Kedigdayaan Nigeria dan Ambisi Juara Piala Afrika 2023

The Super Eagles menatap gelar keempat Piala Afrika

Nigeria memastikan diri bakal berlaga di final Piala Afrika 2023. Hasil ini didapatkan setelah kemenangan melawan Afrika Selatan di semifinal, pada Kamis (8/2/2024) dini hari WIB. The Super Eagles memenangi laga lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak perpanjangan. 

Mentasnya Nigeria di final Piala Afrika 2023 ini bukan suatu hal yang mengejutkan. Pasalnya, komposisi skuad yang merata membuat The Super Eagles menjadi unggulan. Sepanjang turnamen, mereka digdaya dengan tanpa kekalahan dari enam laga yang dilakoni. Performa impresif ini menjadi modal penting untuk memenuhi ambisi dalam merengkuh titel juara.

1. Nigeria tak terkalahkan di fase grup Piala Afrika 2023

Kedigdayaan Nigeria dan Ambisi Juara Piala Afrika 2023Selebrasi para pemain Nigeria usai mencetak gol ke gawang Guinea Bissau di laga ketiga Grup A Piala Afrika 2023. (instagram.com/ng_supereagles)

Nigeria tergabung di Grup A bersama Pantai Gading, Guinea Ekuatorial, dan Guinea Bissau. The Super Eagles diunggulkan bakal lolos dengan mudah di fase grup. Hal ini berhasil dibuktikan dengan memenangi 2 pertandingan dan 1 berakhir seri. 

Menjalani partai pembuka grup dengan imbang 1-1 kontra Guinea Ekuatorial, Nigeria bangkit di laga sisa. The Super Eagles membekuk negara tuan rumah, Pantai Gading, melalui skor tipis 1-0. Skor serupa juga menjadi hasil akhir saat melawan Guinea Bissau.

Nigeria lolos ke babak 16 besar setelah finis di urutan kedua Grup A. The Super Eagles mengumpulkan 7 poin dari 3 laga yang dijalani. Mereka hanya kalah dari Guinea Ekuatorial yang lolos sebagai juara grup berkat keunggulan produktivitas gol. 

Baca Juga: Kiprah 5 Peserta Piala Dunia 2022 di Piala Afrika 2023, Semuanya Gugur

2. Meski menjadi unggulan, Nigeria tak memiliki jalan yang mulus menuju final

Kedigdayaan Nigeria dan Ambisi Juara Piala Afrika 2023Selebrasi para pemain Nigeria usai mencetak gol ke gawang Kamerun di babak 16 besar Piala Afrika 2023. (cafonline.com)

Mentas di babak 16 besar, Nigeria sudah ditunggu oleh salah satu unggulan lainnya, Kamerun. Laga ini berjalan sengit bagi kedua tim. Namun, The Super Eagles mampu bermain efektif. Brace Ademola Lookman membawa tim mengalahkan Lions Indomptables dengan skor 2-0. 

Di babak perempat final, Nigeria ditantang Angola yang berstatus sebagai tim kuda hitam. Hal itu dibuktikan dengan permainan yang berjalan alot. Kedua tim sama-sama mempunyai pertahanan yang solid sehingga kerap mengalami kebuntuan ketika melancarkan serangan. Namun, Ademola Lookman kembali menjadi pahlawan berkat gol tunggalnya. Hasil 1-0 sudah cukup membawa The Super Eagles melangkah ke semifinal. 

Nigeria bertemu Afrika Selatan di semifinal yang berjalan dengan dramatis. Laga ini berlangsung hingga babak adu penalti setelah bermain 1-1 di waktu normal dan perpanjangan waktu. Babak adu tos-tosan menjadi penentu hasil akhir. Kiper Stanley Nwabali menjadi pahlawan usai berhasil menggagalkan dua eksekutor Afrika Selatan. The Super Eagles melaju ke final setelah kemenangan 4-2 di babak adu penalti. 

3. Nigeria akan menghadapi tuan rumah Pantai Gading di partai final

Kedigdayaan Nigeria dan Ambisi Juara Piala Afrika 2023Bek Nigeria, William Troost-Ekong, berselebrasi usai mencetak gol kemenangan ke gawang Pantai Gading di laga kedua Grup A Piala Afrika 2023. (instagram.com/ng_supereagles)

Nigeria bakal berjumpa lagi dengan Pantai Gading di partai final. Pertemuan ini merupakan kedua kalinya di Piala Afrika 2023. Sebelumnya, keduanya saling bentrok di partai kedua fase grup. The Super Eagles berhasil memenangi laga dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal William Troost-Ekong yang dicetak melalu tendangan penalti. 

Di atas kertas, Nigeria tentu menjadi unggulan berkat komposisi skuad yang merata. Namun, yang tidak boleh dilupakan adalah Pantai Gading merupakan tuan rumah turnamen. Dukungan para suporter bakal membakar semangat mereka untuk bisa merengkuh gelar juara. Hal ini menjadi tantangan bagi The Super Eagles untuk bisa menunjukkan kedigdyaannya. 

Menilik pertemuan pertama keduanya di fase grup, partai final ini diprediksi bakal berjalan sengit. Keduanya sama-sama memiliki ambisi menjadi juara. Bagi Nigeria sendiri, kemenangan akan menjadi harga mati mereka untuk menunjukkan kekuatan dan status di Benua Hitam. Akankah The Super Eagles mampu keluar sebagai juara Piala Afrika 2023?

Baca Juga: Jalan Terjal Pantai Gading Menembus Final Piala Afrika 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya