3 Laga Berat Bologna Sisa Musim Serie A 2023/2024, Penentu Lolos UCL

Bologna berpeluang finis empat besar

Bologna menjadi kejutan tersendiri di Serie A Italia 2023/2024. Di bawah kendali pelatih Thiago Motta, klub berjuluk I Rossoblu ini mampu bersaing di papan atas. Padahal, mereka biasanya berkutat di papan tengah dalam beberapa musim terakhir.

Tidak ada yang mengira bahwa pelatih muda seperti Thiago Motta berhasil membawa Bologna kompetitif. Juru taktik berusia 41 tahun ini mulai menangani tim pada 2022 lalu. Secara perlahan, ia mengubah permainan tim kompetitif di berbagai ajang dengan mengandalkan nama-nama muda dan para pemain berpengalaman di dalam skuad. 

Musim ini, kans Bologna untuk finis di empat besar terbuka lebar. Joshua Zirkzee dan kolega berpeluang menembus zona Liga Champions Eropa musim depan. Serie A yang menyisakan tujuh laga lagi membuat sisa laga di akhir musim menjadi krusial. Ada tiga laga yang setidaknya bakal berat bagi Bologna. Ketiga lawan tersebut berpotensi menyulitkan dan mereka harus bisa menang untuk menjaga peluang mengakhiri musim di empat besar.

1. Bologna menghadapi AS Roma yang juga berebut posisi empat besar pada pekan ke-33

3 Laga Berat Bologna Sisa Musim Serie A 2023/2024, Penentu Lolos UCLBologna melawan AS Roma di Serie A 2023/2024. (twitter.com/OfficialASRoma)

Bologna bakal melawat ke markas AS Roma pada pekan ke-33 Serie A 2023/2024. Pertarungan ini bisa dibilang menjadi yang paling ketat bagi kedua tim. Pasalnya, kedua kesebelasan sama-sama memperebutkan posisi empat besar di sisa musim.

Hingga pekan ke-32, Bologna masih berada di urutan keempat dengan koleksi 59 poin. I Rossoblu hanya unggul empat poin dari tim Serigala Ibu Kota. AS Roma membuntuti mereka di posisi kelima dengan perolehan 55 poin. Jika ingin menjaga jarak aman, Bologna wajib menang di laga ini. Terlebih lagi, AS Roma masih menyimpan satu laga sisa. Andai Bologna gagal menang, potensi tergusur dari peringkat empat sangat mungkin terjadi.

Pada pertemuan perdana di Serie A musim ini, Bologna mampu mengalahkan AS Roma dengan skor 2-0. Namun, AS Roma saat ini berbeda sejak ditangani Daniele De Rossi sepeninggal Jose Mourinho. Juru taktik berusia 40 tahun ini mampu mengangkat performa tim yang sempat terpuruk pada pertengahan musim. Dari 11 laga yang sudah dilakoni, ia hanya kalah sekali dan membawa AS Roma memenangi 8 laga dan 2 lainnya berakhir imbang.

2. Pada pekan ke-36, Bologna bertandang ke markas Napoli

3 Laga Berat Bologna Sisa Musim Serie A 2023/2024, Penentu Lolos UCLBologna melawan Napoli di Serie A 2023/2024. (bolognafc.it)

Napoli berpotensi menyulitkan Bologna saat keduanya bertemu pada pekan ke-36 Serie A 2023/2024. Meski sang juara bertahan mengalami inkonsistensi, tim besutan Thiago Motta wajib waspada. Napoli bisa menjadi batu sandungan Bologna jika tak memanfaatkan momentum. 

Laga ini nantinya digelar di markas Napoli, Stadio Diego Armando Maradona. Bologna harus bisa menaklukkan dukungan para suporter tuan rumah. Meski Napoli berkemungkinkan kecil untuk menembus Liga Champions, mereka masih berpeluang mentas di ajang Eropa lainnya. 

Dari delapan pertemuan terakhir, Bologna tak mampu meraih kemenangan. Napoli mendominasi dengan memenangi lima laga. Sementara itu, tiga laga lainnya kedua tim bermain imbang. Pada perjumpaan pertama di Serie A musim ini, Bologna dan Napoli juga berbagi satu poin usai hasil akhir tanpa gol. 

3. Sepekan berselang, Juventus menjadi tantangan berat Bologna

3 Laga Berat Bologna Sisa Musim Serie A 2023/2024, Penentu Lolos UCLBologna melawan Juventus di Serie A 2023/2024. (bolognafc.it)

Bologna masih menjalani laga berat pada pengujung musim dengan melawan Juventus. Hanya berseleng sepekan kontra Napoli, mereka bakal melawan Juventus. Duel pekan ke-37 Serie A 2023/2024 ini berpotensi menjadi penentu klasemen di akhir musim.

Pasalnya, hingga pekan ke-32, Juventus yang berada di peringkat ketiga mengoleksi 64 poin. I Bianconeri hanya unggul lima poin dari Bologna yang kini menduduki posisi keempat dengan 55 poin. Laga-laga sebelum pertemuan keduanya ini berpotensi memengaruhi pertarungan ini.

Selain tiga laga di atas, Bologna berpeluang untuk menyapu bersih laga lainnya dengan kemenangan. Pasalnya, lawan yang dihadapi secara peringkat jauh di bawah mereka. Namun, skuad asuhan Thiago Motta tidak boleh lengah hingga akhir musim. Mampukah Bologna mengatasi lawan-lawan di sisa musim dan mentas di Liga Champions musim depan?

Baca Juga: Bologna FC, Kejutan yang Tak Diduga-duga di Serie A 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya