5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham Hotspur

Hengkang setelah 9,5 tahun mengabdi

Eric Dier resmi berlabuh ke Bayern Munich pada bursa transfer musim dingin Januari 2024. Klub raksasa Bundesliga Jerman ini meminjamnya dari Tottenham Hotspur hingga Juni 2024. Opsi permanen pun disertakan bergantung kepada performanya pada 2023/2024.

Kepindahan Dier ke Bayern Munich sekaligus mengakhiri masa baktinya bersama Tottenham Hotspur selama 9,5 tahun. Keputusannya untuk hengkang ini menyusul minimnya menit bermain yang didapatkannya. Perannya terpinggirkan setelah The Lilywhites menunjuk Ange Postecegolu sebagai manajer pada musim panas 2023 lalu. Ia hanya bermain sebanyak empat kali pada paruh pertama musim 2023/2024. 

Selama masa pengabdiannya yang hampir sedekade ini, Eric Dier ditangani oleh tujuh manajer berbeda. Lalu, siapa saja manajer yang paling sering memainkannya di Tottenham Hotspur? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Mauricio Pochettino paling sering memainkan Eric Dier dengan total 216 laga

5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham HotspurMauricio Pochettino (premierleague.com)

Mauricio Pochettino merupakan manajer yang membawa Eric Dier ke Tottenham Hotspur. Ketika direkrut manajemen pada musim panas 2014 lalu, manajer berusia 51 tahun ini kepincut dengan kiprahnya di Sporting CP. Sang pemain menjadi sosok penting terbentuknya fondasi awal tim.

Selama menangani Spurs pada 2014–2019, Pochettino mengandalkan Dier dalam 216 pertandingan. Posisi utamanya merupakan bek tengah, tetapi tak jarang ia berperan di tempat lain. Ia pernah ditugaskan sebagai gelandang bertahan, bek kiri, dan bek kanan. Tak hanya itu, ia juga mampu membuat 11 gol dan 9 assist selama ditangani juru taktik asal Argentina tersebut.

2. Eric Dier dipercaya turun dalam 64 laga ketika dilatih Antonio Conte

5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham HotspurAntonio Conte (premierleague.com)

Eric Dier pernah ditangani Antonio Conte di Tottenham Hotspur pada 2021–2023. Kerja samanya dengan manajer asal Italia ini terbilang apik. Ia dipercaya bermain dalam 64 pertandingan di berbagai kompetisi. 

Berbeda dengan Mauricio Pochettino, Conte hanya fokus memainkan Dier di satu posisi. Ia ditugaskan sebagai bek tengah untuk mengawal lini pertahanan Spurs. Selama kurang lebih 2 tahun memimpin The Lilywhites, sang manajer menjadikannya andalan di posisi tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 15 Tottenham Sebelum Eric Dier

3. Jose Mourinho mengandalkan Eric Dier dalam 57 laga

5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham HotspurJose Mourinho (premierleague.com)

Jose Mourinho semasa melatih Tottenham Hotspur selalu mengandalkan Eric Dier. Manajer berjuluk The Special One tersebut melatih klub London ini pada 2019–2021. Selama periode ini, sang pemain dipercaya turun sebanyak 57 kali di berbagai ajang.

Selama 1,5 tahun melatih Spurs, Mourinho memainkan Dier di dua posisi berbeda. Pada awal kedatangannya, ia kerap dipasang sebagai gelandang bertahan. Namun, menjelang akhir masa kepelatihannya, ia kembali dimainkan di posisi bek tengah.

4. Nuno Espirito Santo memercayai Eric Dier bermain sebanyak sebelas kali

5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham HotspurNuno Espirito Santo (premierleague.com)

Nuno Espirito Santo merupakan salah satu manajer Tottenham Hotspur dengan masa singkat. Ia hanya melatih The Lilywhites dalam waktu 3 bulan. Ditunjuk pada Juli 2021, ia dipecat pada November 2021 setelah performa buruk pada awal musim 2021/2022. 

Kendati demikian, Eric Dier dipercaya oleh Espirito Santo selama masa singkatnya tersebut. Ia diturunkan dalam sebelas laga di semua ajang. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mengisi posisi sebagai bek tengah.

5. Eric Dier bermain sembilan kali saat Ryan Mason menjadi manajer interim Tottenham

5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham HotspurRyan Mason (premierleague.com)

Ryan Mason merupakan manajer interim Tottenham Hotspur dalam dua waktu yang berbeda. Pertama, ia betugas pada April–Juni 2021 setelah pemecatan Jose Mourinho. Kemudian, ia mengambil lagi peran tersebut pada April–Juni 2023 usai Antonio Conte hengkang.

Selama dua periode waktu tersebut, Eric Dier bermain tetap menjadi andalan. Sebagai salah satu pemain senior, ia dipercaya turun dalam sebelas laga di semua ajang. Ia mengisi posisi sebagai bek tengah selama ditangani Ryan Mason.

Pengabdiannya selama 9,5 tahun membuatnya pergi sebagai salah satu legenda Tottenham Hotspur. Sayangnya, ia belum berhasil membuka puasa gelar tim dengan mempersembahkan gelar juara. Secara keseluruhan, Eric Dier telah memainkan 365 pertandingan dengan mengemas 13 gol dan 12 assist.

Baca Juga: Buang Air Besar di Tengah Laga, Eric Dier Dikejar Jose Mourinho

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya