3 Laga Penentu Brest pada Sisa Musim Ligue 1 2023/2024, Demi UCL!

Brest bakal mentas di Eropa pertama kali

Stade Brestois 29 menunjukkan penampilan yang mengejutkan di Ligue 1 Prancis 2023/2024. Klub yang akrab disebut Brest ini mampu bersaing di papan atas. Kini, Les Pirates berpeluang bermain di Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Saat ini, Brest berada di urutan ketiga sebagai batas akhir untuk lolos langsung ke fase grup Liga Champions Eropa. Tim besutan Eric Roy berpeluang untuk bisa finis di urutan kedua, tetapi juga berpotensi turun peringkat andai tidak memanfaatkan kesempatan dengan maksimal. 

Ligue 1 menyisakan tiga pertandingan lagi untuk dimainkan. Brest mempunyai kesempatan untuk menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Hasil ini nantinya bisa membuat Brest finis di urutan ketiga dan otomatis lolos ke fase grup Liga Champions tanpa kualifikasi.

Berikut tiga pertandingan yang menjadi penentu bagi Brest.

1. Brest bakal menjamu Nantes pada pekan ke-32

3 Laga Penentu Brest pada Sisa Musim Ligue 1 2023/2024, Demi UCL!Brest melawan Nantes di Ligue 1 2023/2024. (twitter.com/SB29)

Brest akan menerima kunjungan Nantes pada pekan ke-32 Ligue 1 2023/2024. Laga yang digelar di Stade Francis-Le Ble ini bisa menyulitkan. Pasalnya, Nantes tengah berupaya untuk mengamankan posisi agar tidak kehilangan poin. 

Nantes saat ini menduduki peringkat ke-14 di papan klasemen. Mereka hanya unggul 3 poin dari Metz yang ada di posisi 16 yang menjadi batas zona degradasi. Brest perlu waspada agar tidak terpeleset pada laga ini. Bermain di markas sendiri akan menjadi keuntungan bagi mereka.

Pertemuan perdana pada pekan ke-16 lalu, Brest berhasil menang. Bertindak sebagai tim tamu, skuad asuhan Eric Roy bermain efektif. Meski laga berjalan ketat, Les Pirates mampu menang dengan skor 2-0. Dua gol tersebut dicetak Hugo Magnetti dan Steve Mounie.

Baca Juga: 5 Pemain Asing yang Membela Stade Brestois di Ligue 1 2023/2024

2. Reims berpotensi menyulitkan Brest saat bertemu pada pekan ke-33

3 Laga Penentu Brest pada Sisa Musim Ligue 1 2023/2024, Demi UCL!Brest melawan Reims di Ligue 1 2023/2024. (twitter.com/SB29)

Reims menjadi lawan tangguh yang harus dihadapi Brest pada pekan ke-33 Ligue 1 2023/2024. Duel ini bisa menjadi batu sandungan bagi Brest. Meski bermain di markas sendiri, mereka harus berhati-hati agar tidak terpeleset. 

Jika melhat kekuatan tim, Brest dan Reims cukup berimbang. Hal ini juga ditunjukkan ketika keduanya bertemu saat awal musim pada pekan kelima. Saat itu, pertandingan berjalan sengit bagi kedua tim. Namun, Brest mampu mencuri tiga poin di kandang Reims dengan menang 2-1. 

Reims sejatinya mencetak gol terlebih dahulu melaui Amir Richardson. Namun, Brest berhasil comeback dan berbalik unggul melalui gol Mahdi Camara dan Pierre Lees-Melou. Hasil tersebut mampu dipertahankan hingga laga selesai.

3. Brest bertandang ke markas Toulouse pada pekan terakhir Ligue 1

3 Laga Penentu Brest pada Sisa Musim Ligue 1 2023/2024, Demi UCL!Stade Brestois (twitter.com/SB29)

Pada pekan pemungkas Ligue 1 2023/2024, Brest akan mengunjungi markas Toulouse di Stadium de Toulouse. Pertandingan ini menjadi penentu bagi Brest untuk mengakhiri musim di posisi berapa. Pertemuan ini berpotensi menghadirkan kesulitan bagi tim besutan Eric Roy. 

Pasalnya, Toulouse sedang berada dalam performa yang cukup konsisten. Selain itu, dukungan suporter tuan rumah juga membakar semangat untuk mencari tiga poin. Brest perlu fokus untuk bisa memenangkan pertandingan ini demi tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions. 

Kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1 di pertemuan pertama yang berlangsung pada pekan kedelepan lalu. Frank Magri membawa Toulouse unggul pada awal laga. Brest hampir kalah pada laga ini. Beruntung gol Martin Satriano pada injury time pengujung laga membuat Brest selamat dari kekalahan di markas sendiri. 

Hingga pekan ke-31, Brest masih berada di posisi ketiga dengan perolehan 56 poin. Les Pirates sudah dipastikan bakal berkompetisi di Eropa musim depan. Saat ini, mereka tertinggal dari AS Monaco yang menduduki peringkat kedua dengan mengumpulkan 58 poin. Namun, Brest juga perlu waspada mengingat LOSC Lille membuntuti di peringkat keempat dengan koleksi 55 poin. Sapu bersih tiga laga tersisa dengan kemenangan menjadi hal yang wajib bagi Brest jika ingin lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan.

Baca Juga: Dahsyatnya Performa Brest di Ligue 1 2023/2024, Siap Tatap UCL!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya