4 Manajer yang Pernah Menangani Thiago Silva di Chelsea

Selalu diandalkan di lini pertahanan

Laga menghadapi Bournemouth pada pekan terakhir English Premier League 2023/2024 merupakan penutup karier Thiago Silva di Chelsea. Setelah 4 tahun berseragam The Blues, ia pergi karena kontraknya habis. Bek berusia 39 tahun ini akan kembali ke kampung halamannya di Brasil untuk membela klub masa kecilnya, Fluminense. 

Selama membela Chelsea, Silva dilatih empat manajer. Meski bergonta-ganti pelatih, ia tetap menjadi andalan di lini pertahanan tim berkat kualitasnya. Segudang pengalaman yang membantu tim kompetitif juga menjadi faktor lain dirinya tetap dipercaya turun meski usainya tak lagi muda. Lantas, siapa sajakah manajer yang pernah menangani Thiago Silva di Chelsea?

1. Frank Lampard mendatangkan Thiago Silva ke Chelsea

4 Manajer yang Pernah Menangani Thiago Silva di ChelseaFrank Lampard dan Thiago Silva (chelseafc.com)

Frank Lampard merupakan manajer yang mendatangkan Thiago Silva ke Chelsea. Ia pergi dari Paris Saint-Germain dan merapat ke London pada musim panas 2020 lalu. Saat itu, ia datang ke Stamford Bridge dengan pengalaman yang matang. Hal ini dibuktikan dengan Lampard yang menjadikan Silva sebagai pemain utama di sektor bek tengah. 

Kerja sama antara Lampard dan Silva terjadi dalam dua periode berbeda. Periode pertama terjadi pada Juli 2020 –Januari 2021, sedangkan yang kedua pada April–Juni 2023 saat Lampard menjadi manajer interim. Secara keseluruhan, Silva diandalkan dalam 26 laga di berbagai ajang. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mampu menciptakan dua gol. 

2. Reuni dengan Thomas Tuchel, Thiago Silva menuai kesuksesan di Chelsea

4 Manajer yang Pernah Menangani Thiago Silva di ChelseaThiago Silva dan Thomas Tuchel (chelseafc.com)

Setelah dipecatnya Frank Lampard pada Januari 2021, Chelsea menunjuk Thomas Tuchel sebagai suksesor. Silva bereuni dengan sang manajer setelah pernah bekerja sama di Paris Saint-Germain pada medio 2018–2020. Kerja sama kembali antara keduanya ini menjadi periode kesuksesan bagi Silva dan juga Tuchel bersama The Blues. 

Silva diandalkan Tuchel dalam 70 pertandingan di berbagai kompetisi dengan kontribusi 3 gol dan 2 assist.  Pencapaian prestisenya adalah menjuarai Liga Champions Eropa 2021. Hal itu juga berhasil dilengkapi dengan merengkuh UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga: Chelsea dan Mauricio Pochettino Pisah, Siapa Layak Gantikan?

3. Thiago Silva bekerja sama secara singkat dengan Graham Potter

4 Manajer yang Pernah Menangani Thiago Silva di ChelseaGraham Potter dan Thiago Silva (chelseafc.com)

Graham Potter menjadi manajer ketiga yang melatih Thiago Silva di Chelsea. Setelah pemecatan Tuchel pada September 2022, manajer asal Inggris ini dipinang The Blues untuk menggantikannya. Namun, kerja samanya juga terbilang singkat, yakni hanya 7 bulan. Potter didepak usai hasil musim yang tidak memuaskan pada April 2023. 

Kendati hanya bekerja sama secara singkat, Silva tetap menjadi andalan Potter selama di Chelsea. Ia diturunkan sebanyak 21 kali di berbagai ajang. Sosoknya yang vokal di lini pertahanan membuat Silva tetap tak tergantikan sebagai bek tengah utama Chelsea.

4. Mauricio Pochettino menjadi manajer terakhir Silva di Chelsea

4 Manajer yang Pernah Menangani Thiago Silva di ChelseaMauricio Pochettino dan Thiago Silva (chelseafc.com)

Mauricio Pochettino menjadi manajer terakhir yang mengomandoi Thiago Silva di Chelsea. Keduanya bekerja sama selama semusim penuh pada 2023/2024. Total 38 pertandingan dengan 4 gol dan 1 assist berhasil dicatatkan selama ditangani manajer asal Argentina itu.

Pada musim terakhirnya ini, Silva mengalami periode yang naik turun. Ia terus dipercaya meski performa Chelsea inkonsisten sepanjang musim. Namun, ia berperan krusial membantu tim bangkit di pengujung musim. Berkat pengaruhnya, ia membawa Chelsea finis di urutan keenam Premier League 2023/2024 dan mentas di kompetisi Eropa musim depan. 

Selama kariernya di Chelsea, Silva membuktikan bahwa usia tua bukanlah menjadi penghalang. Ia menunjukkan kualitas dan pengalamannya yang matang dengan terus menjadi andalan sebagai bek tengah. Meski kerap berganti manajer, ia tetap dipercaya mengawal lini pertahanan tim. Berkat peran vitalnya di dalam tim, Silva meninggalkan Chelsea sebagai legenda.

Baca Juga: 4 Pemain yang dapat Direkrut Chelsea untuk Menggantikan Thiago Silva

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya