5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024

Belum tersentuh kekalahan

Napoli mengalami inkonsistensi performa di Serie A Italia 2023/2024. Hengkangnya Luciano Spalleti dari kursi kepelatihan pada musim panas 2023 lalu menimbulkan kegoyahan di dalam skuad. Sebagai juara bertahan, hal ini tentu menjadi kejutan sekaligus memalukan.

Rudi Garcia yang ditunjuk sebagai pelatih baru gagal menjalankan tugasnya. Ia hanya mampu bertahan selama 4,5 bulan usai gagal bersaing di empat besar. Sementara itu, Walter Mazzari sebagai suksesor lebih buruk lagi. Kariernya di Naples hanya seumur jagung alias 3 bulan. 

Kini, Napoli ditangani Francesco Calzona hingga akhir musim. Sejauh ini, performanya cukup menjanjikan bersama I Partenopei dalam lima laga awal. Namun, akankah ia mampu membenahi permainan dan membawa tim finis di empat besar klasemen Serie A 2023/2024?

1. Napoli bermain imbang kala bertandang ke markas Cagliari Calcio pada pekan ke-26

5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024Napoli melawan Cagliari Calcio di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Francesco Calzona memimpin Napoli ketika berhadapan dengan Cagliari Calcio pada pekan ke-26 Serie A 2023/2024. Duel yang berlangsung di Sardegna Arena ini berakhir imbang. Keduanya berbagi poin usai laga berkesudahan dengan skor 1-1. 

Bertindak sebagai tim tamu, Napoli menguasai jalannya laga. Namun, solidnya lini pertahanan Cagliari memaksa mereka terus menekan. Kebuntuan akhirnya terpecahkan berkat gol Victor Osimhen pada menit ke-65. Sayangnya, kemenangan yang sudah di depan mata sirna. Tim tuan rumah berhasil memaksakan hasil imbang melalui gol Zito Luvumbo pada menit ke-90+6. 

2. Napoli berpesta gol di hadapan pendukung Sassuolo pada laga tunda pekan ke-21

5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024Napoli merayakan gol ke gawang Sassuolo di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Napoli menjalani laga tunda pekan ke-21 Serie A 2023/2024 dengan melawan Sassuolo. I Partenopei mengunjungi markas I Neroverdi di Mapei Stadium. Tim asuhan Francesco Calzona berpesta gol melalui kemenangan dengan skor 6-1. 

Sassuolo unggul terlebih dahulu melalui gol yang dibuat Uros Racic pada menit ke-17. Setelah itu, Napoli menunjukkan dominasinya. Victor Osimhen menjadi bintang di laga ini berkat torehan hattrick yang diciptakannya. Sementara itu, tiga gol lainnya diciptakan melalui brace Khvicha Kvaratskhelia dan Amir Rrahmani.

Baca Juga: 5 Kemenangan Napoli atas Juventus di Laga Kandang Serie A Italia

3. Napoli bekuk perlawanan sengit Juventus pada pekan ke-27

5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024Napoli melawan Juventus di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Lawan tangguh dihadapi Napoli ketika berlaga pada pekan ke-28 Serie A 2023/2024. Juventus menjadi musuh berat yang menguji skuad asuhan Francesco Calzona. I Partenopei berhasil menaklukkan I Bianconeri melalui pertarungan sengit dengan skor akhir 2-1. 

Pertandingan ini berjalan ketat dengan kedua tim saling jual beli serangan. Napoli yang bermain di kandang berhasil memanfaatkan momentum dengan mencetak gol pertama. Khvicha Kvaratskhelia membawa I Partenopei unggul pada menit ke-42. Juventus mampu menyamakan skor berkat gol Federico Chiesa pada menit ke-81. Namun, tim tuan rumah sukses menyegel kemenangan melalui gol Giacomo Raspadari pada menit ke-88.  

4. Napoli ditahan imbang Torino saat berjumpa pada pekan ke-28

5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024Napoli melawan Torino di Serie A 2023/2024. (twitter.com/SerieA)

Usai melawan Juventus, Napoli kembali menghadapi klub lain dari kota Turin, yakni Torino. Keduanya saling bentrok di Stadio Diego Armando Maradona dalam lanjutan pekan ke-28 Serie A 2023/2024. Duel ini berakhir sama kuat dengan skor akhir 1-1. 

Laga ini berjalan alot bagi kedua tim. Napoli yang bertindak sebagai tuan rumah kesulitan menembus solidnya pertahanan Torino. Gol baru tercipta melalui Khvicha Kvaratskhelia pada menit ke-61. Hanya berselang 3 menit, tim tamu membalas lewat gol yang dicetak Antonio Sanabria. Selepas itu, tidak ada gol tambahan tercipta hingga laga berakhir. 

5. Pada pekan ke-29, Napoli sukses menahan imbang Inter Milan

5 Laga Awal Napoli Bersama Francesco Calzona di Serie A 2023/2024Inter Milan melawan Napoli di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Laga berat sesungguhnya dihadapi oleh Napoli pada pekan ke-29 Serie A 2023/2024. . Mereka berkunjung ke Giuseppe Meazza untuk menghadapi sang pemuncak klasemen, Inter Milan. Di luar dugaan, I Partenopei berhasil pulang dengan satu poin usai hasil imbang 1-1. 

Pertandingan ini berjalan ketat dengan kedua tim saling jual beli serangan. Inter Milan bermain lebih efektif dan mampu mencetak gol terlebih dahulu. Matteo Darmian membawa unggul tim tuan rumah pada menit ke-43. Napoli yang tertinggal berusaha memecah kebuntuan. Pada menit ke-81, Juan Jesus mencetak gol melalui sundulan dan membuat laga berakhir imbang. 

Kiprah Francesco Calzona terbilang menjanjikan bersama Napoli. Dari 5 laga Serie A yang sudah dilakoni, 2 kemenangan dan 3 hasil imbang berhasil didapatkan. Hasil ini menjadi modal yang cukup baik untuk bisa mengakhiri musim 2023/2024 di posisi empat besar. Mampukah sang juru taktik membawa Napoli bangkit?

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Inter Milan dan Napoli di Serie A, Siapa Unggul?

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya