5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis Gasset

Sapu bersih kemenangan

Olympique Marseille mengalami inkonsistensi permainan pada 2023/2024. Les Phoceens telah mengganti pelatih untuk yang ketiga kalinya sepanjang musim ini berlangsung. Jean-Louis Gasset mengisi tugas berat setelah kegagalan Gennaro Gattuso. Sang pelatih anyar pun hanya diberi kontrak hingga akhir musim.

Keputusan Marseille merekrut Jean-Louis Gasset cukup mengejutkan. Pasalnya, sang pelatih sebelumnya dipecat dari Timnas Pantai Gading usai hasil buruk di fase grup Piala Afrika 2023. Meski pada akhirnya Pantai Gading keluar sebagai juara di bawah asuhan pelatih lain, keputusan meminang Jean-Louis Gasset banyak menjadi perdebatan.

Kendati begitu, pelatih berusia 70 tahun ini sudah sarat pengalaman. Lima laga awal Olympique Marseille di bawah asuhan Jean-Louis Gasset cukup mengesankan. Namun, mampukah ia membenahi konsistensi yang jadi masalah Marseille sejak awal musim?

1. Debut Jean-Louis Gasset membawa Marseille lolos ke 16 besar Liga Europa usai bekuk Shakhtar Donetsk

5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis GassetOlympique Marseille melawan Shakhtar Donetsk pada play-off 16 besar Liga Europa 2023/2024. (instagram.com/olympiquedemarseille)

Debut Jean-Louis Gasset sebagai pelatih Marseille terjadi di pentas Eropa. Ia memimpin tim berlaga melawan Shakhtar Donetsk pada leg kedua play-off babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. Keduanya bermain imbang 2-2 pada pertemuan pertama. Pada laga ini, Les Phoceens berhasil mengalahkan klub Ukraina tersebut dengan skor 3-1. 

Bermain di kandang sendiri, Marseille dikejutkan dengan gol dari Shakhtar Donetsk pada menit ke-12. Heorhiy Sudakov mencetak gol penalti untuk membawa tim tamu unggul. Namun, Pierre-Emerick Aubameyang menyamakan skor pada menit ke-23. Pada babak kedua, tim tuan rumah mencetak dua gol tambahan. Ismailla Sarr dan Geoffrey Kondogbia memastikan Les Phoceens mentas di babak 16 besar berkat kemenangan agregat 5-3.

Baca Juga: 6 Pemain Marseille dengan Menit Terbanyak di Bawah Gennaro Gattuso

2. Pada pekan ke-23 Ligue 1, Marseille meraih kemenangan melawan Montpellier

5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis GassetOlympique Marseille melawan Montpellier pada pekan ke-23 Ligue 1 2023/2024. (om.fr)

Jean-Louis Gasset memulai laga perdana di Ligue 1 dengan menghadapi Montpellier. Partai ini merupakan lanjutan pekan ke-23 yang dihelat di Stade Velodrome. Les Phoceens sukses membekuk sang tamu melaui kemenangan dengan skor 4-1. 

Marseille sempat tertinggal saat laga berjalan 5 menit. Musa Al-Taamari mencetak gol untuk membawa Montpellier memimpin. Namun, keunggulan itu tidak bertaha lama setelah Iliman Ndiayae dan Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol. Penalti Aubameyang dan gol bunuh diri Falaye Sacko pada babak kedua memastikan Les Phoceens meraih kemenangan. 

3. Marseille pesta gol ke gawang Clerment Foot yang terpuruk di dasar klasemen Ligue 1

5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis GassetOlympique Marseille merayakan gol ke gawang Clermont Foot pada pekan ke-24 Ligue 1 2023/2024. (om.fr)

Marseille mengunjungi markas Clermont Foot dalam lanjutan pekan ke-24 Ligue 1 2023/2024. Bertindak sebagai tim tamu, Les Phoceens tidak mendapatkan kesulitan berarti. Les Lanciers yang terpuruk di dasar klasemen dengan mudah dikalahkan dengan skor telak 5-1. 

Laga ini dominan dikuasai oleh Marseille. Meski demikian, mereka sempat kesulitan mencetak gol di awal laga. Kebuntuan pun pecah pada menit ke-23 usai gol yang dicetak Iliman Ndiaye. Baru pada babak kedua, Les Phoceens tampil menggila. Empat gol tambahan dicetak melalui Pierre-Emerick Aubameyang, Jonathan Clauss, Luis Henrique, dan Faris Moumbagna. 

4. Marseille kandaskan Villarreal dengan mudah pada leg pertama 16 besar Liga Europa

5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis GassetOlympique Marseille melawan Villarreal pada leg pertama 16 besar Liga Europa 2023/2024. (uefa.com)

Marseille memulai langkahnya pada babak 16 besar Liga Europa 2023/2024 dengan meyakinkan. Villarreal yang bertandang ke Stade Velodrome untuk menjalani laga leg pertama tak berkutik sama sekali. Les Phoceens membekuk wakil Spanyol ini dengan skor telak 4-0. 

Dominasi Marseille ditunjukkan ketika mencetak gol melalui Jordan Veretout pada menit ke-23. Hanya berselang 5 menit, gol bunuh diri Yerson Mosquera membawa tim tuan rumah unggul. Brace yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang memastikan kemenangan Les Phoceens di laga ini. Hasil ini menjadi modal penting untuk leg kedua di markas Villarreal nantinya.

5. Pada pekan ke-25 Ligue 1, Marseille tumbangkan Nantes

5 Laga Awal Olympique Marseille di Bawah Asuhan Jean-Louis GassetOlympique Marseille melawan Nantes pada pekan ke-25 Ligue 1 2023/2024. (instagram.com/olympiquedemarseille)

Marseille meneruskan tren positif kemenangan di bawah asuhan Jean-Louis Gasset. Kali ini, Nantes menjadi korban selanjutnya pada pertemuan pekan ke-25 Ligue 1 2023/2024, Senin (11/3/2024). Les Phoceens berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. 

Bermain di kandang sendiri, Marseille tidak menemukan kesulitan berarti di laga ini. Dwigol Pierre-Emerick Aubameyang sudah cukup mengantarkan tim meraih kemenangan. Hasil ini membuat tim semakin mendekat ke tiga besar klasemen Ligue 1. Saat ini, Les Phoceens berada di urutan tujuh mengoleksi 39 poin, hanya terpaut 6 angka dari AS Monaco di peringkat ketiga.

Setelah lima laga, Jean-Louis Gasset mampu membawa Marseille menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Marseille pun kembali tampil kompetitif. Kini, mereka berpeluang merangsek ke papan atas Ligue 1. Selain itu, Les Phoceens juga sudah meletakkan satu kaki di perempat final Liga Europa. Jika bisa meneruskan konsistensinya, maka sang juru taktik berpotensi diperpanjang kontraknya saat habis pada musim panas 2024 mendatang.

Baca Juga: Dahsyatnya Performa Brest di Ligue 1 2023/2024, Siap Tatap UCL!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya