Menanti Gebrakan Burnley di Premier League 2023/2024

Berpotensi bakal bersaing sengit

Burnley bersiap menjalani musim 2023/2024. Sorotan tentu bakal tertuju kepada kiprah mereka di liga domestik, English Premier League (EPL). Apalagi The Clarets baru saja promosi usai menjuarai Championship pada 2022/2023 lalu.

Sederet persiapan telah dilakukan Burnley. Salah satunya dengan bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka melakukan bongkar pasang pemain dalam skuad. Perginya sejumlah pemain juga dibarengi dengan datangnya nama baru. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk skuad yang ideal agar bisa kompetitif. 

Seperti apa upaya mereka agar kompetitif? Menanti gebrakan Burnley di Premier League 2023/2024.

1. Membenahi skuad dengan mendatangkan banyak pemain anyar

Menanti Gebrakan Burnley di Premier League 2023/2024Luca Koleosho (burnleyfootballclub.com)

Pada musim panas 2023, Burnley aktif menambah kedalaman skuad. Sejauh ini, sudah ada tujuh pemain yang merapat ke Turf Moor. Para pemain tersebut didominasi nama-nama muda potensial.

Para pemain yang sudah didatangkan di antaranya Jordan Beyer, Laurence Vigouroux, James Trafford, Michael Obafemi, Dara O'Shea, Luca Koleosho, Zeki Amdouni, dan Nathan Redmond. Semuanya potensial. Beyer, misalnya, merupakan pemain yang dipermanenkan dari Borussia Moenchengladbach.

Beyer berperan besar sebagai pemain pinjaman dalam keberhasilan Burnley menjuarai Championship 2022/2023. Bek berusia 23 tahun tersebut tampil kokoh di lini belakang The Clarets. Pemain asal Jerman ini melakoni 35 laga dengan membuat 1 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 6 Pemain Andalan Kompany yang Bawa Burnley Promosi ke EPL 2023/2024

2. Usung permainan atraktif di bawah kendali Pelatih Vincent Kompany

Menanti Gebrakan Burnley di Premier League 2023/2024Vincent Kompany (premierleague.com)

Kedatangan Vincent Kompany ke Turf Moor membawa nyawa baru dalam diri Burnley. Ia direkrut manajemen pada musim panas 2022. Ditunjuknya pria asal Belgia tersebut usai menjalani debut impresif sebagai pelatih bersama Anderlecht.

Kompany ditunjuk usai Burnley degradasi dari Premier League 2021/2022 lalu. Tak butuh waktu lama, legenda Manchester City tersebut hanya membuktikan waktu setahun untuk membuat tim kompetitif. The Clarets berhasil dibawanya merengkuh trofi Championship 2022/2023.

Hasil impresif tersebut sekaligus membawa Burnley promosi kembali ke Premier League 2023/2024. Pada klasemen akhir Championship, mereka tampil digdaya dengan perolehan 101 poin. Jumlah poin tersebut didapatkan dengan rincian 29 kali menang, 14 seri, dan 3 kalah dari 29 laga.

3. Berpotensi menyulitkan Big Six Premier League

Menanti Gebrakan Burnley di Premier League 2023/2024Burnley (twitter.com/BurnleyOfficial)

Sebelum degradasi pada 2022 lalu, Burnley kera menyulitkan Big Six Premier League. Tim-tim tersebut beranggotakan Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. The Clarets pernah menaklukkan nama-nama besar tersebut.

Saat itu, Burnley diasuh Sean Dyche (2012–2022). Pelatih asal Inggris tersebut dikenal dengan permainan defensif yang rapat. Hal itu membuat tim yang berhadapan mengalami kesulitan menembus pertahanan. Kemenangan yang didapatkan Burnley melawan Big Six EPL pun biasa disebut berasal dari keberuntungan. Tak jarang serangan balik yang berbuah gol menjadi pembeda laga.

Setelah diasuh Vincent Kompany, permainan Burnley diyakini bukan seperti dahulu lagi. Sang pelatih membawa gaya bermain yang terbuka. Hasilnya dapat dilihat ketika merengkuh trofi Championship 2022/2023. Burnley mampu menerapkan permainan kuat antarlini dari pertahanan hingga penyerangan.

Burnley menjadi tim paling produktif dengan catatan 87 gol. Lini belakang The Clarets juga kokoh dengan kebobolan paling sedikit. Mereka hanya kemasukan gol sebanyak 35 kali. Permainan Burnley di bawah asuhan Kompany berpotensi bakal lebih menyulitkan Big Six EPL daripada tahun-tahun sebelumnya.

Kembalinya Burnley ke English Premier League 2023/2024 dengan nyawa baru patut untuk ditunggu. Kualitas Vincent Kompany dengan skuadnya bakal diuji di kompetisi teratas Liga Inggris. Mampukah Burnley melakukan gebrakan dan menjadi pesaing sengit di EPL? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 4 Pemain Manchester City yang Direkrut Vincent Kompany untuk Burnley

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya