham Forest

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerCrystal Palace melawan Nottingham Forest di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Crystal Palace bertandang ke markas Nottingham Forest pada pekan ke-30 Premier League 2023/2024. Pertemuan ini berlangsung di The City Ground dan berakhir sama kuat. Laga ini berkesudahan dengan hasil imbang 1-1. 

Pertandingan ini berjalan alot bagi kedua tim. Namun, Crystal Palace sebagai tim tamu berhasil mencetak gol terlebih dahulu. Jean-Phillip Mateta membawa tim unggul pada menit ke-11. Setelah tertinggal, Nottingham mencoba menyamakan kedudukan. Chris Wood akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-61. Hingga laga berakhir, tidak ada tambahan gol tercipta. 

5. Crystal Palace mengalami kekalahan dari Bournemouth

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerCrystal Palace melawan Bournemouth di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Crystal Palace mengunjungi markas Bournemouth pada pekan ke-31 Premier League 2023/2024. Melawat ke Vitality Stadium, The Eagles kesulitan menghadapi The Cherries. Alhasil, tim asuhan Oliver Glasner mengalami kekalahan dengan skor tipis 0-1. 

Laga ini sejatinya berjalan ketat sebab kedua tim sama-sama bermain terbuka. Crystal Palace sempat mencetak gol sebelum turun minum. Namun, lesakan Eberechi Eze yang berbuah gol dianulirVideo Assistant Referee (VAR). Selepas jeda, Bournemouth lebih menekan dan mampu membuat gol melalui Justin Kluivert yang bertahan hingga laga usai.

6. Crystal Palace kembali menderita kekalahan saat menjamu Manchester City

6 Laga Awal Crystal Palace di Bawah Komando Oliver GlasnerCrystal Palace melawan Manchester City di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Setelah mengalami kekalahan dari Bournemouth, Crystal Palace kembali menelan hasil buruk. Kali ini, mereka takluk dari Manchester City saat berduel pada pekan ke-32 Premier League 2023/2024. Bermain di markas sendiri, pasukan Oliver Glasner kalah dengan skor 2-4.

Crystal Palace sejatinya sempat mengejutkan dengan mencetak gol dahulu. Mereka unggul  melalui Jean-Philippe Mateta saat laga baru berjalan 3 menit. Namun, Manchester City berbalik membalas berkat brace Kevin De Bruyne dan masing-masing satu gol dari Rico Lewis serta Erling Haaland. Tambahan gol dari Odsonne Edouard tak berarti apa-apa bagi tim tuan rumah. 

Oliver Glasner belum memberikan dampak instan bagi Crystal Palace. Manajer asal Austria ini mencatatkan 1 kemenangan, 2 imbang, dan 3 kekalahan. Meski demikian, targetnya seharusnya memang tak muluk-muluk. Cukup membuat Crystal Palace tak terdegradasi dari Premier League musim ini, maka ia sudah bisa disebut berhasil. 

Baca Juga: EPL Mencapai Rekor 200 Hattrick dalam Sejarah, Begini Perjalanannya!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya