Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico Pochettino

Berusaha bersaing di papan atas lagi

Chelsea bersiap menjalani musim 2023/2024 dengan penuh ambisi. Kehadiran Mauricio Pochettino sebagai pelatih anyar membawa harapan. Pengalamannya di Inggris membuat ekspektasi tinggi berada di pundaknya.

Pergerakan transfer Chelsea pada musim panas 2023 menjadi salah satu sorotan. Setelah menjalani musim lalu dengan buruk, keluar masuknya pemain menandakan keseriusan untuk berbenah. Meski banyak nama baru yang menghuni skuad The Blues, racikan tangan Pochettino dalam memimpin skuad patut dinantikan.

Apakah sang juru taktik Argentina itu bisa membuktikannya? Menarik untuk menanti kebangkitan Chelsea di bawah kendali Mauricio Pochettino.

1. Melakukan cuci gudang pemain pada musim panas 2023

Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico PochettinoChelsea (twitter.com/premierleague)

Chelsea membuat kejutan pada bursa transfer musim panas 2023. Cuci gudang pemain dilakukan secara besar-besaran. Banyak nama-nama senior yang telah lama membela tim dilepas. Tak hanya itu, pemain yang baru semusim di Stamford Bridge juga dilego.

Sejauh ini, ada sepuluh pemain yang sudah dilepas Chelsea. Nama-nama mentereng seperti N'Golo Kante, Mason Mount, Kai Havertz, Mateo Kovacic hingga kapten Cesar Azpilicueta menjadi korban cuci gudang. Banyak yang menganggap Chelsea bakal kesulitan dengan perginya pemain berpengalaman.

Kendati demikian, mereka masih punya sosok berkualitas dengan segudang pengalaman. Thiago Silva merupakan salah satu nama penting. Peran vitalnya di dalam dan luar lapangan masih dipercaya The Blues. Sebagai gantinya, manajemen melakukan regenerasi skuad dengan membeli sejumlah pemain muda potensial.

2. Banyak mendatangkan pemain muda pada bursa transfer tengah tahun

Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico PochettinoNicolas Jackson (chelseafc.com)

Selain menjual pemain-pemain senior, sorotan lain Chelsea adalah tentang nama baru yang didatangkan. Alih-alih mempertahankan pemain berpengalaman, The Blues merekrut nama-nama muda potensial. Tujuan Chelsea tersebut merupakan bagian dari regenerasi skuad yang ada. Terlebih lagi, hal tersebut juga didukung keinginan Mauricio Pochettino. Pelatih berusia 51 tahun memang kerap mengorbitkan nama-nama muda.

Beberapa nama muda yang digaet Chelsea di antaranya Nicolas Jackson, Angelo, Malo Gusto, Alex Matos, hingga Christopher Nkunku. Namun, The Blues juga menyambut kembalinya beberapa pemain yang dipinjamkan. Sejumlah nama mampu tampil apik saat masa peminjaman. Sebut saja pemain seperti Levi Colwill dan Ian Maatsen yang siap menjadi andalan baru.

Baca Juga: Mengenal Ian Maatsen, Pemain Muda Serbabisa Andalan Baru Chelsea

3. Membenahi kualitas skuad di segala lini

Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico PochettinoChelsea (chelsefc.com)

Banyak pemain yang keluar membuat Chelsea harus memikirkan keberlangsungan tim. Tak hanya menggantinya dengan pemain muda, tetapi mereka juga fokus membenahi tiap lini. Pemain baru yang datang berdasarkan kebutuhan tim di beberapa posisi.

Eksodus besar-besaran terjadi pada posisi lini tengah. Setidaknya ada enam pemain senior yang keluar. Saat ini, Chelsea tengah berburu gelandang baru. Moises Caicedo menjadi incaran utama, tetapi hingga saat ini masih sulit terwujud. Brighton & Hove Albion sebagai klub pemilik masih ingin mempertahankan sang pemain.

Meski demikian, Chelsea memiliki beberapa gelandang muda. Nama seperti Conor Gallagher hingga Enzo Fernandez siap menjadi andalan. Selain itu, lini pertahanan dan serangan juga dibenahi. Pada posisi belakang, mereka mempercayai para pemain seperti Levi Colwill dan Ian Maatsen. Sementara, di sisi serangan, Christopher Nkunku dan Nicolas Jackson telah didatangkan.

4. Mauricio Pochettino menjadi faktor kunci kebangkitan Chelsea untuk bersaing di papan atas

Menanti Kebangkitan Chelsea di Bawah Kendali Maurico PochettinoMauricio Pochettino (chelseafc.com)

Pengalaman Mauricio Pochettino membuat Chelsea optimistis menyongsong 2023/2024. Kerja terakhirnya di Paris Saint-Germain berujung pada trofi Ligue 1 Prancis pada 2021/2022 lalu. Meski pada akhir musim tersebut dipecat, setidaknya ia sudah membuktikan dengan keluar sebagai kampiun bersama Les Parisiens.

Chelsea saat ini tengah melakoni latihan pramusim di Amerika Serikat. Dalam dua pertandingan awal, mereka berhasil meraih kemenangan. Laga perdana berhasil menang meyakinkan atas Wrexham dengan skor 5-0. Duel kedua kontra Brighton & Hove Albion diakhiri lewat kemenangan ketat melalui skor 4-3. Pertandingan tersebut menjadi modal awal bagi The Blues untuk menatap musim baru.

Dengan kompetisi yang bakal berlangsung, racikan Pochettino sangat ditunggu. Harapan untuk membawa Chelsea kembali kompetitif menjadi target utama. Terlebih lagi, keuntungan lain adalah mereka tidak akan menjalani jadwal terlalu padat.

Absennya Chelsea di kompetisi Eropa membuat kesempatan untuk bersaing di papan atas lebih terbuka. Mampukah The Blues kembali konsisten? Menarik menanti kebangkitan Chelsea di bawah kendali Mauricio Pochettino.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bertahan Semusim Membela Chelsea, Ada Koulibaly

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya