Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLS

Messi catatkan 1200 kontribusi gol

Intinya Sih...

  • Messi mencetak 1 gol dan 5 assist dalam kemenangan 6-2 Inter Miami atas New York Red Bulls di MLS 2024.
  • Dengan kontribusi tersebut, Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah yang berkontribusi dalam 1200 gol dari level klub dan internasional.
  • Messi juga mencetak sejarah lain dengan menjadi pemain pertama Inter Miami yang menghasilkan 10 gol dan 10 assist dalam semusim.

Inter Miami sukses menaklukkan New York Red Bulls pada pekan ke-12 Major League Soccer (MLS) 2024. Duel yang digelar di Chase Stadium, Minggu (5/5/2024), berakhir dengan skor 6-2. Hasil ini membuat klub berjuluk The Herons ini menduduki puncak klasemen sementara wilayah timur. Mereka mengumpulkan 24 poin hasil dari 7 kemenangan, 3 imbang, dan 2 kekalahan.  

Pada laga ini, Lionel Messi menjadi bintang lewat kontribusinya dalam mencetak 1 gol dan 5 assist. Peran krusialnya itu membawa sejumlah rekor individu yang berhasil ia torehkan. Apa saja?

1. Messi jadi pesepak bola pertama dalam sejarah yang berkontribusi 1200 gol

Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLSLionel Messi (twitter.com/InterMiamiCF)

Messi seakan tidak berhenti membuat rekor menakjubkan. Meski tak lagi bermain di Eropa, ia menorehkan rekor bersama Inter Miami di Amerika Serikat. Dalam kemenangan 6-2 atas New York Red Bulls di MLS 2024, ia mencetak 1 gol dan 5 assist. 

Hal tersebut membuat Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah yang berkontribusi dalam 1200 gol. Jumlah tersebut dibuatnya dari 1058 laga di level klub dan internasional bersama Timnas Argentina. Secara rinci, ia menghasilkan 833 gol dan 372 assist dengan total 1205 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Pernah Bermain di MLS sebelum Hugo Lloris

2. Pemain pertama yang buat 5 assist dalam satu laga MLS

Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLSLionel Messi dan Luis Suarez melakukan selebrasi bersama. (twitter.com/InterMiamiCF)

Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah MLS yang menghasilkan lima assist dalam satu laga. Kontribusi Messi dibuat dengan membantu Matias Rojas mencetak gol pada menit ke-48 dan ke-62. Sementara itu, Messi berperan besar dalam keberhasilan Luis Suarez menorehkan 500 gol karier klub dengan mencetak hattrick pada menit ke-68, 75, 81.

Selain itu, Messi juga mencetak satu gol di laga ini. Gol yang dibuatnya ini merupakan gol kedua Inter Miami yang dicetak pada menit ke-50. Hal itu membuatnya menjadi pemain pertama yang berkontribusi enam gol dalam satu laga MLS.  

3. Messi sejajar dengan Cobi Jones dan Clint Dempsey

Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLSLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Kontribusi satu gol yang dibuat Messi saat Inter Miami melawan New York Red Bulls membuat sejarah lain. Ia telah mencetak gol dalam delapan laga pertamanya di musim reguler MLS. Secara keseluruhan, La Pulga sudah mengemas 10 gol dari 8 laga tersebut. 

Messi menjadi pemain ketiga di MLS yang mampu melakukannya. Dengan jumlah laga yang sama, ia menyamai rekor Cobi Jones yang membuat sembilan gol bersama LA Galaxy pada 1998. Satu pemain lagi yang juga mencatatkan rekor serupa adalah Clint Dempsey. Ia membuat delapan gol saat memperkuat Seattle Sounders pada 2015 lalu.

4. Messi jadi penghasil assist terbanyak Inter Miami

Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLSRobert Taylor dan Lionel Messi melakukan selebrasi bersama. (twitter.com/InterMiamiCF)

Berkat torehan satu golnya tersebut, Messi mencetak sejarah lain. Sosok kelahiran Rosario ini menjadi pemain pertama Inter Miami yang menghasilkan 10 gol dan 10 assist dalam semusim. Catatan ini terbilang gemilang mengingat usianya yang sudah 36 tahun.

Sejak bergabung pada musim panas 2023 lalu, Messi telah terlibat dalam 25 pertandingan di berbagai ajang. Secara total, ia telah berkontribusi lewat torehan 23 gol dan 16 assist. Khusus untuk assist, ia menduduki urutan pertama dengan jumlah terbanyak di Inter Miami. Ia melampaui rekannya, Robert Taylor, yang membuat 15 assist dari 87 pertandingan.

5. Messi samai rekor Thiery Henry dan Leonardo Campana

Lionel Messi Cetak Sejarah Baru Bersama Inter Miami di MLSLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi telah memenangi 3 dari 4 penghargaan MLS Player of the Matchday. Hal ini diperolehnya selama tiga kali beruntun (matchday 10, 11, 12). Pencapaian ini membuatnya menjadi pemain kedua dalam MLS yang pernah mendapatkannya. Ia menyamai rekor yang diciptakan Thierry Henry saat mempekuat New York Red Bulls pada 2012 (matchday 3, 4, 5).

Pemain terakhir sebelum Messi yang mampu mendapatkan tiga penghargaan MLS Player of the Matchday adalah Javier Chicarito Hernandez. Namun, ia memperolehnya dalam 12 pertandingan yang dibuatnya bersama LA Galaxy pada 2021 lalu. Sementara itu, Messi mendapatkan jumlah penghargaan tersebut hanya dalam delapan pertandingan. 

Dengan tiga penghargaan MLS Player of the Matchday, Messi juga menyamai rekor rekan setimnya, Leonardo Campana. Jumlah penghargaan tersebut menjadi yang terbanyak dalam sejarah kub. Dengan kegemilangan Messi yang mulai terlihat, maka potensi untuk kembali mendapatkan penghargaan ini menjadi terbuka lebar

Kendati Lionel Messi sudah tak lagi muda, kualitasnya tetap terlihat. Kontribusinya di atas lapangan berperan penting membawa tim kompetitif. Musim ini, Inter Miami berpeluang meraih gelar juara musim reguler MLS 2024. Mampukah La Pulga membawa tim meraih trofi?

Baca Juga: Menilik Kans Inter Miami Jadi Juara MLS 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya