Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CP

Salah satu striker tajam di Eropa

Viktor Gyokeres menunjukkan penampilan sensasional pada 2023/2024. Striker asal Swedia ini mencuri perhatian bersama Sporting CP. Ia menjadi sorotan sebab baru datang pada musim panas 2023, tetapi tak butuh waktu lama untuk langsung moncer dan produktif.

Kini, striker berusia 25 tahun ini menjadi incaran klub-klub elite Eropa berkat ketajamannya bersama Sporting CP. Meski belum genap setahun di klub Portugal ini, ia sudah tampil menggila. Lantas, seperti apa sosoknya? Mari mengenal lebih dekat perjalanan karier seorang Viktor Gyokeres. 

1. Karier sepak bolanya diawali dengan bergabung ke akademi lokal Swedia

Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CPViktor Gyokeres (instagram.com/viktorgyokeres)

Viktor Gyokeres merupakan pemain kelahiran Stockholm, Swedia, pada 4 Juni 1998. Karier sepak bolanya diawali dengan bergabung ke akademi lokal dekat tempat tinggalnya, IFK Aspudden-Tellus. Ia menimba ilmu di sini selama 4 tahun pada 2010–2014.

Setelah itu, Gyokeres berpindah ke IF Brommapojkarna pada Januari 2014. Ia naik jenjang dengan cepat dan ditempatkan di tim U-17. Ia hanya setahun berada di akademi dan dipromosikan ke tim utama pada awal 2015.

2. Menjadi striker muda tajam bersama IF Brommapojkarna

Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CPViktor Gyokeres (twitter.com/OfficialBHAFC)

Setelah dipromosikan ke tim utama IF Brommapojkarna, Viktor Gyokeres perlahan mulai reguler dimainkan. Gol pertamanya tercipta pada 20 Agustus 2015. Ia bahkan mencetak brace saat membantu tim menang melawan IF Sylvya dengan skor 3-0. 

Gyokeres meniti kariernya saat muda di IF Brommapojkarna pada 2015–2018. Selama 3 tahun tersebut, ia berkembang menjadi salah satu striker tajam. Ia dipercaya tampil dalam 65 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia berkontribusi dengan mencetak 25 gol dan 9 assist.

Baca Juga: Kontribusi 6 Bek Tengah Sporting CP pada Paruh Musim 2023/2024

3. Menjajal tantangan baru dengan berkarier di Inggris bersama Brighton & Hove Albion

Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CPViktor Gyokeres (twitter.com/OfficialBHAFC)

Pada Januari 2018, Viktor Gyokeres memulai petualangannya di Inggris bersama Brighton & Hove Albion. Ia masuk ke tim U-23 dan tampil cukup menjanjikan. Catatan 14 gol dan 5 assist berhasil diciptakannya dalam 31 laga. Debutnya bersama tim utama terjadi pada 28 Agustus 2018. Ia bermain kontra Southampton pada putaran kedua Piala Liga Inggris 2018/2019.

Sayangnya, Gyokeres hanya mencatatkan 8 penamplan bersama Brighton. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Pada 2019/2020, ia disekolahkan ke klub Jerman, St. Pauli. Ia membuat 28 penampilan dengan mengemas 7 gol dan 4 assist. Pada paruh pertama 2020/2021, ia dipinjamkan ke Swansea dengan tampil sebanyak 12 kali. Ia mulai bisa bermain apik saat dipinjamkan ke Coventry City pada paruh kedua 2020/2021.

4. Mulai menunjukkan konsistensi saat memperkuat Coventry City

Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CPViktor Gyokeres (instagram.com/viktorgyokeres)

Saat menjalani masa peminjaman di Coventry City pada paruh kedua 2020/2021, Viktor Gyokeres mulai menunjukkan konsistensinya. Ia turun dalam 19 laga dengan jumlah kontribusi tiga gol. Meski terbilang sedikit, performanya ini membuatnya dipermanenkan pada musim panas 2021. Ia dibeli dari Brighton & Hove Albion senilai 1 juta pound sterling atau Rp19 miliar.

Bersama Coventry City, Gyokeres mampu mengeluarkan potensinya. Selama 2,5 tahun memperkuat The Sky Blues, ia diandalkan dalam 116 laga di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilan tersebut, ia membukukan 43 gol dan 17 assist. Penampilan impresifnya ini menarik minat klub raksasa Portugal, Sporting CP. Ia kemudian dibeli pada musim panas 2023.

5. Jadi incaran klub-klub Eropa berkat performa gemilangnya bersama Sporting CP

Mengenal Viktor Gyokeres, Penyerang Sensasional Andalan Sporting CPViktor Gyokeres (instagram.com/viktorgyokeres)

Sporting CP kepincut dengan talenta yang dimiliki Viktor Gyokeres. Mereka memecahkan rekor pembelian termahal klub pada musim panas 2023. Dana senilai 21 juta euro atau Rp357 miliar dikeluarkan untuk menebusnya dari Coventry City. Transfer dengan biaya mahal ini jarang terjadi sebab klub lebih sering mengorbitkan pemain dari akademi daripada membeli.

Terlepas dari hal tersebut, Sporting tidak rugi kehilangan dana sebesar itu. Performa gemilang berhasil ditunjukkan Gyokeres di lini serangan tim. Ia tak perlu waktu lama untuk langsung moncer dan menjadi ujung tombak serangan tim. Hingga pertengahan musim 2023/2024, ia sudah terlibat dalam 34 laga di berbagai ajang dengan mengemas 31 gol dan 11 assist. Produktivitas golnya tersebut membantu tim bersaing juara di Primeira Liga Portugal.

Penampilan sensasionalnya bersama Sporting membuat Gyokeres menjadi komoditas panas di pasar transfer. Musim 2023/2024 belum berakhir, ia sudah diincar banyak klub di Eropa. Dengan kualitasnya yang berkembang pesat, maka bukan tidak mungkin ia akan berseragam klub baru pada musim panas 2024 mendatang. Akankah hal tersebut bakal terjadi? Menarik dinantikan.

Baca Juga: 10 Potret Viktor Gyokeres, Pemain Termahal yang Diboyong Sporting CP

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya